• Home
  • Riau
  • Pemprov Riau dan Baznas Siapkan Rumah Singgah untuk Penderita Kanker

Pemprov Riau dan Baznas Siapkan Rumah Singgah untuk Penderita Kanker

Rabu, 03 Juli 2024 | 13:18
PEKANBARU, RIAUGREEN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau dalam menyalurkan berbagai bantuan, satu diantaranya adalah rumah singgah bagi penderita penyakit kanker. Komitmen ini bertujuan dalam membantu masyarakat yang melakukan rawat jalan.

Dikatakan, Pj Gubri SF Hariyanto, RSUD Arifin Achmad telah menjadi pilar penting dalam sistem kesehatan di Riau. Dengan begitu, penting rasanya memberikan inovasi lanjutan teruntuk pasien rawat jalan agar tetap dapat tempat penginapan layak saat melakukan pengobatan.

"Saya lihat sendiri tadi banyak yang berobat ke sini (RSUD AA) bahkan dari beberapa kabupaten, sama Baznas juga saya bilang kalau bisa ada persiapkan rumah singgah. Jadi dari RSUD bisa mengarahkan penginapan di sana," ungkapnya.

Oleh karena itu, menurutnya pasien tidak lagi melakukan perjalanan jauh untuk berobat ke Pekanbaru. Sehingga sangat penting sinergitas dengan pihak yang berkepentingan dalam membantu masyarakat yang kurang mampu melalui berbagai program sosial dan kesehatan. 

"Jadi masyarakat tak usah lagi berangkat pagi pulang sore, kasian kita. Kita minta semuanya ayo mari lebih baik lagi dan bisa memberikan yang terbaik untuk pelayanan masyarakat." lanjutnya.

Sementara, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Riau, H. Masriadi Hasan, menjelaskan bahwa saat ini sudah ada dua rumah singgah yang siap di huni masyarakat memerlukan. Rumah singgah ini berlokasi strategis di pusat kota Pekanbaru, dekat dengan beberapa rumah sakit rujukan untuk pasien kanker. 

"Kapasitasnya untuk saat ini ada 23 kamar. Sehingga bagi masyarakat luar kota bisalah mereka untuk memanfaatkannya," jelasnya.

Diterangkan, program tersebut ditujukan untuk kategori dhuafa. Ia menambahkan, adanya rumah singgah ini, semakin banyak penderita kanker yang terbantu dan dapat menjalani pengobatan dengan lebih tenang.

"Rumah singgah itu merupakan bentuk respon kita terhadap banyaknya pasien luar daerah yang rawat jalan. Sebagian besar diantara mereka itu adalah dhuafa jadi tidak mungkin menyewa tempat atau hotel maka kita buat rumah singgah untuk mengakomodirnya agar tetap di Pekanbaru," terangnya.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi untuk menggunakan rumah singgah, yaitu :Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk pasien dan pendamping pasien, Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM),Surat Rekomendasi dari BAZNAS setempat / surat kontrol sakit, Foto rumah tampak depan serta foto Pasien 

Selanjutnya hal-hal yang perlu diperhatikan pasien dan pendamping. Antaralain :

Rumah Singgah BAZNAS Provinsi Riau hanya memfasilitasi 2 orang (pasien dan pendamping pasien).

Pasien/pendamping Rumah Singgah BAZNAS Provinsi Riau harus bersedia mengikuti SOP yang telah ditetapkan.

Masuk dan Keluarnya Pasien harus dilaporkan ke Pengurus Rumah Singgah BAZNAS Provinsi Riau.

Lokasi Rumah Singgah BAZNAS Provinsi Riau, pertama berada di Jalan Hangtuah Ujung No 124c Kelurahan Suka Mulya, Kecamatan Sail Kota Pekanbaru. Kemudian, rumah Singgah ke dua, Jl. Diponegoro No 29, Suka Mulya, Sail Kota Pekanbaru. (McR)

BERITA LAINNYA
PSPS Riau Tunjuk Aji Santoso Sebagai Pelatih
Senin, 10 Juni 2024 | 16:12
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top