Kesadaran Penting Kebenaran akan Komunikasi

Oleh: Pika saputri*
Selasa, 02 Juni 2020 | 09:50
foto minews
Pada setiap kehidupan manusia tidaklah luput dari yang namanya komunikasi, komunikasi sangatlah penting bagi semua orang. Karena dari seluruh perbuatan komunikasi semua orang akan mendapatkan informasi-informasi tersendiri dari setiap tindakan komunikasi tersebut.

Menurut saya komunikasi adalah suatu tindakan manusia yang ingin bersosialisasi kepada individu dan kelompok lainnya, yang mana kodrat manusia adalah makhluk sosial. Yang saling berinteraksi satu sama lainnya, dan membentuk rasa keingintahuan setiap individu dan menjadikannya sebagai informasi yang didapat.

Namun dalam hal komunikasi ini banyak sekali tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan faktanya atau bisa dibilang adanya makna kebohongan. Akibat kecemasan atau adanya informasi yang membuat ia menjadi cemas, manusia terkadang bisa saja lupa dengan apa yang informasi awal ia dapatkan akibat kecemasan. Sehingga ia bisa saja akan melakukan kesalahan, dengan memberikan informasi yang salah.

Dan juga jika mereka mendapatkan informasi yang menarik, mereka juga cenderung ingin memberitahukan kepada orang lain, dan itu juga cenderung membuat kesalahan karena kurangnya ketelitian dalam hal komunikasi. Kemudian bisa juga ada oknum yang sengaja berbuat kebohongan dalam komunikasi dengan sengaja, karena itu bukan hanya itu saja, segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Apalagi di era seperti saat-saat sekarang ini, akibat tersebarnya virus covid 19. Yang mana saat ini bukan lagi hanya meliputi satu negara saja, namun juga menyerang negara-negara lainnya. Dan dari perkembangan virus covid 19 tersebut, telah membuat keresahan dan kecemasan bagi semua orang.

Dalam hal inilah mengapa sekarang komunikasi yang benar sangatlah diperlukan bagi semua orang, karena jika terdapat kesalahan dalam penyampaian komunikasi. Maka itu akan berdampak bagi semua orang yang menerima pesan dalam hal komunikasi tersebut, yang mengakibatkan salahnya informasi yang didapat, dan semuanya malah akan menjadi runyam atau tidak terkendali.

Ini juga seperti penilaian kesadaran, yang seharusnya tidak ada yang berusaha mengambil untung dalam keadaan seperti ini. Semuanya haruslah sama-sama bekerja sama, dengan adanya kesadaran dari masing-masing diharapkan semua orang untuk tidak saling memberikan informasi palsu.

Karena itulah kita sebagai warga negara yang saat ini sama-sama dalam masa kecemasan akibat virus covid 19, setidaknya kita memanfaatkan media massa sebaik mungkin dan bukan malah menyalah gunakannya seperti halnya mengumbar kebohongan dan kita anggap sebagai mainan, yang ternyata sangatlah berpengaruh.

Dan dalam hal komunikasi inilah kita perlu berhati-hati, baik kita yang menyampaikan maupun kita yang menerima. Diperlukan adanya ketelitian dan tidak hanya menelan mentah-mentah suatu informasi yang didapat dan menyebar luaskannya kepada orang lain, dan berakibat terjadinya kesalahan informasi baik yang disampaikan maupun yang diterima.

*Penulis adalah Mahasiswi Jurusan ilmu pemerintahan Universitas Abdurrab

Loading...
BERITA LAINNYA
Idul Adha, Berkorban Dalam Ketaatan
Jumat, 31 Juli 2020 | 16:10
Pentingnya Etika Bisnis Saat New Normal
Sabtu, 27 Juni 2020 | 10:27
Pentingnya Aturan Etika Saat Pandemi Covid-19
Kamis, 25 Juni 2020 | 13:16
Pandangan Islam Terhadap Korupsi
Selasa, 23 Juni 2020 | 13:34
Riba VS Penyelewengan Dana Covid-19
Kamis, 04 Juni 2020 | 08:16
Kesadaran Penting Kebenaran akan Komunikasi
Selasa, 02 Juni 2020 | 09:50
BERIKAN KOMENTAR
Top