• Home
  • CSR & Komunitas
  • Tim Pengabdian UNRI Sosialisasi Pengenalan dan Pembuatan Akuaponik Budikdamer

Tim Pengabdian UNRI Sosialisasi Pengenalan dan Pembuatan Akuaponik Budikdamer

Jumat, 07 Agustus 2020 | 14:22
KAMPAR, RIAUGREEN.COM - Sosialisasi Pengenalan dan Pembuatan Akuaponik Budikdamer (06/08). Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Desa Tarai Bangun UNRI melaksanakan kegiatan Sosisalisasi Pengenalan dan Pembuatan Akuaponik Budikdamer. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini untuk dapat dimanfaatkan masyarakat Desa Tarai Bangun Kampar untuk budidaya ikan dan sayuran dalam satu tempat dan tidak menggunakan lahan yang besar.

Hasil yang diperoleh dari akuaponik budikdamer ini diharapkan dapat menjadi peluang usaha rumahan ataupun konsumsi harian masyarakat Desa Tarai Bangun. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Aula desa Tarai Bangun dengan pesertanya yaitu ibu-ibu PKK Desa Tarai Bangun. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi pengenalan akuaponik mulai dari prinsip kerja, keuntungan, cara pemeliharaan dan panen hasil sayur dan ikan.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan proses pembuatan akuaponik budikdamer dan mengenalkan fungsi dari masing-masing alat dan bahan yang sudah disediakan dalam
pengabdian kali ini. Antusiasme peserta terlihat ketika ibu loly yang merupakan ibu PKK Desa Tarai Bangun mengatakan "Saya tertarik dengan Akuaponik karena lebih ekonomis dan sangat mudah dilakukan di rumah masing-masing".

"Selama pandemi ini, akuaponik dapat menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita seperti sayuran dan ikan. Selain itu, jika kita mampu mengembangkan akuaponik ini, dapat menjadi ladang bisnis dan membantu perekonomian warga" jelas Owen selaku mahasiswa tim pengabdian UNRI desa Tarai Bangun. Perawatan akuaponik yang mudah serta alat dan bahan yang tergolong mudah didapatkan, menjadikan akuaponik budikdamer ini memiliki banyak keuntungan.

Diakhir pertemuan, sesi tanya jawab dibuka guna untuk mengetahui dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai materi yang disampaikan sehingga dapat diaplikasikan kedepannya. Setelah sesi tanya jawab, kuesioner dibagikan kepada peserta untuk mendata seberapa pemahaman masyarakat setelah mengetahui teknik akuaponik budikdamer. (rds)

Loading...
BERITA LAINNYA
IA-ITB dukung Green Shelters LAZNas Chevron
Selasa, 24 September 2019 | 18:02
Ipemalis-J Ikuti Rapat Kerja PMRJ
Senin, 10 April 2017 | 10:48
BERIKAN KOMENTAR
Top