JEDDAH, ARAB SAUDI – Newsfile Corp – Menurut laporan kinerja terbarunya, Saudia, maskapai penerbangan nasional Arab Saudi, melaporkan pertumbuhan yang signifikan dalam kinerja operasionalnya untuk kuartal ketiga tahun 2024.

Saudia telah mengangkut lebih dari sembilan juta tamu, meningkat 10% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023. Pencapaian ini didukung oleh lebih dari 49.500 penerbangan, yang mencerminkan peningkatan 9% dalam operasi penerbangan. Selain itu, Saudia mencatatkan tingkat ketepatan waktu sebesar 87,8% dan 146.700 jam terbang, meningkat 11% dibandingkan tahun sebelumnya.

Secara internasional, Saudia mengangkut lebih dari lima juta tamu, yang mencerminkan pertumbuhan sebesar 9%, dan lebih dari 21.900 penerbangan, meningkat 5% dibandingkan tahun lalu. Armada internasional maskapai ini mencatatkan lebih dari 102.400 jam terbang.

Di sisi domestik, Saudia melayani lebih dari empat juta tamu, menunjukkan peningkatan 12%, dengan lebih dari 27.500 penerbangan yang dioperasikan, menandai peningkatan 13%. Jam penerbangan domestik melampaui 44.200 jam, dengan tingkat ketepatan waktu yang sangat baik, yaitu 91,5%.

H.E. Engr. Ibrahim Al-Omar, Direktur Jenderal Saudia Group, menyatakan: “Industri penerbangan memiliki keunikan tersendiri dengan tenaga kerja yang terampil dan sistem canggih yang memastikan keunggulan operasional yang berkelanjutan. Kami tetap berkomitmen untuk memberikan layanan inovatif yang meningkatkan pengalaman perjalanan bagi para tamu kami yang berharga, dan strategi baru kami dengan cermat menangani setiap aspek perjalanan udara – mulai dari keamanan dan keselamatan hingga memperluas kapasitas tempat duduk untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat.”

Dari Januari hingga September 2024, Saudia berhasil mengangkut lebih dari 25,3 juta tamu di 143.800 penerbangan. Ke depannya, penambahan 131 pesawat baru ke dalam armada Saudia akan secara signifikan memperluas penawaran penerbangan dan kapasitas tempat duduk di seluruh jaringannya di lebih dari 100 destinasi yang menjangkau empat benua. Pertumbuhan ini juga akan memperkenalkan rute-rute internasional baru, selaras dengan strategi maskapai untuk menghubungkan dunia dengan Kerajaan dan mendukung tujuan ambisius Saudi Vision 2030.

Tentang Saudia:

Saudia (Saudia Airlines) adalah maskapai penerbangan nasional Kerajaan Arab Saudi. Didirikan pada tahun 1945, perusahaan ini telah berkembang menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di Timur Tengah.

Saudia telah berinvestasi secara signifikan dalam meningkatkan pesawatnya dan saat ini mengoperasikan salah satu armada termuda. Maskapai ini melayani jaringan rute global yang luas yang mencakup sekitar 100 destinasi di empat benua, termasuk 28 bandara domestik di Arab Saudi.

Sebagai anggota Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) dan Organisasi Maskapai Penerbangan Arab (AACO), Saudia juga merupakan maskapai anggota SkyTeam, aliansi terbesar kedua, sejak tahun 2012.

Baru-baru ini Saudia diakui sebagai Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia 2024 oleh Skytrax, yang menandai ketiga kalinya Saudia menerima penghargaan ini, di samping 14 penghargaan terkemuka lainnya. Saudia juga dianugerahi “Maskapai Penerbangan Kelas Dunia 2024” selama tiga tahun berturut-turut dalam penghargaan The APEX Official Airline Ratings™. Selain itu, juga menduduki peringkat teratas di antara maskapai penerbangan global untuk kinerja ketepatan waktu (OTP) terbaik menurut laporan dari Cirium.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Saudia, silakan kunjungi www.saudia.com.

Media Center
Saudi Arabian Airlines Headquarters
Jeddah 21231, Kingdom of Saudi Arabia
Email: mediacenter@saudia.com