• Home
  • Bisnis
  • KPMG dan ACCA Luncurkan Program Perintis ESG untuk Mentransformasi Akuntansi demi Kebutuhan Bisnis di Masa Depan

KPMG dan ACCA Luncurkan Program Perintis ESG untuk Mentransformasi Akuntansi demi Kebutuhan Bisnis di Masa Depan

Sabtu, 26 Oktober 2024 | 12:12

SINGAPURA – Media OutReach Newswire – KPMG Singapura dan Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) telah mengumumkan peluncuran program pembelajaran inovatif yang bertujuan untuk mengatasi keterampilan masa depan yang dibutuhkan untuk profesi akuntansi, serta membantu lulusan non-akuntansi dan memperkuat kemampuan profesional mereka untuk memasuki bidang akuntansi.

Inisiatif ini merupakan respons langsung terhadap rekomendasi dari laporan Accountancy Workforce Review Committee (AWRC) yang dirilis pada bulan Mei 2024, yang menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kemampuan ESG (lingkungan, sosial, dan tata kelola) di antara para profesional akuntansi.

Sejalan dengan laporan AWRC, program ini berfokus pada pembekalan akuntan dengan keterampilan LST yang siap untuk masa depan, memastikan profesi ini tetap diperlukan untuk memajukan praktik bisnis yang berkelanjutan. Selain itu, program ini menciptakan jalur inklusif bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang akuntansi tradisional, sehingga memungkinkan mereka untuk bertransisi ke dalam profesi ini melalui pelatihan ESG khusus. Fokus ganda ini menjawab kebutuhan keterampilan yang terus berkembang dan kebutuhan untuk mendiversifikasi jalur bakat di sektor akuntansi.

Diluncurkan hari ini di Konferensi Tahunan ACCA 2024, inisiatif ini menyoroti peran akuntan yang berkembang di luar fungsi audit dan asurans tradisional. Dengan pelaporan keberlanjutan yang semakin penting, permintaan akan keahlian ESG melonjak dan akuntan kini perlu memimpin dalam memajukan praktik bisnis berkelanjutan di berbagai industri.

“Untuk mendesain ulang tenaga kerja akuntan, kita harus menarik talenta baru dengan memprioritaskan kemampuan beradaptasi, kolaborasi, dan inovasi. Akuntan saat ini bukan hanya sebagai penjaga, tetapi juga penasihat strategis, yang memandu bisnis melalui tantangan-tantangan yang kompleks. Kepercayaan tetap menjadi inti dari profesi kami, terutama di bidang-bidang seperti asurans ESG dan tata kelola AI. Kolaborasi kami dengan ACCA untuk memperkenalkan program keterampilan masa depan ESG lebih dari sekadar menyediakan akses – ini adalah tentang membangun kualitas dan dasar-dasar yang telah dimiliki oleh para akuntan dan menerapkannya pada bidang-bidang yang sedang berkembang. Pendekatan ini memastikan bahwa para akuntan dapat dengan percaya diri menavigasi dan mengatasi tantangan praktis dari lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat, sambil tetap mempertahankan kepercayaan penting yang mendasari profesi kami,” tutur Alex Koh, Partner dan Kepala Audit, KPMG di Singapura, Jumat (25/10/2024).

Daniel Leung, Country Manager, ACCA Singapura, mengatakan, keberlanjutan merupakan prioritas utama bagi bisnis, pemerintah, dan sektor publik. Para profesional di bidang keuangan memainkan peran penting dalam mendorong dan mengimplementasikan praktik-praktik berkelanjutan di berbagai organisasi.

“ACCA dengan bangga bermitra dengan KPMG untuk meluncurkan program penting ini, yang akan membekali para talenta di industri ini dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk membentuk masa depan yang berkelanjutan. Inisiatif ini juga selaras dengan tema Konferensi Tahunan kami, ‘Menciptakan Kembali Profesi untuk Dunia yang Berubah,' karena kami terus mengembangkan keterampilan yang fleksibel yang diperlukan untuk profesi yang terus berkembang,” jelasnya.

Keahlian di bidang keuangan dan akuntansi tetap sangat berharga dan serbaguna, melampaui peran tradisional untuk menciptakan nilai bagi organisasi, seperti memajukan agenda keberlanjutan perusahaan. Rekomendasi dari laporan yang dirilis oleh AWRC menyoroti bahwa akuntan perlu terlibat dalam pekerjaan yang lebih beragam dan terarah, serta diakui sebagai mitra bisnis yang penting dan berharga dalam suatu organisasi.

Mendukung temuan ini, survei ACCA di seluruh dunia pada tahun 2024 terhadap para pemberi kerja di seluruh dunia mengungkapkan bahwa beberapa keterampilan yang paling dicari oleh para pemberi kerja di Singapura termasuk keterampilan terkait ESG seperti etika dan kepemimpinan. Permintaan akan keahlian di bidang keberlanjutan dalam keuangan hijau meningkat dari 38 persen menjadi 47 persen tahun ini.

Menurut penelitian KPMG, lebih dari separuh (56 persen) peran pekerjaan jasa keuangan yang ada saat ini, yang mewakili lebih dari 50.000 profesional jasa keuangan, akan membutuhkan peningkatan keterampilan dalam topik-topik keberlanjutan karena topik-topik tersebut semakin banyak dimasukkan ke dalam fungsi pekerjaan mereka yang sangat penting. Sebagai contoh, pembaruan peraturan baru-baru ini telah meningkatkan persyaratan pengungkapan terkait iklim perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Singapura mulai tahun fiskal 2025, yang akan mengharuskan para profesional akuntansi di perusahaan-perusahaan ini untuk menguasai peraturan terkait keberlanjutan ini agar dapat secara efektif memasukkannya ke dalam tugas dan tanggung jawab mereka.

Mereka yang memiliki keahlian di bidang ESG akan mengalami permintaan yang lebih tinggi dan menikmati prospek karier yang beragam dalam lanskap di mana praktik-praktik berkelanjutan dan etis semakin diprioritaskan.

Menempa keberlanjutan dalam bisnis masa depan

Program ini terdiri dari kelas-kelas master gratis yang terstruktur dalam dua jalur.

Jalur pertama, yang berfokus pada pengetahuan dasar tentang ESG di berbagai bidang seperti risiko iklim, pelaporan, dan pengukuran, saat ini ditawarkan tanpa biaya kepada para peserta. Hal ini membuatnya dapat diakses oleh lulusan baru dan orang dewasa yang sudah bekerja dari berbagai latar belakang, termasuk mereka yang ingin beralih ke bidang pelaporan iklim. Materi dalam program ini mempersiapkan para peserta untuk mengambil peran sebagai akuntan pelaporan iklim dan dampak, serta konsultan keuangan keberlanjutan. Peserta yang memenuhi syarat untuk mengikuti pelatihan ini juga akan memiliki kesempatan untuk mengambil bagian dalam peluang kerja sama industri dengan KPMG untuk menerapkan ESG ke dalam transformasi bisnis dan praktik perusahaan.

Jalur kedua menawarkan materi lanjutan bagi para pemimpin keuangan senior, meningkatkan keahlian strategis dan teknis yang diperoleh dari kualifikasi akuntansi atau pengalaman kerja yang relevan, yang kemudian diperluas menjadi perencanaan strategis, pengambilan keputusan, pelaporan, dan asurans. Materi dalam program ini mempersiapkan para peserta untuk mengambil peran sebagai Chief Sustainability Officer, Chief Financial Officer, atau kepala audit dan asurans ESG.

Peserta di kedua jalur ini juga memiliki opsi untuk melanjutkan ke ACCA Certificate in Sustainability of Finance (CertSF) atau ACCA Professional Diploma in Sustainability (ProDipSust) secara terpisah, yang akan memberikan mereka kredensial tambahan untuk meningkatkan keahlian keberlanjutan mereka.

Melalui kesempatan berbagi pengetahuan dan membangun jaringan yang kolaboratif, para peserta akan berinteraksi dengan para pakar industri dari KPMG dan ACCA, untuk mendapatkan wawasan dan keterampilan praktis. Kedua program ini akan berujung pada sertifikat bersama antara KPMG dan ACCA, yang akan memvalidasi kemahiran para peserta dalam mengintegrasikan strategi berkelanjutan dan etika ke dalam peran mereka. Informasi lebih lanjut mengenai program pembelajaran ini dapat dilihat pada infografik berikut ini.

KPMG telah secara aktif berkolaborasi dengan lembaga pemerintah dan perusahaan di seluruh wilayah untuk memungkinkan transformasi ESG dan merancang kebutuhan jalur dekarbonisasi. Inisiatif seperti KPMG ASEAN Decarbonisation Hub dan ESG Playbook for Charities baru-baru ini menggarisbawahi pendekatan proaktif dan kolaboratif KPMG untuk membantu bisnis merangkul ESG sebagai pendorong bisnis utama. Selain itu, dengan memanfaatkan fondasi KPMG yang kuat di bidang audit dan akuntansi, ditambah dengan data yang kuat dan ketelitian asurans, merupakan kunci untuk membekali para profesional dengan keterampilan penting yang diperlukan untuk mendorong model bisnis yang berkelanjutan.

Ditambah dengan ACCA, badan akuntansi profesional yang diakui secara global yang menyediakan kualifikasi berwawasan ke depan dan terkenal karena kemudahannya untuk diakses, program pembelajaran kolaboratif ini menawarkan pendekatan yang unik untuk pelatihan ESG. Selain itu, kehadiran global yang kuat dari KPMG dan ACCA membuka peluang untuk memperluas program ini ke negara-negara lain, sehingga memperluas jangkauan dan dampak pendidikan ESG.


BERITA LAINNYA
Grand OpeningCyberport Venture Capital Forum 2024
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 12:08
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top