• Home
  • Rohul
  • Kades Sukamaju Sebut Ambruknya Turap Penahan Tebing Akibat Faktor Alam

Kades Sukamaju Sebut Ambruknya Turap Penahan Tebing Akibat Faktor Alam

Jumat, 12 Januari 2018 | 11:15
Turap jebol akibat turun hujan di Desa Sukamaju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu Riau,
ROHUL, RIAUGREEN.COM - Turap penahan tebing di Dusun Patembang atau pasagang Desa Sukamaju Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu Riau, ambruk akibat turunnya hujan deras di wilayah Kecamatan tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Desa Sukamaju Suherdi didampingi Sekretaris Desa Anuar saat di konfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (11/01/2018).
 
Diterangkan Kades, pembangunan turap penahan tebing bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun 2017. Turap ini dibangun di lokasi tepian sungai pasagang kompleks Masjid Jamiathul Mukhlisin.

Pembangunan turap tersebut melalui hasil musyawarah penduduk desa dan tokoh masyarakat. Turap dibangun sepanjang 100 meter bukan hanya bersumber dari DD, juga dari aspirasi masyarakat.

"Sementara kalau melihat fisik bangunan sudah melalui prosedur atau sesuai bestek, namun akibat kondisi cuaca saat ini musim penghujan arus sungai deras dan tanah timbunan erosi (terkikis) dibawa arus sungai,yang mengakibatkan turap amblas," sebut Kades.
 
Dilanjut Kades, Pembangunan turap ini dilaksanakan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Sukamaju. TPK ini asli masyarakat Desa Sukamaju bukan orang dari luar Desa Sukamaju. Diperkirakan ambruknya turap penahan tebing sepanjang 15 meter.

Memang setelah selesai turap dibangun sepanjang 100 meter tinggi 2,5 meter dan tebalnya 40 centimeter, masyarakat dan pengurus mesjid menimbun tanah di sekitar turap.

"Karena turap belum begitu kuat menahan tanah, mengakibatkan turap retak dan disertai hujan akhirnya turappun ambruk. Tentang pengerjaan bangunan tersebut tidak ada masalah semua sesuai prodesur, hanya saja karena hujan deras. Untuk pengerjaan kembali turap tersebut akan dikerjakan oleh masyarakat dengan swadaya dari masyarakat," sebutnya.
  
Dijelaskan Kades, Permasalahan ini sudah disampaikan pada Camat Kecamatan Rambah dan juga pada Kapolsek Rambah secara lisan. Namun camat menyarankan akan membuat laporan secara tulisan, demikian sebut Suherdi. (don)
 


BERITA LAINNYA
Kadisdikpora Rohul Kukuhkan Pengurus FGPHSND
Senin, 22 Januari 2018 | 11:35
PAN Rohul: Menangkan Syamuar-Edi Natar Harga Mati
Jumat, 19 Januari 2018 | 19:35
Sekcam Ujungbatu Lantik 7 Perangkat Desa Ngaso
Rabu, 17 Januari 2018 | 13:57
BERIKAN KOMENTAR
Top