• Home
  • Dumai
  • Seharusnya Capres 02 Peroleh 141 Suara Namun Ditulis 41 di TPS 10, KPU Dumai Meminta Maaf

Seharusnya Capres 02 Peroleh 141 Suara Namun Ditulis 41 di TPS 10, KPU Dumai Meminta Maaf

Jumat, 19 April 2019 | 15:58
DUMAI, RIAUGREEN.COM - KPU Dumai meminta maaf atas kejadian salah input data C1 di portal situng KPU, menurut data C1 perolehan suara capres nomor urut 02 Prabowo-Sandi di TPS 10 Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Kota.

Dalam situng tertera, paslon 01 Jokowi-Ma'ruf mendapat peroleh suara sebanyak 26, sedangkan paslon 02 Prabowo-Sandi mendapat perolehan 41. Untuk suara tidak sah terdapat 8 suara.

Padahal, tertera jumlah DPT sebanyak 230 pemilih, dengan partisipasi warga sebanyak 175. 

Maka seharusnya jumlah suara sah ada sebanyak 167. Namun, jika dijumlah dari peroleh suara Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi, jumlah suara sah hanya 67.

Benar saja, setelah melihat scan C1 yang tersedia di Situng KPU, ternyata terjadi kesalahan entri. Untuk data Jokowi-Ma'ruf sesuai dengan entri data dan scan C1, tapi perolehan suara Prabowo-Sandi terjadi kesalahan. Prabowo-Sandi di dalam scan C1 mendapat 141 suara, namun di entri data hanya 41.

Begini pernyataan KPU Dumai dalam website resminya.

Permohonan maaf kami sampaikan kepada masyarakat atas kesalahan input data C1 di portal SITUNG ( sistem penghitungan) yang tidak sengaja kami lakukan..

Untuk beberapa saat yang lalu telah terjadi kesalahan penginputan data C1 yang disajikan oleh  SITUNG kami KPU Kota Dumai, sehingga setelah mendapat informasi dari masyarakat yang beredar di media sosial, maka dapat kami sampaikan klarifikasi segai berikut :

Kamis 18 April 2019 pukul 11.00 WIB  Operator situng melakukan pembukaan amplop dokumen C1 yang pada amplop tersebut tertulis kecamatan Dumai Kota, kelurahan Laksamana TPS 10 dan dilakukan imput data lampiran C1 kelurahan tersebut dengan jumlah perolehan suara masing-masing pasangan calon.

Pukul 22.54 WIB kami mendapat informasi dari media sosial bahwa terjadi ketidak sesuaian data C1 dan data yang diinput oleh operator kami. Seketika itu juga dilakukan pengecekkan data yang diinput disandingkan dengan C 1 yang diterima.

Ternyata benar adanya bahwa data yang diimput operator keliru, dimana untuk TPS 10 tersebut perolehan suara sah Pasangan Calon Presiden 02 seharusnya 141 ternyata yang terinput

Atas kejadian ini operator melakukan pembetulan seketika itu, namun belum berhasil karena harus di unverified terlebih dahulu oleh operator tingkat KPU RI.dan berkoordinasi dengan Situng KPU Pusat.

Hingga pagi Jumat 19 April pembetulan dilakukan namun belum berhasil.

Bagi warga masyarakat yg telah mengkonsumsi informasi elektronik yang atas kesalahan kami, maka bersama ini kami Atas nama ketua KPU Kota Dumai, menyatakan minta maaf atas kekeliruan kami/kesalahan kami atas penyajian informasi pada portal situng, terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kami haturkan atas partisipasi warga masyarakat yang dengan cepat mengingatkan dan mengawal atas pekerjaan dan tugas yang kami lakukan. (r1)


Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top