• Home
  • Riau
  • Hadapi New Normal, Gugus Tugas Inhu Rencanakan Sekolah Pakai Pergantian Shift

Hadapi New Normal, Gugus Tugas Inhu Rencanakan Sekolah Pakai Pergantian Shift

Sabtu, 30 Mei 2020 | 15:02
tnr
RIAUGREEN.COM - Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melakukan rapat yang dipimpin oleh Wakil Bupati Inhu, Khairizal selaku Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Inhu pada Jumat (29/5/2020).

Rapat yang digelar di lantai empat kantor Bupati Inhu tersebut dihadiri oleh Kapolres Inhu, AKBP Efrizal Dandim 0302 Inhu, Letkol ARH Hendra Roza, perwakilan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rengat, Kepala Kemenag Inhu, Abdul Karim, Sekda Inhu, Hendrizal dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Inhu.

Rapat tersebut membahas tentang kesiapan daerah dalam menghadapi new normal atau kenormalan baru yang disampaikan oleh pemerintah pusat.

Salah satu yang dibahas adalah rencana dimulainya kembali aktifitas belajar mengajar di sekolah setelah sebulan lebih belajar dari rumah.

Pada rapat tersebut gugus tugas membahas segala rencana yang akan diterapkan, salah satu pilihan yang ditawarkan adalah penerapan pergantian shift belajar menjadi masuk pagi dan masuk siang.

Hal ini dilakukan dengan memperhatikan penerapan protokol kesehatan. Sesuai protokol kesehatan, jarak antar siswa di dalam satu ruangan diatur paling dekat satu meter.

Namun menurut Khairizal hal ini masih perlu pembahasan lebih lanjut.

"Kalau melihat kalender pendidikan, sekarang anak-anak masih libur. Jadi hal ini masih dibahas lebih lanjut lagi bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud red) serta Dinas Kesehatan (Dinkes red), PGRI, dan masyarakat pendidikan," kata Khairizal.

Selain aktifitas belajar mengajar, hal yang penting juga dibahas adalah teknis pelaksanaan ujian, pengumuman kelulusan, dan juga penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Inhu.

Khairizal juga berharap agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhu dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Inhu dilibatkan dalam rapat kedepan.
Sebab menurutnya perlu dilakukan penyamaan persepsi mengenai penerapan new normal tersebut.

"Jadi ke depan semua mengerucut menjadi satu kebijakan ketua gugus tugas atau dalam hal ini adalah Bupati Inhu," katanya. Harapannya agar masyarakat bisa mengikuti setiap arahan dari gugus tugas.

Terkait pembukaan fasilitas umum seperti pasar juga akan dibahas sedemikian rupa.

Kapolres Inhu, AKBP Efrizal menyampaikan di dalam rapat agar pintu masuk dan pintu keluar dari pasar dapat diatur.

Begitu juga agar petugas kesehatan berjaga di pintu masuk pasar untuk melakukan pengecekan suhu tubuh masyarakat yang hendak ke pasar.

"Kapasitas pasar juga harus diperhatikan, agar bisa diatur jarak antar pembeli dan pedagang," ujarnya.

Efrizal juga berkata agar gugus tugas melibatkan tokoh masyarakat dalam penerapan new normal ini. "Seperti yang sudah dibahas dengan Bupati kemarin, agar kita meminta tokoh masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat," katanya.(tnr)

Loading...
BERITA LAINNYA
Riau Provinsi Tertinggi Tingkat Sembuh Corona
Selasa, 07 Juli 2020 | 12:11
BERIKAN KOMENTAR
Top