SINGAPURA – Media OutReach Newswire – Infocomm Media Development Authority (IMDA) Singapura dan Amazon bariu-baru ini mengumumkan kolaborasi strategis di bawah gerakan nasional Digital for Life untuk membantu memajukan keterampilan digital yang penting bagi masyarakat Singapura – termasuk belanja online yang aman dan Gen AI – melalui penyelenggaraan lokakarya komunitas. Inisiatif pendidikan ini akan dipimpin oleh sukarelawan perusahaan dari Amazon.sg, Amazon Payments, dan AWS, yang didukung oleh IMDA.

Berdasarkan kompetensi Digital Skills for Life (DSL) dari IMDA untuk konten “Bertransaksi Online” dan “Be Safe, Smart, and Kind Online”, Amazon dan IMDA telah menyusun lokakarya komunitas untuk mengajarkan warga Singapura dari segala usia, mulai dari anak-anak hingga kakek dan nenek mereka, tentang cara berbelanja dan melakukan pembayaran secara online dengan aman dan percaya diri. Lokakarya komunitas dengan mitra organisasi nirlaba yang berorientasi pada keluarga seperti Children’s Wishing Well, Club Rainbow, dan Glyph Community akan dilaksanakan pada bulan September untuk mempromosikan dan meningkatkan kompetensi dalam keterampilan digital yang penting di antara komunitas yang rentan dan kurang mampu.

Menurut Singapore Police Force (SPF), penipuan dan kejahatan siber terus menjadi perhatian utama. SPF mengungkapkan dalam laporan singkat tahun 2023 bahwa jumlah kasus penipuan dan kejahatan siber meningkat 49,6% pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya. Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa 73,0% korban penipuan adalah remaja, dewasa muda, dan orang dewasa yang berusia di bawah 50 tahun, sehingga menjadi prioritas untuk mengedukasi demografi ini tentang cara melindungi diri mereka sendiri dari pelaku kejahatan serta mempelajari tentang belanja online yang aman dan teknologi baru.

Kolaborasi Amazon dan IMDA dilakukan setelah Amazon.sg meraih peringkat tertinggi selama tiga tahun berturut-turut pada bulan April 2024 dalam Peringkat Keamanan Transaksi Pasar E-Commerce Singapura (TSR). Baru-baru ini, Amazon Singapura telah bergabung dengan Global Anti-Scam Alliance yang baru saja diluncurkan di Singapura sebagai Wakil Ketua untuk bekerja di berbagai industri guna membantu melindungi konsumen Singapura dari pelaku kejahatan. Amazon percaya bahwa dengan bekerja sama di seluruh industri dan dengan pemerintah di seluruh dunia, kita dapat membangun dunia di mana konsumen dapat menjalani kehidupan mereka dengan percaya diri bahwa mereka tidak akan menjadi korban penipuan. Amazon ingin bekerja sama dengan pihak lain untuk memetakan jalan untuk mencapainya.

Selain lokakarya komunitas seputar belanja online yang aman dan transaksi online yang aman, kolaborasi Amazon dengan IMDA di bawah gerakan Digital for Life akan menyelenggarakan lokakarya yang diselenggarakan oleh Amazon Web Services (AWS) untuk mengedukasi masyarakat Singapura mengenai Kecerdasan Buatan Generatif (Gen AI) dan teknologi baru, yang menyoroti manfaat fungsionalnya dalam kehidupan sehari-hari dan mendorong penggunaan yang bertanggung jawab.

Lokakarya komunitas AWS pertama tentang Gen AI diadakan pada bulan Juni 2024 dengan Dewan Perpustakaan Nasional Singapura, yang mengajarkan para peserta – mulai dari anak-anak sekolah dasar hingga pensiunan – tentang cara menggunakan model AI untuk membuat aplikasi. Inisiatif ini mendukung program AWS AI Spring Communities yang berfokus pada pengembangan komunitas dengan AI, sebagai bagian dari program unggulan AWS yang baru-baru ini diumumkan, AWS AI Spring Singapore. Di bawah AWS AI Spring, AWS akan melatih 5.000 orang setiap tahunnya mengenai keterampilan AI dari tahun 2024-2026.

Untuk lebih mendukung gerakan Digital for Life, Amazon telah mendonasikan S$100.000 kepada Digital for Life Fund, yang akan disamai dolar demi dolar oleh Pemerintah Singapura, dalam rangka mendukung literasi digital dan kesehatan, serta inisiatif teknologi digital dan inklusi untuk masyarakat yang rentan.

“Seiring dengan perkembangan dunia digital, kami menyadari pentingnya membekali warga Singapura dengan alat dan keterampilan untuk tetap aman saat online. Kolaborasi kami dengan Amazon dibangun di atas kompetensi Keterampilan Digital untuk Kehidupan IMDA, yang mencakup pembelajaran untuk bertransaksi dengan aman dan menjadi cerdas dan baik secara online. Kami menyambut lebih banyak mitra untuk bergabung dengan kami dalam gerakan Digital for Life, untuk membangun masyarakat yang lebih inklusif di mana tidak ada yang tertinggal dan semua orang dapat menikmati manfaat dari era digital,” jelas Doreen Tan, Asisten Kepala Eksekutif (Perencanaan Strategis dan Kesiapan Digital) IMDA, dalam rilisnya, Kamis (27/6/2024).

“Edukasi yang meluas dan tindakan kolektif merupakan senjata penting dalam perang melawan penipuan. Seiring dengan kemajuan teknologi, pelaku kejahatan akan terus menemukan cara baru untuk mengambil keuntungan dari masyarakat. Kita harus berusaha untuk menjadi beberapa langkah di depan mereka dengan bekerja sama, berbagi pengetahuan, dan menciptakan lingkungan yang aman untuk aktivitas online sehari-hari. Amazon – termasuk tim dari Amazon.sg, Amazon Payments, dan AWS, dengan bangga bekerja sama dengan IMDA untuk mengedukasi masyarakat Singapura lebih lanjut mengenai belanja online yang aman dan transaksi yang aman menggunakan metode pembayaran digital seperti PayNow, serta berbagi manfaat dan penggunaan teknologi baru yang bertanggung jawab seperti Gen AI. Keamanan adalah prioritas utama dalam segala hal yang kami lakukan di Amazon,” tutup Josen George, General Manager, Amazon APAC,.