• Home
  • CSR & Komunitas
  • Dompet Dhuafa Riau Distribusikan 210 Doka di 6 Kabupaten Hingga Desa Pedalaman

Dompet Dhuafa Riau Distribusikan 210 Doka di 6 Kabupaten Hingga Desa Pedalaman

Senin, 03 Agustus 2020 | 15:12
Desa Baru, pertama kali mendapatkan daging kurban yang di distribusikan oleh DD Riau (Jumat, 31/07)
KAMPAR, RIAUGREEN.COM -  "Nah, di Desa Baru ini jarang ada kurban. Lokasinya perbatasan kota, 27 km dari Pekanbaru, tapi pedalaman, angkutan umum sulit di dapat. Bahkan di Desa Sungai Eko, pedalaman Suku Talang Mamak, baru pertama kali ini kurban disana," ungkap Gio selaku Tim Dompet Dhuafa Cabang Riau (Jum'at, 31/7/2020).

Selain di Kota Pekanbaru, Dompet Dhuafa Cabang Riau melaksanakan THK (Tebar Hewan Kurban) 2020 di 6 (enam) kabupaten. Di antaranya Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Siak.

"Tiap kabupaten kami sebar lagi distribusinya di tiap kecamatan. Untuk hari pertama ini, masing-masing 1 ekor sapi kurban di Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar; Desa Sungai Eko, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Inhu dan Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar," sebut Gio.

Pelaksanaan kurban di pedalaman Desa Baru, adalah kurban pertama, setelah 4 (empat) tahun tidak ada kurban disana. THK (Tebar Hewan Kurban) di Desa Baru, didistribusikan kepada 85 Kepala Keluarga (KK), yang hampir seluruhnya merupakan kelompok ekonomi menengah ke bawah.

"Sebelumnya kami juga lakukan distribusi Paket Sembako disini (Desa Baru). Banyak terdapat kelompok rentan dan terdampak pandemi Covid-19. Lansia, janda, gharim, buruh tani, dan sebagainya," lanjut Gio.

Pada Hari Tasyrik pertama itu, 11 Zulhijah 1441 H, Dompet Dhuafa Cabang Riau kembali melangsungkan penyembelihan hewan kurban sebanyak 116 ekor domba dan mendistribusikannya ke 7 (tujuh) wilayah di area pedalaman Siak.

Pada agenda-agenda sebelumnya, Izzul juga berkesempatan mengunjungi salah satu sentra ternak binaan program pemberdayaan Dompet Dhuafa Cabang Riau di Dusun Pangkalan Lanjut, Kampung Dayun, Kabupaten Siak.

"Beberapa kali ikut sebagai tim kurban dan dakwah tentang makna kurban, saya terdorong menyisihkan penghasilan untuk kurban. Iya, ini pertama saya kurban atas nama sendiri. Biasanya 'kan bareng atas nama keluarga," aku Izzul yang juga aktif sebagai Koordinator Dompet Dhuafa Volunteers (DDV) Riau.

"Tahun 2020 inilah, pertama ada pelaksanaan kurban, setelah 4 (empat) tahun tidak ada kurban di Desa kami," seru Ali Muhtar, Ketua DKM Masjid Baiturrahman, Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau (Jum'at, 31/7/2020).

Loading...
BERITA LAINNYA
IA-ITB dukung Green Shelters LAZNas Chevron
Selasa, 24 September 2019 | 18:02
Ipemalis-J Ikuti Rapat Kerja PMRJ
Senin, 10 April 2017 | 10:48
BERIKAN KOMENTAR
Top