• Home
  • Bisnis
  • Robert Walters: 63% Perusahaan Hong Kong Mempekerjakan Tenaga Kerja Kontrak di Tahun 2024

Robert Walters: 63% Perusahaan Hong Kong Mempekerjakan Tenaga Kerja Kontrak di Tahun 2024

Jumat, 28 Juni 2024 | 13:39

HONG KONG SAR – Media OutReach Newswire – Meskipun prospek ekonomi yang lebih redup untuk tahun 2024 di Hong Kong, sebuah survei baru-baru ini oleh firma rekrutmen profesional spesialis terkemuka, Robert Walters, menemukan bahwa permintaan untuk tenaga kerja kontrak di Hong Kong tetap kuat di tengah-tengah iklim yang penuh tantangan.

Temuan ini berasal dari “Panduan Perekrutan Tenaga Kerja Kontrak Hong Kong” dari Robert Walters yang akan datang, yang mensurvei lebih dari 300 pengambil keputusan bisnis di berbagai sektor mengenai rencana dan tantangan perekrutan tenaga kerja kontrak mereka. Survei tersebut mengungkapkan bahwa 63% pengusaha akan mempekerjakan tenaga kerja kontrak pada tahun 2024. Sebanyak 51% di antaranya telah memulai perekrutan tenaga kerja kontrak pada tahun 2023, sementara 12% tidak merekrut tenaga kerja kontrak pada tahun 2023. Khususnya, sektor-sektor seperti TI, akuntansi & keuangan, sumber daya manusia, dan dukungan bisnis mengalami permintaan yang signifikan untuk tenaga kontrak.

Temuan ini menunjukkan bahwa alasan utama para pemberi kerja beralih ke pekerja kontrak adalah kemampuan untuk melakukan penugasan jangka pendek (43%), kurangnya anggaran jumlah karyawan tetap (29%), dan kebutuhan akan keterampilan dan keahlian khusus (20%). Matthew Sullivan, manajer senior divisi kontrak jasa keuangan Robert Walters Hong Kong, menjelaskan, “Tenaga kerja kontrak menjadi bagian penting dari strategi tenaga kerja, memberikan kelincahan dan keahlian khusus yang dibutuhkan perusahaan untuk beradaptasi di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu.”

Para profesional semakin mempertimbangkan posisi kontrak

Selama bertahun-tahun, pola pikir tradisional di kalangan karyawan Hong Kong adalah keengganan terhadap pekerjaan berbasis tenaga kerja kontrak yang tidak tetap, yang dipengaruhi oleh preferensi kuat kota ini terhadap posisi jangka panjang dengan gaji sebagai jalur karier yang ideal. Karyawan cenderung memandang pekerjaan kontrak sebagai pekerjaan yang kurang stabil dan tidak dapat diterima secara budaya.

Namun, permintaan akan pekerja kontingen untuk proyek-proyek teknologi jangka pendek dalam beberapa tahun terakhir dan kedatangan generasi pekerja baru menantang perspektif lama ini. Semakin banyak perusahaan yang mencari talenta multi-disiplin, bukan hanya individu yang memiliki keahlian khusus. Tenaga kerja kontrak dapat memberikan fleksibilitas pengalaman untuk menangani proyek-proyek yang kompleks dan lintas fungsi. “Telah menjadi semakin umum bagi para profesional untuk mengambil peran sebagai tenaga kerja kontrak untuk mendapatkan eksposur ke industri, teknologi, dan proyek-proyek baru dalam waktu yang singkat.” Komentar Pinki Chan, manajer divisi kontrak teknologi & transformasi Robert Walters Hong Kong.

Pola pikir kewirausahaan Gen Z

Pekerja muda cenderung memprioritaskan peran yang memperkaya kehidupan mereka dalam dimensi mental, emosional, dan pengalaman. Mereka lebih menghargai pekerjaan yang “berbicara” daripada jam kerja. Pinki menambahkan, “Peran kontrak memberikan para profesional muda batu loncatan yang sempurna untuk menjadi yang terbaik di bidangnya. Selain dapat membuka pintu ke industri atau jenis pekerjaan baru, para tenaga kerja kontrak dapat menikmati fleksibilitas yang lebih tinggi untuk merencanakan liburan yang lebih panjang dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mereka”.

Menurut tren bakat teratas dalam panduan rekrutmen Robert Walters, 9 dari 10 profesional Gen Z melihat kerja jarak jauh/hybrid sebagai pengungkit terbesar saat memilih peran. Generasi muda ini memprioritaskan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, dan fleksibilitas terbukti menjadi target berharga bagi perusahaan yang mencari talenta yang lincah, sehingga posisi tenaga kerja kontrak semakin menarik. Survei yang dilakukan oleh Robert Walters menunjukkan bahwa pengaturan kerja yang fleksibel adalah hal yang paling sering menjadi daya tarik bagi pemberi kerja (35%) bagi para tenaga kerja kontrak.

Memanfaatkan sumber daya GBA

Survei ini juga menyatakan bahwa 51% pemberi kerja yang mencoba mempekerjakan tenaga kerja kontrak di Hong Kong menyatakan bahwa mencari tenaga kerja kontrak yang terampil adalah tantangan utama mereka. “Kelangkaan tenaga kerja” ini mendorong para pemberi kerja untuk mengeksplorasi jalan baru untuk menemukan keahlian khusus yang mereka butuhkan.

Sebagai tanggapan, para pemberi kerja semakin mencari di luar kumpulan bakal lokal dan beralih ke Greater Bay Area (GBA) untuk mempekerjakan tenaga kerja kontrak, di mana Skema Kelulusan Talenta Terbaik (TTPS) pemerintah Hong Kong telah memfasilitasi tren ini, dengan peningkatan visa kerja yang dikeluarkan. Khususnya, 60% dari bakat GBA yang ingin bekerja di Hong Kong telah menyatakan bahwa mereka terbuka untuk dipekerjakan sebagai pekerja kontrak dari survei talenta GBA oleh Robert Walters.

Hal ini menunjukkan pandangan yang lebih baik tentang peran tenaga kerja kontrak di wilayah ini, yang berlawanan dengan pola pikir tradisional Hong Kong yang menentang pekerjaan kontrak. Keterbukaan yang semakin besar terhadap peran tenaga kerja kontrak di antara kelompok talenta GBA memberikan peluang bagi pemberi kerja untuk menjembatani kesenjangan keterampilan mereka.

https://www.robertwalters.com.hk/http://www.linkedin.com/company/robert-walters


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top