• Home
  • Kuansing
  • Dana Pilkada Kuansing 2020 Disepakati Rp29,4 Miliar

Dana Pilkada Kuansing 2020 Disepakati Rp29,4 Miliar

Jumat, 04 Oktober 2019 | 12:49
RiauGreen.com
Foto: Bupati Mursini dan Ketua KPU dalam prosesi penandatangani hibah daerah terhadap KPU Kuansing
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM- Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dengan KPU telah bersepakat menganggarkan Pilkada Kuansing 2020 mendatang sebesar Rp29,4 miliar.

Kesepakatan itu telah ditandatangani, Rabu (2/10/19) malam di sebuah restoran di Telukkuantan. 

Dalam nota perjanjian perjanjian hibah Daerah (NPHD) itu, Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi dalam sambutannya menyebutkan anggaran tersebut jauh menurun ketimbang pengajuan awal yang sekitar Rp40 miliar lebih.

Kendatipun demikian, katanya, dana sebesar Rp29,4 miliar itu tetap diyakini mencukupi.  "Awalnya, KPU Kuansing mengajukan Rp 44,9 miliar. Dari jumlah tersebut turun menjadi Rp 37 miliar. Setelah itu, turun lagi menjadi Rp 32 miliar. Pembahasan kembali dilakukan, anggaran kembali turun menjadi Rp 30 miliar. Turun lagi dan akhirnya disepakati Rp 29,4 miliar," katanya.

Diakuinya, dalam pembahasan anggaran terjadi dinamika. Pihaknya tetap berterimakasih atas kesepakatan dana tersebut kepada Pemkab Kuansing. 

Dengan anggaran Rp 29,4 miliar tersebut, terang Irwan, dengan asumsi lima calon yang akan bertarung di Pilkada 2020. Juga sudah masuk bila ada nantinya terjadi pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

"Kalau tidak cukup, di Permendagri ada mengatur soal penambahan anggaran atau adendum. Kita juga akan komunikasikan dengan Pemda nantinya," katanya lagi.

Penandatanganan NPHD ini sebenarnya sudah terlambat satu hari dari yang ditentukan KPU Pusat dimana paling lama 1 Oktober. Soal terlambat satu hari ini, Irwan mengatakan tidak jadi masalah. Sebab pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU Riau.

Dengan adanya NPHD ini, KPU Kuansing pun bisa tenang, sebab dengan adanya NPHD ini, menjadi bukti komitmen Pemkab Kuansing dalam membiayai Pilkada 2020.

Nantinya, KPU Kuansing juga minta arahan Pemkab Kuansing dalam pengelolaan dana ini. Agar sesuai dengan aturan yang ada.

Pihaknya juga berterimakasih atas kerjasama dengan Pemkab Kuansing selama ini. Terlebih dalam perhelatan Pemilu 2019 lalu yang berjalan lancar. Ia juga berharap Pilkada 2020 nantinya juga berjalan lancar dan aman. 

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Bupati Kuansing, Drs Mursini. Dalam kesempatan itu, Mursini sangat berharap agar pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang berjalan dengan aman dan lancar.

Kata Mursini, besar kecilnya anggaran yang disetujui itu tentu tergantung dengan kemampuan keuangan daerah. "Tentu kita ukur dengan kemampuan keuangan daerah," tutup Mursini. (hendri)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top