• Home
  • Dunia
  • Protes Penanganan Klaster Corona, Ratusan Napi Bakar Penjara Thailand

Protes Penanganan Klaster Corona, Ratusan Napi Bakar Penjara Thailand

Sabtu, 18 Desember 2021 | 14:34
net
RIAUGREEN.COM - Protes penanganan klaster virus Corona yang dilakukan para narapidana (napi) di Thailand berakhir ricuh. Para napi membakar penjara.
Seperti dilansir dari AFP, Sabtu (18/12/2021), penjara di Thailand terkenal penuh sesak dan tengah berjuang membatasi penyebaran Corona. Menurut Departemen Lembaga Pemasyarakatan setempat, lebih dari 87 ribu napi di penjara-penjara Thailand terinfeksi Corona dan 185 napi meninggal akibat Corona.

Kerusuhan pecah di sebuah penjara di wilayah Krabi, Thailand bagian selatan, pada Kamis (16/12) malam waktu setempat, saat para napi menuntut agar rekan napi lainnya yang terinfeksi Corona dipindahkan. Sekitar 400 napi terlibat dalam kerusuhan penjara tersebut.

Penjara tersebut diketahui dihuni lebih dari 2.100 napi. 300 orang napi di antaranya dinyatakan positif Corona.

Para napi dilaporkan membakar tempat tidur mereka pada Jumat (17/12) malam waktu setempat, setelah sehari sebelumnya memicu kebakaran di dalam penjara.

Sedikitnya 31 napi diamankan terkait aksi pembakaran tersebut. Juru bicara Wakil Juru Bicara Kepolisian Nasional Thailand, Kissana Phathanacharoen, menyebut napi yang diamankan telah dibawa ke penjara lainnya dengan keamanan ketat.

"Tidak ada korban jiwa, hanya luka-luka ringan," sebut Kissana, setelah media lokal melaporkan 14 napi luka-luka akibat peluru karet.

Otoritas setempat akan memeriksa dampak kerusakan akibat kerusuhan itu pada Sabtu (18/12) setempat.

"Situasinya telah terkendali sejak semalam dan para sipir penjara akan memeriksa kerusakan yang terjadi," ucap seorang pejabat pemerintahan Krabi, yang enggan disebut namanya, kepada AFP.

Menurut Departemen Lembaga Pemasyarakatan Thailand, nyaris 93 persen dari total 281.535 napi yang telah divaksinasi Corona secara penuh di wilayahnya.***

BERITA LAINNYA
5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini
Jumat, 06 Oktober 2023 | 20:00
Usai Dikunjungi Gubri, KBRI Mesir Segera ke Riau
Senin, 19 September 2022 | 12:50
Berita Terpopuler Internasional Hari Ini
Rabu, 07 September 2022 | 19:22
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top