SINGAPURA – Media OutReach Newswire – Amazon Global Selling Singapore hari ini merilis Laporan Tren Penjualan Global Amazon 2024 yang berjudul “Membina Kewirausahaan & Membangun Merek Global,” yang merinci peluang dalam e-commerce lintas batas (e-commerce ekspor) bagi pengusaha Singapura, sorotan kinerja penjual lokal di toko-toko Amazon, serta kisah-kisah inspiratif dari para wirausahawan lokal yang sukses. Menurut laporan tersebut, penjual Singapura mempertahankan momentum mereka pada tahun 2023 dan mencapai pertumbuhan penjualan dua digit di toko-toko internasional Amazon.

Dengan memanfaatkan alat dan sumber daya global Amazon untuk menjangkau pelanggan di seluruh dunia di toko internasional Amazon, penjual Singapura mencapai rekor penjualan selama Prime Day 2023. Dengan Acara Prime Day ke-10 Amazon yang akan kembali digelar pada 16 & 17 Juli ini, tim Amazon Global Selling Singapura bekerja sama dengan penjual lokal untuk memberdayakan mereka demi kesuksesan Prime Day lainnya.

“Kami percaya bahwa penjual Singapura memiliki potensi tinggi dalam industri e-commerce lintas batas, dan kami berkomitmen untuk mendorong kesuksesan mereka dengan memberikan pengetahuan dan keahlian ekspor online yang mereka butuhkan untuk berkembang dalam skala global. Hal ini termasuk memanfaatkan sumber daya global Amazon dan upaya lokal, seperti Program Launchpad Merek Lintas Batas yang diluncurkan bersama melalui kolaborasi dengan Enterprise Singapore dan Federasi Bisnis Singapura. Program ini membekali para pengusaha lokal dengan keterampilan e-commerce lintas batas, membantu mereka mengakses peluang yang sedang berkembang di sektor ini, dan membangun bisnis global jangka panjang,” ungkap Anand Palit, Kepala Penjualan Global Amazon, Asia Tenggara, dalam rilisnya, Jumat (28/6/2024).

Tiga Hal Penting dari Laporan Tren Penjualan Global Amazon Singapura Tahun 2024:

Penjual Singapura siap untuk menangkap peluang e-commerce global
Laporan Tren Penjualan Global Amazon Singapura 2024 menggambarkan masa depan yang menjanjikan bagi penjual Singapura yang terlibat dalam e-niaga ekspor. Pendapatan dari ekspor e-niaga B2C diproyeksikan meningkat dua kali lipat dari $1,7 miliar pada tahun 2022 menjadi $3,9 miliar pada tahun 2027, jika mereka berinvestasi pada e-niaga lintas batas. Dengan 44% dan 36% UMKM Singapura mengincar peluang di Amerika Serikat dan Inggris, masing-masing[1], e-niaga lintas batas memungkinkan penjual untuk melewati model B2B tradisional dan terhubung langsung dengan basis pelanggan global.

Penjual Singapura memantapkan diri mereka di toko internasional Amazon

Penjual Singapura, dengan produk dan merek berkualitas tinggi mereka, telah mendapat pengakuan luas dari pelanggan global di toko internasional Amazon. KeaBabies, merek buatan dalam negeri yang menyediakan produk bayi berkualitas tinggi dan ramah lingkungan, mulai menjual produk bayi pertama mereka di Amazon.com pada tahun 2017. Dalam waktu satu tahun, KeaBabies berekspansi ke Eropa, dan hari ini, produk mereka dapat ditemukan di 10 toko Amazon di seluruh dunia, termasuk Amerika Utara, Eropa, Singapura, dan Australia. Selama Prime Day 2023, mereka mencapai lebih dari USD $ 1 juta dalam penjualan di toko-toko global Amazon selama dua hari acara. Baby Wrap Carrier mereka juga menduduki peringkat Best Seller [2] di kategorinya.

Jane Neo, Chief Business Officer & Co-founder KeaBabies, mengatakan: “Berjualan di Amazon memungkinkan kami untuk berekspansi ke 10 negara dalam waktu dua tahun. Tahun 2023 merupakan tahun yang fenomenal bagi kami, dengan meraih penjualan global sebesar S$78 juta. Amazon memiliki infrastruktur, logistik, dan kepercayaan yang kuat untuk mendukung pengalaman berbelanja yang lancar bagi pelanggan kami dan membangun kredibilitas produk kami.”

Memberdayakan Penjual Singapura untuk Berkembang Secara Global melalui Alat, Program, dan Layanan Inovatif

Amazon Global Selling telah membentuk tim khusus di Singapura untuk memperkenalkan peluang e-commerce ekspor sejak tahun 2019 dan telah berkomitmen untuk mendukung para wirausahawan Singapura dalam memanfaatkan model bisnis baru ini. Pada tahun 2023, Amazon Global Selling Singapore mengadakan acara tahunan Amazon Global Selling Summit, acara utama bagi para penjual yang bercita-cita tinggi, saat ini, dan yang sudah berpengalaman di Singapura dan Asia Tenggara untuk membuka perjalanan penjualan mereka di toko-toko internasional Amazon. Tim ini juga bekerja untuk menumbuhkan komunitas penjual lokal yang berkembang dengan menghubungkan penjual melalui program Amazon Seller Ambassador dan dengan menyediakan acara jaringan reguler dan perkenalan tentang alat, program, dan kebijakan di toko global Amazon.

Dalam hal pembelajaran dan pengembangan, tim Pendidikan Penjual Amazon di Singapura telah menyediakan perpustakaan sumber daya yang komprehensif untuk penjual Singapura. Konten yang tersedia mencakup perjalanan penjual, mulai dari pendaftaran hingga meluncurkan dan mengembangkan bisnis mereka secara global. Pada tahun 2023, tim ini meluncurkan program pelatihan interaktif, yang menawarkan kursus online dengan interaksi waktu nyata. Program ini telah menarik lebih dari 5.000 peserta.

Untuk melihat Laporan Tren Penjualan Global Amazon tahun 2024 selengkapnya, kunjungi sell.amazon.com.sg/amazon-global-selling-trend-report-2024.

[1] Riset dari Alpha Beta

[2] Berdasarkan Peringkat Penjual Terbaik Amazon.com per Mei 2024