• Home
  • Dunia
  • Perdana Menteri Inggris Boris Johnson Mengumumkan Pengunduran Dirinya

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson Mengumumkan Pengunduran Dirinya

Kamis, 07 Juli 2022 | 20:00
Perdana Inggris Boris Johnson mengumumkan pengunduran dirinya di depan Downing Street No.10, London, Kamis (7/7/2022). Foto/REUTERS/Henry Nicholls
RIAUGREEN.COM - Boris Johnson telah mengundurkan diri menyusul pemberontakan di Partai Konservatif dan mengatakan dalam pidatonya bahwa proses pemilihan perdana menteri Inggris baru "harus dimulai sekarang."

"Sekarang jelas keinginan parlemen Partai Konservatif bahwa harus ada pemimpin baru partai itu dan oleh karena itu, perdana menteri baru," kata Johnson.

"proses pemilihan pemimpin baru harus dimulai sekarang dan jadwal akan diumumkan minggu depan," tambahnya.

"Dan hari ini saya telah menunjuk sebuah Kabinet untuk melayani, seperti yang akan saya lakukan, sampai seorang pemimpin baru berada di tempatnya," sambungnya saat mengumumkan pengunduran dirinya depan sekutunya di istrinya seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (7/7/2022).

Berbicara di Downing Street, Johnson mengungkapkan sejumlah pencapaian pemerintahannya mulai dari Brexit, penguncian COVID-19 dan sikap menentang Rusia sebagai keberhasilan.

"Saya sangat bangga dengan pencapaian Pemerintah ini, mulai dari menyelesaikan Brexit hingga menyelesaikan hubungan kita dengan benua selama lebih dari setengah abad, merebut kembali kekuatan negara ini untuk membuat undang-undangnya sendiri," ujarnya.

"Parlemen, membawa kita semua melewati pandemi, memberikan peluncuran vaksin tercepat di Eropa, jalan keluar tercepat dari penguncian, dan, dalam beberapa bulan terakhir, memimpin Barat dalam menghadapi agresi Putin di Ukraina," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, pria berusia 58 tahun itu berterima kasih kepada warga Inggris karena memberikan mandat kepada Partai Konservatif pada tahun 2019.

"Saya ingin mengatakan kepada jutaan orang yang memilih kami pada 2019, banyak dari mereka memilih Konservatif untuk pertama kalinya, terima kasih atas mandat yang luar biasa itu, mayoritas Konservatif terbesar sejak 1987, bagian suara terbesar sejak 1979," katanya dalam pidato pengunduran dirinya.

"Dan alasan saya telah berjuang begitu keras dalam beberapa hari terakhir untuk terus memberikan mandat itu secara pribadi bukan hanya karena saya ingin melakukannya, tetapi karena saya merasa itu adalah pekerjaan saya, tugas saya, kewajiban saya kepada Anda untuk terus melakukan apa yang kami janjikan di tahun 2019," ia melanjutkan.

"Dan tentu saja, saya sangat bangga dengan pencapaian Pemerintah ini," pungkasnya.

Johnson telah dilanda serangkaian skandal yang memaksa bahkan pendukungnya yang paling kuat pun untuk meninggalkannya.

Lebih dari 50 anggota parlemen telah mengundurkan diri dari pemerintah sejak Selasa. Mereka marah terkait penanganan pengunduran diri yang gagal oleh mantan wakil kepala Johnson, Chris Pincher, yang dituduh meraba-raba dua pria pekan lalu.

Johnson awalnya berusaha untuk keluar dari krisis - meskipun ada pengunduran diri menteri tingkat menengah yang belum pernah terjadi sebelumnya dari pemerintah, babak belur di parlemen. Pada hari Rabu, dia masih bersikeras dia tidak akan mengundurkan diri.

Tetapi Johnson tampaknya akhirnya menyerah pada hari Kamis setelah beberapa sekutunya yang paling setia mengatakan kepadanya bahwa permainan sudah berakhir.(***)

BERITA LAINNYA
5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini
Jumat, 06 Oktober 2023 | 20:00
Usai Dikunjungi Gubri, KBRI Mesir Segera ke Riau
Senin, 19 September 2022 | 12:50
Berita Terpopuler Internasional Hari Ini
Rabu, 07 September 2022 | 19:22
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top