HO CHI MINH CITY, VIETNAM – Media OutReach Newswire – Dalam acara MICHELIN Guide Ceremony 2024 yang diadakan di InterContinental Saigon, Ho Chi Minh City, Michelin secara resmi meluncurkan edisi MICHELIN Guide Vietnam 2024, yang menampilkan pilihan restoran yang telah lama dinanti-nanti, yaitu peringkat Star yang didambakan, MICHELIN Selected dan Bib Gourmand yang populer.

Panduan yang baru saja dirilis ini menampilkan 164 restoran – dengan 7 MICHELIN Star (2 pendatang baru, dan 1 dipromosikan dari MICHELIN Selected), 58 Bib Gourmand (28 entri baru, dan 1 pindah dari MICHELIN Selected), dan 99 entri MICHELIN Selected (40 pendatang baru). Di antara tambahan baru dalam Panduan, 10 berasal dari Hanoi, 26 dari Ho Chi Minh City) dan 36 dari Da Nang.

Menurut Gwendal Poullennec, Direktur Internasional MICHELIN Guides, Da Nang – kota tambahan baru dalam edisi kedua MICHELIN Guide di Vietnam – telah memperkaya pilihan MICHELIN Guide dengan berbagai restoran dan hidangan lokal yang unik, yang merepresentasikan kuliner khas Vietnam Tengah yang merupakan perpaduan kuliner Prancis, Tiongkok, dan budaya Asia Tenggara lainnya.

“Faktanya, tiga kota di Vietnam – Hanoi, Ho Chi Minh City, dan Da Nang – masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri. Dunia kuliner di negara ini memiliki vitalitas, semangat, dan kreativitas yang selalu mengejutkan pasar. Belum lagi, koki-koki terkenal semakin banyak membuka restoran di Vietnam, ditambah dengan generasi baru koki Vietnam yang muncul dengan basis pelanggan yang terus bertambah. Oleh karena itu, Vietnam memang menjadi destinasi yang lebih menarik di peta kuliner dunia, yang perlu diperhatikan dengan seksama,” ujar Gwendal Poullennec.

3 Restoran Baru (2 Pendatang Baru dan 1 Promosi)

Bergabung dalam Daftar ‘Satu Bintang MICHELIN’, Sehingga Total Menjadi 7

2 restoran pendatang baru yang dianugerahi satu Bintang MICHELIN adalah: Akuna [Ho Chi Minh City], sebuah restoran yang menawarkan hidangan Eropa yang kreatif dengan pengaruh Vietnam, ditambah dengan wine pilihan; dan La Maison 1888 [Da Nang], sebuah restoran yang menyajikan 5 atau 7 set menu yang menampilkan bahan-bahan terbaik dari Vietnam, Prancis, dan Jepang.

Satu-satunya restoran yang dipromosikan dari MICHELIN Terpilih untuk menerima satu Bintang MICHELIN adalah: The Royal Pavilion [Ho Chi Minh City], restoran yang menawarkan berbagai macam menu à la carte dan set menu yang menghargai warisan kuliner Kanton, dengan menu dim sum yang hanya tersedia saat makan siang.

Nén Danang: Restoran Pertama di Vietnam yang Memperoleh Bintang Hijau MICHELIN

MICHELIN Green Star menyoroti restoran-restoran yang berada di garis depan industri ini atas praktik berkelanjutan dan pengalaman bersantap yang memadukan keunggulan kuliner dengan komitmen ramah lingkungan yang luar biasa.

Daftar Bib Gourmand Melipatgandakan Jumlah Tahun Lalu Menjadi 58, dengan Lebih dari Setengahnya Berasal dari Da Nang

Jumlah restoran Bib Gourmand meningkat dua kali lipat dari daftar tahun lalu, dengan total 58 restoran. Dari 29 entri baru, 16 di antaranya berasal dari Da Nang; 5 dari Hanoi; dan 8 dari Ho Chi Minh City.

16 entri baru dari Da Nang meliputi: Bé Ni 2, tempat makan santai yang buka 24/7 yang menawarkan hidangan nasi di siang hari dan hidangan laut di malam hari; dan M' Qu'ng S'a H'ng Vân, tempat makan kaki lima yang terkenal dengan mì qu'ng dengan kaldu udang berwarna oranye-merah yang lezat, serta mie dengan topping telur puyuh, daging babi, udang, bakso, atau ikan jeli yang kenyal.

99 Tempat Makan yang Mendapatkan Tempat di Daftar Pilihan MICHELIN

Pilihan dari 99 restoran yang masuk dalam kategori MICHELIN Selected: 33 di Hanoi 47 di Ho Chi Minh City dan 19 di Da Nang Restoran-restoran ini mendapatkan tempat di daftar karena menunjukkan potensi untuk dipromosikan menjadi Bintang MICHELIN, atau Bib Gourmand.

Restoran MICHELIN Selected yang baru di Hanoi meliputi: Bánh Cu'n Bà Hoành, restoran kaki lima yang menyajikan bánh cu'n yang lezat; dan Hanoi Garden, restoran yang menawarkan perpaduan antara hidangan klasik dan kontemporer Vietnam. Yang berada di Kota Ho Chi Minh meliputi: Du Yên, restoran yang menawarkan hidangan vegetarian yang lezat; Kobe Bistro, bistro yang berspesialisasi dalam masakan Prancis; dan Oryz, restoran dengan konsep bersantap ala Asia Timur.

Terakhir, restoran MICHELIN Selected yang baru di Da Nang meliputi: M' Qu'ng Cô Sáu, restoran yang menyajikan mi “mi qu'ng”; Nam Ð'nh, restoran sederhana yang menyajikan hidangan seafood tradisional; dan Olivia’s Prime, restoran steak yang menyajikan hidangan laut dan daging sapi impor premium dengan panggangan kayu bakar.

Tiga Penghargaan Khusus MICHELIN Guide

MICHELIN Guide Young Chef Award
This year, Penghargaan Chef Muda diberikan kepada Chef Duy Nguyen dari Little Bear, sebuah restoran MICHELIN Selected yang baru di Ho Chi Minh.

MICHELIN Guide Sommelier Award

Penghargaan Sommelier tahun ini diberikan kepada Toan Nguyen dari La Maison 1888, satu-satunya restoran di Da Nang yang dianugerahi satu Bintang MICHELIN.

The MICHELIN Guide Service Award

Penghargaan Pelayanan tahun ini diberikan kepada Anh Nguyen dari Si Dining, sebuah restoran MICHELIN Selected di Da Nang.

Foto-foto dari MICHELIN Guide Ceremony Vietnam 2024 dapat diunduh di: shorturl.at/F8MMc.

Ketahui lebih lebih rinci tentang The MICHELIN Guide di guide.michelin.com/vn/en, atau ikuti perkembangan terbaru di Facebook.
Aplikasi MICHELIN Guide Worldwide untuk perangkat iOS dan Android.

https://guide.michelin.com/vn/en
https://www.facebook.com/MichelinGuideAsia
https://www.instagram.com/michelinguide/
https://www.youtube.com/MICHELINGuideAsia