• Home
  • Bisnis
  • KPMG: AI akan Membawa Perubahan Baru dan Positif pada Pelaporan Keuangan Global

KPMG: AI akan Membawa Perubahan Baru dan Positif pada Pelaporan Keuangan Global

Jumat, 28 Juni 2024 | 13:37

HONG KONG SAR – Media OutReach Newswire – Sebuah laporan KPMG menunjukkan bahwa teknologi kecerdasan buatan (AI) telah banyak diadopsi dalam proses pelaporan keuangan perusahaan. Sebagian besar perusahaan sedang menguji coba atau secara resmi mengadopsi AI, dan diperkirakan akan menggunakannya itu dalam tiga tahun ke depan mencapai tingkat yang mendekati penerapan universal. Pada saat yang sama, perusahaan mengharapkan auditor mereka untuk lebih sering memanfaatkan AI untuk mendorong hasil audit yang lebih berwawasan ke depan dan prediktif.

Laporan “Kecerdasan Buatan dalam Pelaporan dan Audit Keuangan: Menavigasi Era Baru” KPMG mensurvei 1.800 perusahaan dari enam industri di sepuluh pasar utama untuk memahami pendapat para eksekutif yang bertanggung jawab menghasilkan laporan keuangan mengenai popularitas aplikasi AI dalam fungsi keuangannya dampaknya terhadap tim keuangan internal, dan apa yang diharapkan dari auditor eksternal.

“Tren perusahaan-perusahaan di Tiongkok Raya yang menggunakan AI untuk membantu penyusunan laporan keuangan berkembang pesat. Teknologi AI cocok untuk auditor dan klien. Teknologi ini tidak hanya dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan mereka. produktivitas tim pelaporan keuangan, tetapi juga meningkatkan efisiensi perekrutan talenta dan pengembangan keterampilan,” ungkap Alan Yau, Mitra Terkemuka Inovasi Audit KPMG Tiongkok, dalam rilisnya, Kamis (27/6/2024).

Di seluruh belahan dunia, perusahaan-perusahaan di Amerika Utara memiliki tingkat adopsi AI yang paling tinggi untuk membantu produksi laporan keuangan, dengan 39% perusahaan menggunakan AI secara selektif atau ekstensif, diikuti oleh Eropa (32%) dan Asia Pasifik (29%).

Dari segi industri, perusahaan telekomunikasi dan teknologi telah mencapai kemajuan terbesar dalam penggunaan AI untuk membantu pembuatan laporan keuangan, dengan 41% perusahaan mengatakan mereka menggunakan AI secara selektif atau ekstensif. Diikuti oleh industri energi, sumber daya alam, dan bahan kimia (35%). Barang konsumsi dan ritel tertinggal dibandingkan industri lain (26%).

Perusahaan-perusahaan melakukan investasi strategis dan substansial pada AI. Menurut penelitian, belanja AI saat ini menyumbang sekitar 10% dari anggaran TI perusahaan dan akan meningkat secara signifikan. Semua perusahaan yang diwawancarai menyatakan bahwa dewan direksi mereka telah merumuskan strategi tindakan untuk pengembangan AI.

Hampir dua pertiga responden (64%) mengatakan mereka mengharapkan auditor melakukan tinjauan yang lebih rinci terhadap lingkungan pengendalian saat menggunakan AI untuk menghasilkan laporan keuangan. Lebih dari separuh (53%) responden mengharapkan auditor melakukan penilaian kematangan tata kelola AI, sementara sepertiganya mengharapkan auditor memberikan sertifikasi pihak ketiga atas penggunaan teknologi AI. Namun, seiring dengan berkembang pesatnya penerapan AI dalam pelaporan keuangan dan audit, sistem peraturan saat ini juga perlu mengimbanginya.

Dibandingkan dengan AI tradisional, saat ini hanya sedikit institusi yang melakukan uji coba atau telah mengadopsi (43%) AI generatif, sebuah teknologi yang relatif baru. Namun, penerapan AI generatif diperkirakan akan meningkat secara signifikan dalam tiga tahun ke depan. Faktanya, dalam 12 bulan ke depan, manajemen akan memprioritaskan penggunaan teknologi AI generatif untuk membantu pembuatan laporan keuangan, dengan hampir separuh (47%) responden menempatkannya sebagai prioritas, diikuti oleh data dan analitik (44%), proses penambangan (39%) dan cloud (36%).

“Melihat ke depan, perusahaan-perusahaan di Tiongkok Raya secara bertahap menyadari potensi besar dari AI generatif. Di bidang pelaporan keuangan, AI telah menjadi alat yang ampuh yang tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan melalui analisis data yang mendalam. , tetapi juga dapat melengkapi keahlian manusia dengan kecepatan dan keakuratannya. Dengan mengotomatiskan tugas sehari-hari dengan AI, para profesional keuangan dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk fokus pada perencanaan strategis dan memperkuat simbiosis antara AI dan para profesional bidang pelaporan keuangan, tidak hanya meningkatkan tingkat layanan, namun juga menciptakan nilai yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi perusahaan dan pemangku kepentingannya,” pungkas Alan Yau.

Perusahaan sangat waspada terhadap risiko AI, dengan isu keamanan data, privasi, dan etika yang menjadi perhatian utama. Secara umum, perusahaan memiliki lebih banyak kekhawatiran mengenai AI generatif dibandingkan AI tradisional, termasuk keamanan siber, hak cipta dan hak kekayaan intelektual, serta privasi dan konten palsu. Oleh karena itu, ketika mengadopsi AI, sangat penting untuk mengelola risiko dengan benar dan mematuhi prinsip-prinsip etika.


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top