• Home
  • Bisnis
  • Delta Dunia Group Selesaikan Akuisisi Atlantic Carbon Group Inc dengan Nilai sebesar USD 122,4 juta

Delta Dunia Group Selesaikan Akuisisi Atlantic Carbon Group Inc dengan Nilai sebesar USD 122,4 juta

Senin, 01 Juli 2024 | 16:48

JAKARTA, INDONESIA – Media OutReach Newswire – PT Delta Dunia Makmur Tbk (Delta Dunia Group, IDX: DOID), melalui American Anthracite SPV I, LLC, entitas terkendali di bawah PT Bukit Makmur Internasional (BUMA International), telah menyelesaikan akuisisi strategis atas Atlantic Carbon Group, Inc (ACG) dengan nilai sebesar USD 122,4 juta.

Akuisisi ini mengamankan kepemilikan atas empat tambang antrasit Ultra-High-Grade (UHG) yang berproduksi di Pennsylvania (Amerika Serikat) dan memposisikan Delta Dunia Group sebagai pemain penting di pasar antrasit UHG global, yang sangat penting untuk produksi baja karbon rendah (baja LC).

Kesepakatan ini menandai tonggak penting bagi Grup, memperluas operasinya dari penyedia jasa pertambangan menjadi kepemilikan tambang global. Kesepakatan ini mendiversifikasi bisnis Grup ke dalam komoditas yang memiliki masa depan cerah, sehingga memungkinkannya untuk meraih peluang di wilayah pertambangan utama. Akuisisi ACG juga mempercepat strategi Grup untuk mendiversifikasi keberadaan geografisnya dan mengurangi ketergantungan pada batubara termal dalam bauran pendapatannya.

ACG tidak hanya memiliki kepentingan strategis, tetapi juga merupakan akuisisi yang memberikan nilai tambah bagi Grup karena valuasi, leverage, dan dampak pendapatannya, serta memperluas hubungan dengan para pelanggan dan pemangku kepentingan. Penambahan ACG diproyeksikan akan menghasilkan pendapatan Grup sebesar USD120 – 130 juta per tahun dari tahun 2024 hingga 2028[1]. Selain itu, hal ini secara signifikan mendiversifikasi bauran pendapatan Grup Delta Dunia, meningkatkan pendapatan non-termal dari 19% pada FY2023 menjadi 28% pada FY2024, sejalan dengan tujuan strategis Grup untuk mengurangi ketergantungan pada batu bara termal.

“Kami bangga telah berhasil menyelesaikan akuisisi ini, yang menandai tonggak penting dalam upaya ekspansi dan diversifikasi strategis kami. Umur panjang dari empat tambang aktif ACG, yang cukup untuk mendukung penambangan selama lebih dari 25 tahun dan mampu mendukung produksi hingga 25 juta ton LC Steel per tahun, ditambah dengan permintaan pasar yang kuat terhadap antrasit UHG, memposisikan kami dengan baik untuk pertumbuhan yang berkelanjutan di masa depan. Akuisisi ini memungkinkan operasi ACG dan BUMA di Indonesia dan Australia, serta bisnis kami yang berdekatan, untuk secara sinergis memanfaatkan pengalaman yang luas, praktik terbaik, dan pendekatan inovatif dalam hal keselamatan, operasi pertambangan, dan manajemen,” ungkap Ronald Sutardja, Presiden Direktur Delta Dunia Group, dalam rilisnya, Senin (1/7/2024).

BUMA memiliki rekam jejak yang kuat dalam mengintegrasikan dan mengembangkan perusahaan-perusahaan portofolionya pasca akuisisi dan berharap dapat melakukan hal yang sama dengan ACG. Dengan memanfaatkan kapabilitasnya, BUMA telah secara signifikan memperluas jejak globalnya dari Indonesia dengan mengakuisisi BUMA Australia pada tahun 2021. Sejak saat itu, BUMA tidak hanya hadir di salah satu pusat pertambangan utama di dunia, tetapi juga memperluas portofolio layanannya untuk mencakup batubara metalurgi. Ekspansi strategis ini telah menghasilkan empat kali lipat dari order book BUMA Australia pada tahun 2022, yang secara signifikan meningkatkan kinerja operasional Grup.

“Ini adalah saat-saat yang menggembirakan di ACG karena kami membawa perusahaan ke tingkat keselamatan, kualitas, dan produksi yang lebih tinggi. ACG secara konsisten menunjukkan pertumbuhan, didukung oleh permintaan pasar yang kuat dan harga antrasit UHG yang menguntungkan. Menjadi bagian dari Delta Dunia Group membuka jalan baru untuk pertumbuhan dan inovasi. Dengan keahlian BUMA yang terkenal dalam mengintegrasikan akuisisi dan keunggulan operasional mereka, kami siap untuk meningkatkan kapasitas produksi kami secara signifikan. Kami berharap dapat memanfaatkan pengalaman industri mereka yang kaya untuk membuka potensi baru dan mendorong kemajuan substansial dalam strategi operasional kami,” ungkap Eric Martin, Chief Executive Officer, Atlantic Carbon Group Inc.

ACG, yang dikenal dengan posisi pasarnya yang kuat yang didukung oleh permintaan antrasit yang kuat dan keunggulan operasional selama lebih dari 30 tahun, memberikan nilai yang signifikan bagi Grup. Dengan 150 karyawan dan tim manajemen yang berpengalaman, ACG telah mendapatkan kontrak jangka panjang dengan para pemimpin industri untuk mendukung pertumbuhannya…

Ekspansi ke AS memungkinkan Grup untuk memenuhi permintaan antrasit UHG yang terus meningkat, yang sangat penting untuk electric arc furnace (EAF) dan produksi baja LC. Ekspor antrasit AS telah tumbuh dengan CAGR 10,6% dari FY2014 hingga FY2023[2], dengan EAF yang mendorong perluasan kapasitas pembuatan baja di masa depan di AS dan Eropa. China, produsen baja terbesar di dunia, juga telah mengajukan rencana untuk meningkatkan produksi EAF menjadi 15% dari total produksi baja pada tahun 2025 dan selanjutnya meningkatkan proporsinya menjadi 20% pada tahun 2030. Pemerintah di Inggris dan Jerman juga mendorong peralihan dari tanur sembur ke EAF, yang selanjutnya meningkatkan permintaan antrasit berkualitas tinggi dari ACG.

https://www.deltadunia.com


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top