• Home
  • Pekanbaru
  • Sejak September, Asap Kiriman Jambi Menumpuk di Riau

Sejak September, Asap Kiriman Jambi Menumpuk di Riau

Kamis, 19 September 2019 | 18:46
mcr
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) satelit Pekanbaru, sejak 1 September lalu hingga saat ini (Kamis, 19/9), asap tebal masih menyelimuti Riau.

Dalam data tersebut, dijelaskan bahwasanya kabut asap hasil kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyelimuti Riau tersebut berasal dari kebakaran yang terjadi di Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi. Kabut asap tersebut terlihat dari citra satelit MODIS, dan semakin menebal ke arah Riau.

Forecaster atau Prakirawan BMKG satelit Pekanbaru, Bibin Sulianto, menjelaskan citra sebaran asap pada hari ini pukul 08.00 WIB, masih terdeteksi asap di beberapa Provinsi di Indonesia dan bahkan di luar negeri.

"Asap ada di Riau, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Semenanjung Malaysia, Serawak Malaysia, dan Singapura," katanya.

Bibin menambahkan, arah angin dari Sumatera dan Kalimantan pada umumnya dari Tenggara-Selatan ke Barat Laut Utara, dan arah sebaran asap dari beberapa Provinsi di Riau mengarah ke arah barat laut.

"Terdeteksi adanya Transboundary haze dari Sumatera ke Singapura, Sumatera ke Semenanjung Malaysia, serta dari Kalimantan Barat ke Serawak Malaysia," ujar Bibin.

Selanjutnya ia menambahkan, perkiraan cuaca di Riau pada pagi hari cerah berawan yang berpotensi jarak pandang yang menurun diakibatkan oleh kekaburan udara akibat partikel seperti asap dan haze.

"Angin dari arah Jambi masih melewati Provinsi Riau, jadi kabut asap kiriman masih menumpuk di Riau," tutupnya. (MCR)


Loading...
BERITA LAINNYA
Pemko Pekanbaru Bentuk Tim Gesa Pembangunan KIT
Senin, 14 Oktober 2019 | 11:48
Dishub Pekanbaru Siapkan Jalur Truk Tonase Besar
Senin, 14 Oktober 2019 | 11:40
BMKG: Beberapa Hotspot Masih Terpantau di Sumatra
Senin, 14 Oktober 2019 | 11:30
BERIKAN KOMENTAR
Top