• Home
  • Dumai
  • Apical Jalankan Program Budi Daya Kambing dan Pelatihan Penyusunan Rencana Bisnis untuk Kelompok Tani di Dumai

Apical Jalankan Program Budi Daya Kambing dan Pelatihan Penyusunan Rencana Bisnis untuk Kelompok Tani di Dumai

Senin, 28 Oktober 2024 | 08:51

DUMAI, RIAUGREEN.COM - Apical, sebagai salah satu pengolah minyak nabati terkemuka, melalui unit bisnisnya di Dumai, menyediakan program pelatihan budi daya kambing, ayam kampung, serta penyusunan rencana bisnis kepada dua (2) kelompok tani yang berada di rukun tetangga (RT) 5, 6, dan 7, Kelurahan Lubuk Gaung, Sungai Sembilan, Dumai, yakni Kelompok Tani Wanita Tunas Harapan dan Kelompok Tani Sukabumi II. 

Kegiatan pelatihan budi daya ternak yang dilakukan pada 9-10 Oktober 2024 lalu tersebut bertujuan untukmemberikan motivasi bagi para masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani agar mengembangkan bisnisnya sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian keluarga serta menjadi peluang terciptanya lapangan pekerjaan yang baru. 

Agus Wiastono, perwakilan CSR Apical mengatakan bahwa program pengembangan budi daya kambing inimerupakan program berkelanjutan untuk masyarakat di sekitar wilayah operasional Apical Dumai. 
“Program budi daya kambing ini telah berjalan sejak tahun 2019. Awalnya kami memberikan bibit sebanyak 24 ekor sebagai modal untuk dua kelompok tani tersebut. Hingga kini, dua kelompok tani total telah menghasilkan omzet total kurang lebih sebanyak Rp 475 juta dari hasil penjualan kambing mereka, ini belum termasuk aset kambing yang masih ada di kandang mereka. Ini membuktikan bahwa program ini berdampak positif dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat”, tambah Agus. 

Lina, Ketua Kelompok Tani Tunas Harapan yang berlokasi di RT 6, Kelurahan Lubuk Gaung menyampaikan apresiasinya kepada Apical. “Kami sangat terbantu dengan adanya program CSR pemberdayaan kambing dari Apical. Tidak hanya diajarkan cara budi daya yang benar, kami juga diajarkan bagaimana caranya mengembangkan bisnis,” tambah Lina. 

Sementara itu, pelatihan penyusunan rencana bisnis UMKM yang digelar Apical Dumai mengangkat berbagai topik seperti teknis budi daya kambing serta praktik pembuatan fermentasi dari bungkil kelapa sawit untuk nutrisi pakan ternak kambing. 

Dalam waktu dekat, Apical Dumai juga akan menggelar pelatihan serupa untuk kelompok tani lainnya dalam halpengembangan budi daya ayam kampung. Apical secara berkelanjutan berkomitmen untuk melakukan berbagai upaya dalam membantu masyarakat di seluruh wilayah operasionalnya, berdasarkan salah satu filosofi perusahaan  yakni Good for Community atau baik untuk masyarakat.

BERITA LAINNYA
Kapolres Dumai Ulang Tahun, Sekda Ucapkan Selamat
Selasa, 22 Oktober 2024 | 09:59
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top