• Home
  • Dumai
  • Wali Kota Dumai H Paisal Silaturahmi dengn Para Petani dan Nelayan

Wali Kota Dumai H Paisal Silaturahmi dengn Para Petani dan Nelayan

Jumat, 05 Juli 2024 | 01:11
DUMAI, RIAUGREEN - Dalam rangka mendengarkan aspirasi para petani dan nelayan khususnyadi Kecamatan Dumai Selatan, Wali Kota Dumai H Paisal bersilaturahmi dengan petani dan nelayan yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Dumai Selatan, Kamis (4/7/2024).

Pertemuan yang diwadahi KTNA Kota Dumai itu berlangsung di Jalan Bangun Sari, Kelurahan Mekar Sari dengan mengusung tema "Bersinergi Bersama Pemerintah dalam Penyediaan Kebutuhan Pagan".

Hadir pula dalam acara ini Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Mukhlis Suzantri, Kepala Dinas Perikanan Kota Dumai H Afrilagan, Camat Dumai Selatan Wahyu Wicaksono, para Lurah se-Kec. Dumai Selatan, Ketua KTNA Kota Dumai yang diwakili Sekretaris Edi Purwanto, Ketua KTNA Kecamatan Dumai Selatan M. Jais dan Ketua RT setempat.

Silaturahmi tersebut berlangsung hangat penuh dengan suasana kekeluargaan. Terlihat, para perwakilan kelompok petani ataupun nelayan tempatan antusias melemparkan pendapat, pertanyaan serta masukan kepada orang nomor satu Dumai.

"Alhamdulillah, silaturahmi kami tadi bersama petani dan nelayan tempatan berjalan lancar. Tadi telah kami dengar beberapa persoalan yang kerap dihadapi oleh para petani dan nelayan. Insyaallah permintaan, masukan, dan sarannya akan kami akomodir secepatnya," ungkap H Paisal kepada tim peliput Kominfo Dumai.

Beberapa persoalan yang disampaikan para petani dan nelayan diantaranya terkait akses jalan usaha tani, kemudian peningkatan budidaya maggot (larva) untuk pakan ikan, pemasaran, dan peningkatan kesejahteraan baik petani dan nelayan , Kesejahteraan Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Ditambah pula dengan keinginan dari KTNA Kota Dumai untuk penyelenggaraan Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) dengan Kota Dumai sebagai tuan rumah Kota Dumai. Tentunya ini sebagai salah satu wadah promosi pertanian daerah Dumai yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 mendatang.

"Insyaallah secepat mungkin akan kita selesaikan. Kami dari pemerintah komitmen untuk membantu, tinggal semangat dan keseriusan dari para petani dan nelayan kita. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera terealisasi," tuturnya.

Pada momen ini, ia mengintruksikan OPD teknis terkait untuk melakukan berbagai strategi dan kebijakan guna mengintervensi permasalahan-permasalahan yang dihadapi insan pertanian.

H Paisal juga berharap kepada KTNA Kota Dumai selaku mitra strategis dan perpanjangan tangan pemerintah untuk dapat bersinergi mendorong percepatan pembangunan pertanian termasuk mengindentifikasi persoalan-persoalan yang dihadapi oleh petani dan nelayan di Kota Dumai secara menyeluruh.

"Kami optimis, dengan sinergi kita bersama semua persoalan yang dihadapi oleh para petani kita dapat tuntas sehingga kedepan hasil sektor pertanian dan perikanan Dumai semakin meningkat sejalan dengan kesejahteraan para petani dan nelayan Kota Dumai," pungkasnya.

BERITA LAINNYA
Dua Begal di Dumai Ditembak Polisi
Rabu, 03 Juli 2024 | 13:13
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top