• Home
  • Advertorial
  • Bupati Pelalawan Tingkatkan Program Tata Kelola Pemerintahan yang Humanis Berbasis Data dan Teknologi
ADVERTORIAL

Bupati Pelalawan Tingkatkan Program Tata Kelola Pemerintahan yang Humanis Berbasis Data dan Teknologi

Rabu, 22 Juni 2022 | 10:24
PELALAWAN, RIAUGREEN.COM - Sudah hampir dua tahun, Zukri Misran duduk menahkodai Kabupaten Pelalawan sejak terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah pada 2020 lalu. Pembangunan infrastruktur jalan dan tata kota pun terus digesa dan dibenahi sesuai dengan janji politik politikus asal PDI perjuangan tersebut

Menang dalam kontestasi politik, walaupun sempat menelan kekalahan pada periode tahun sebelumnya tak membuat pria yang akrab dipanggil "bang kri" tersebut jumawa. Terlihat dalam beberapa waktu dan momen kegiatan Bupati Zukri kerap menunjukan sisi humanisnya

Tentu hal ini sesuai dengan program Bupati Pelalawan, dalam menjalankan roda kepemimpinan, selama 5 tahun kedepan. Meskipun perbaikan data sebagai acuan untuk mewujudkan e goverment dan smartcity sudah di kembangkan sejak beberapa tahun lalu oleh institusi dan lembaga terkait.
Baik oleh pemerintah pusat maupun oleh pemerintah daerah. 
Sesuai dengan program Bupati Zukri, salah satunya adalah maju pemerintahan tentunya hal ini tetap bersinergi dengan masing - masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Tata kelola pemerintahan yang Humanis (good public Service) berbasis data dan teknologi.

Implementasi dari tata pemerintahan yang humanis dan sinergitas dengan instansi terkait, dalam bentuk pelayanan terhadap masyarakat salah satunya diaplikasikan pada Dinas Catatan Sipil dan Pengendalian Penduduk (Disdukcapil) Kabupaten Pelalawan. Kadisdukcapil Kabupaten Pelalawan, Nifto Anim, menyebutkan tingkat pengendalian penduduk di Kabupaten Pelalawan Relatif stabil. Hal tersebut didukung oleh beberapa program "jemput bola" yang terus digenjot, untuk memutakhirkan data kependudukan di Kabupaten Pelalawan, berdasarkan angka real{konkrit}, dan one big data kependudukan Disdukcapil Kabupaten Pelalawan.
Program "jemput bola" tersebut dilakukan ke daerah - daerah maupun kecamatan terluar Kabupaten Pelalawan, yang minim akomodasi serta tidak dapat ditempuh melalui jalur darat. Seperti, Desa Serapung dan beberapa desa di Kecamatan Kuala Kampar. Meskipun demikian, Kadisdukcapil mengatakan hal tersebut sudah dilakukan secara merata ke seluruh pelosok daerah tidak hanya daerah yang jauh dari pusat ibukota Kabupaten Pelalawan, tetapi juga dilakukan merata, agar tidak ada daerah yang luput dari pendataan.

Selain Disdukcapil, Kepala Dinas Pengembangan dan Penelitian Bangsa (Balitbang), Endid Romo Pratiknyo, Ketika ditemui di ruang kerjanya. Jumat, (17/06/2022) juga menyampaikan hal senada, Bahwa, sejumlah program kegiatan Pemkab Pelalawan, terus dipantau oleh Radar Informasi Daerah (RIDA). "Sejumlah program kegiatan Pemkab Pelalawan punya indikator, nah indikator tersebut yang mengawasi progres kegiatan yang sudah memiliki Roadmap{peta jalan} selama lima tahun kedepan.
"hal tersebut, sambung Endid, adalah upaya Pemkab Pelalawan untuk one big data dan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik", tutup Endid.

BERITA LAINNYA
Bupati Inhu Yopi Arianto Lantik 302 CPNS
Rabu, 17 Juni 2020 | 22:34
BERIKAN KOMENTAR
Top