Dokter dan Perawat Diswab Gratis

Senin, 21 September 2020 | 13:28
mcr
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 nasional, Doni Monardo mengatakan dokter dan perawat pada posisi bertugas di ruang perawatan intensif (ICU) yang bersentuhan langsung terhadap pasien Covid-19 akan diberikan kemudahan untuk melakukan swab secara gratis.

"Ini nantinya akan diatur oleh tiap-tiap Provinsi lokasi penyelenggaraan swab tersebut," katanya Minggu (20/09/2020) malam.

Adapun pelaksanaannya, lanjut Doni, akan berlangsung mulai minggu ini yaitu di kota Jakarta. Sedangkan untuk provinsi lain, ia berpesan agar segera menyusun rencana tersebut sehingga dapat memastikan semua dokter dan perawat serta tenaga kesehatan lainnya agar mendapatkan pemeriksaan swab.

"Agar berjalan dengan lancar diharapkan Dinas kesehatan dapat bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia tingkat provinsi dan dibantu unsur-unsur kesehatan dari jajaran TNI dan Polri," ujarnya.

Ia menegaskan, diperlukan perlindungan maksimal kepada dokter dan perawat dengan harapan setiap daerah agar bisa menyampaikan kepada seluruh Didektur rumah sakit agar menyusun SOP yang baik.

"Menteri Kesehatan juga telah menugaskan tim dari kementerian kesehatan untuk membuat SOP agar setiap rumah memiliki pola yang kiranya dapat mengurangi angka kematian, termasuk juga mengurangi resiko bagi tenaga kesehatan dokter dan perawat," pungkasnya. (MCR)

BERITA LAINNYA
Pelatihan GTA Tingkatkan Kompetensi ASN
Senin, 25 Maret 2024 | 21:03
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top