• Home
  • PemkabRohil
  • Pemerintah Pusat Inginkan Iven Bakar Tongkang Rohil Digelar di Jakarta

Pemerintah Pusat Inginkan Iven Bakar Tongkang Rohil Digelar di Jakarta

Selasa, 21 Juni 2016 | 21:47
foto hermanysah
Ivent Budaya Bakar Tongkang Rohil tahun 2016
ROHIL, RIAUGREEN.COM - Dalam sambutan pembukaan pada iven Budaya Bakar Tongkang Rohil tahun 2016, Selasa (21/6/2016) sore,  Bupati Rohil H Suyatno mengatakan, ritual bakar tongkang bisa digambarkan sebagai nilai budaya turun temurun yang melekat di hati masyarakat etnis tionghua khususnya, dan masyarakat Bagansiapiapi umumnya. Upacara prosesi bakar tongkang memiliki nilai historis yang tinggi karena memiliki potensi kepariwisataan yang cukup besar.

Disisi lain, kegiatan ritual bakar Tongkang ini bisa diartikan sebagai perhargaan nilai terhadap keanekaragaman budaya, etnis suku dan bangsa di Kota Bagansiapiapi. Ini menunjukan tingginya toleransi beragama dan saling menghargai antar umat beragama. 

Oleh karena itu, pada tahun 2017 nanti pemerintah pusat menginginkan iven wisata tahun ini akan diadakan di Taman Mini Indonesia Indah di jakarta,ini tentunya bisa memberikan inovasi dan kreasi dalam menggalakan program pariwisata Rokan Hilir ke Manca Negara,Kata Bupati.

"Dengan agenda wisata tahunan ini saya buka secara resmi, semoga pelaksanaanya berjalan sukses aman dan lancar. Terimakasih buat masyarakat Rokan Hilir Khususnya Bagansiapiapi," katanya.

Sebelumnya, Bupati Rohil H Suyatno Suyatno, menyebutkan bahwa iven bakar tongkang sudah masuk dalam agenda wisata nasional yang dilaksanakan warga tionghoa Bagansiapiapi setiap tahunnya. Pelaksanaan ritual bakar tongkang ini menunjukkan adanya kerukunan umat beragama yang ada di Rokan Hilir.

Dikatakannya, sejauh ini kerukunan umat beragama terjamin tidak pernah timbul pergesekan antar etnis, suku dan agama, "Sekali lagi selamat saya ucapkan pada masyarakat tionghoa yang melaksanakan kegiatan ini. Dan, pemerintah daerah menyampaiakn terima kasih terhadap Bapak -Bapak yang bersedia hadir dan membuka acara ini," sebut bupati. (adv/her)

BERITA LAINNYA
Bupati Suyatno Imbau Dishub Surati Telkom
Rabu, 13 Juli 2016 | 13:28
Rohil Gelar Pilkades Serentak 17 Juli 2016
Jumat, 01 Juli 2016 | 12:16
BERIKAN KOMENTAR
Top