HANOI, VIETNAM – Media OutReach Newswire – Vingroup mengumumkan peluncuran dana modal VinVentures senilai 150 juta USD pada tanggal 28 Oktober 2024. Dana ini dimaksudkan untuk berinvestasi pada perusahaan rintisan teknologi yang berdampak besar dengan tujuan menumbuhkan dan mengembangkan ekosistem startup. Diharapkan inisiatif ini akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penciptaan perusahaan teknologi digital di Vietnam dan di seluruh dunia.

VinVentures adalah dana modal yang disponsori oleh Vingroup dan Bapak Pham Nhat Vuong. Dana tersebut saat ini mengelola total aset sebesar 150 juta dolar, dengan 100 juta dolar merupakan portofolio investasi yang diwarisi oleh Vingroup, dan tambahan 50 juta dolar diperkirakan akan diberikan dalam tiga hingga lima tahun ke depan.

Fokus investasi utama VinVentures termasuk Kecerdasan Buatan (AI), Semikonduktor, dan Komputasi Awan, serta produk teknologi tinggi lainnya. Selain itu, dana ini juga menyambut baik startup dari berbagai sektor, asalkan mereka menunjukkan potensi pertumbuhan dan kemampuan untuk memberikan produk dan layanan berkualitas, tanpa terbatas pada mereka yang terkait dengan Vingroup.

Dana ini awalnya menargetkan pasar Vietnam, dengan fokus pada startup dengan tim pendiri lokal pada tahap awal, khususnya pada tahap awal dan Seri A-yang merupakan tahap kedua dan ketiga dari lima tahap pendanaan yang umum diberikan kepada startup. Di masa depan, dana ini bertujuan untuk memperluas cakupannya dengan menyertakan startup di pasar regional yang memiliki karakteristik perkembangan yang mirip dengan Vietnam, seperti Singapura, Indonesia, dan Filipina.

Terkait proses investasi, dana ini berkolaborasi dengan calon investor melalui serangkaian langkah yang telah ditentukan: pertemuan awal, pertukaran informasi, penelitian terperinci mengenai produk dan target pasarnya, penilaian investasi menyeluruh, penandatanganan perjanjian negosiasi, dan kemudian kontrak investasi akhir. Jangka waktu dari saat startup mengajukan aplikasi hingga mendapatkan pendanaan biasanya berkisar antara 2 hingga 3 bulan, bahkan bisa sampai 6 bulan untuk transaksi berskala besar.

VinVentures menetapkan kriteria investasi khusus, menargetkan startup yang menunjukkan potensi pertumbuhan berkelanjutan, tingkat pertumbuhan yang kuat, serta produk dan layanan yang layak secara komersial dengan aplikasi praktis yang substansial. Selain itu, perusahaan rintisan ini harus dipimpin oleh tim pendiri yang memiliki kredibilitas dan pengalaman yang luas. Transaksi investasi dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip investasi profesional, di mana VinVentures mengakuisisi saham ekuitas, menjadi pemegang saham di perusahaan dengan ekspektasi keuntungan yang jelas.

“Selain menyediakan modal, VinVentures menawarkan keuntungan unik kepada para startup dengan memfasilitasi koneksi dalam ekosistem Vingroup. Hal ini termasuk menggunakan ekosistem sebagai platform yang ketat untuk mengevaluasi dan menguji produk dan layanan sebelum memasuki pasar, dengan potensi bagi perusahaan-perusahaan ini untuk juga menjadi pelanggan startup. Selain itu, dengan memanfaatkan jaringan dan sumber daya kami yang luas sebagai perusahaan terkemuka di Vietnam dan kawasan ini, kami siap untuk memberikan saran dan bantuan. Dukungan ini membantu perusahaan rintisan untuk menjalin hubungan dengan mitra pasar utama dan bertindak sebagai katalisator untuk pertumbuhan mereka di masa depan,” tutur Le Han Tue Lam, Managing Director VinVentures, dalam rilisnya, Senin (28/10/2024).

Berinvestasi di perusahaan rintisan teknologi secara konsisten telah menjadi prioritas strategis bagi Vingroup seiring dengan transisi perusahaan menjadi konglomerat teknologi terkemuka di Vietnam. Sebelum VinVentures, Vingroup telah berinvestasi di berbagai perusahaan rintisan teknologi melalui dana seperti Vingroup Ventures dan VinTech City. Dengan sumber daya yang kuat dari konglomerat, perusahaan-perusahaan rintisan ini telah berhasil mengembangkan dan meluncurkan produk ke pasar, dengan beberapa di antaranya bahkan menjadi pemimpin di bidangnya masing-masing, termasuk VinBigData, VinAI, VinBrain, VinCSS, dan lain-lain.

Dengan melanjutkan komitmen Vingroup untuk membina dan mengembangkan perusahaan teknologi digital, VinVentures akan secara strategis mengoptimalkan peluang untuk merealisasikan dan memperkenalkan ide-ide teknologi inovatif ke dalam pasar Vietnam dan regional, pada saat yang sama memperluas aliran pendapatan konglomerat.

Menurut Laporan Ekosistem Startup Global (GESER 2023) oleh Startup Genome, ekosistem startup Vietnam saat ini menduduki peringkat ketiga di Asia Tenggara, dengan estimasi dampak ekonomi sebesar $ 5,22 miliar. Jumlah perusahaan rintisan di Vietnam telah meningkat secara dramatis dari sekitar 1.600 selama pandemi Covid-19 menjadi lebih dari 3.800 saat ini, dengan perusahaan rintisan AI mencapai hampir 10% dari total.

Bagi startup yang tertarik untuk bermitra dan menerima investasi dari VinVentures dapat menghubungi kami melalui email di contact@vinventures.net dan mengisi formulir aplikasi di sini