TOKYO, JEPANG, HONG KONG, RIAUGREEN.COMMedia OutReachESR Cayman Limited (disingkat ESR), platform logistik real estat terpusat terbesar di Asia Pasifik dan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), disingkat Mitsubishi Fuso, telah bekerja sama erat dalam reorganisasi komprehensif kegiatan logistik di Prefektur Kanagawa, Jepang.

Transaksi penting tersebut menghasilkan dua sewa baru antara ESR dan Mitsubishi Fuso dan revisi besar dari kontrak ketiga. Langkah ini melibatkan dua proyek taman utama ESR yang sedang dikembangkan di Tokyo, dengan luas konstruksi gabungan sekitar 900.000 meter persegi dan nilai penyelesaian yang diharapkan lebih dari 3,0 Miliar USD.

Proyek Higashi Ogishima

Para pihak telah setuju untuk memindahkan pengoperasian parkir mobil domestik 1.200 truk dari Mitsubishi Fuso dari situs bersejarahnya di Higashi Ogishima, yang telah dikendalikan ESR sejak 2016. Situs kosong seluas 8 hektar saat ini sedang dalam pengembangan sebagai fase pertama ESR Higashi Ogishima. Pembangunan Higashi Ogishima DC 1 dengan luas 310.000 meter persegi akan dimulai bulan depan untuk rencana serah terima pada Desember 2022.

Dengan desain gudang 9 lantai pertama di Jepang serta solusi keberlanjutan yang canggih, ESR Higashi Ogishima Park akan menetapkan standar baru untuk desain pusat distribusi, dimana integrasi optimal ke dalam struktur perkotaan tercapai dan mengurangi dampak lingkungan tanpa mengorbankan fungsi dan hasil bangunan. Unit e-commerce dan logistik pihak ketiga (3PL) yang memilih untuk beroperasi di ESR Higashi Ogishima akan menikmati kedekatannya dengan Bandara Haneda dan 23 distrik Tokyo serta ekosistem pendukung dengan lokasi sinkron layanan tambahan, termasuk fasilitas penitipan anak dari mitra ESR BARNKLÜBB™.

ESR Yokohama Sachiura Park

Mitsubishi FUSO telah memilih untuk terus mendistribusikan kendaraan lengkapnya di dalam negeri di taman distribusi ESR lain di wilayah Tokyo Raya, ESR Yokohama Sachiura. Lebih khusus lagi, Mitsubishi FUSO akan beroperasi dari area perluasan seluas 15 hektar yang disiapkan oleh ESR untuk kebutuhan ruang logistik yang disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, Mitsubishi FUSO telah mencadangkan 4 hektar area yang berdekatan untuk memungkinkan ESR mengkonsolidasikan potensi masa depan dari operasi logistik lainnya menjadi fasilitas gedung yang sesuai untuk dikembangkan oleh ESR.

Untuk konfirmasi lebih lanjut dari taman ESR Yokohama Sachiura, Mitsubishi FUSO juga memilih untuk mencari operasi tambahan dalam pembangunan DC1. Oleh karena itu, ESR Yokohama Sachiura Park, yang sedang dalam pengembangan, akan mencapai tingkat pra-penyelesaian 38% dengan sewa bersih sekitar 350.000 meter persegi.

“Transaksi ini sangat memuaskan karena memperkenalkan beberapa elemen pembeda dari kapabilitas utama platform ESR. Jelas hal itu memungkinkan land bank kami yang paling berharga untuk tumbuh tepat waktu menjadi produk ESR yang paling canggih hingga saat ini. Ini juga membantu kami untuk memperkuat hubungan kami dengan Mitsubishi FUSO, telah menjadi mitra yang sangat baik dan sama-sama tertarik dalam menghadirkan solusi inovatif kepada grup bersama pelanggan logistik pihak ketiga kami dengan rangkaian produk kendaraan komersial premium mereka,” ungkap Stuart Gibson, Co-founder dan Co-CEO ESR, dalam keterangannya, Kamis (27/11/2020).

Arne Barden, Kepala Manajemen Rantai Pasokan Mitsubishi Fuso juga menyambut baik transaksi tersebut, “Situs Sachiura Yokohama ESR berlokasi strategis di Prefektur Kanagawa dan akan mendorong peningkatan berkelanjutan yang kami buat dalam operasi kami. Kami berharap dapat bekerja dengan ESR dalam keberlanjutan inisiatif logistik perkotaan.” tuturnya.

Stefan Rödler, Kepala Real Estat Asia-Pasifik di perusahaan induk Mitsubishi Fuso, Daimler AG, yang memimpin tim lokal melalui negosiasi selama setahun menyimpulkan, ESR telah terbukti menjadi mitra yang andal dan inovatif dan kami berharap dapat memperluas kemitraan di seluruh wilayah geografis lain untuk menyediakan unit bisnis Daimler dengan tingkat layanan yang sama.

Terkait soal tren di industri, Stuart Gibson menyebutkan, bahwa transaksi ini menunjukkan pilihan lama ESR untuk menargetkan fasilitas yang lebih besar dan lebih padat modal, termasuk tempat yang membutuhkan kesabaran dan pekerjaan manajemen aset strategis , dimaksudkan untuk mengejar audiens yang besar dengan penyewa gedung dan taman yang disukai oleh penghuni.

“Kemampuan semua tim ESR untuk mengubah kurva fungsional menjadi salah satu transaksi yang lebih kompleks akan membantu ESR dan investornya dengan baik di pasar yang semakin kompetitif,” tegas Stuart.

Menambah komentar lebih lanjut dari Stuart Gibson, Pierre-Alexandre Humblot, Direktur Pelaksana ESR Fund Management and Capital, menekankan peran sentral dari dua dana pembangunan terkait RJLF2 dan RJLF3dan perwakilan investor mereka. Penjualan Proyek Higashi Ogishima Tahap 1 melibatkan percepatan divestasi RJLF2, sementara juga memungkinkan RJLF3 menyelesaikan implementasi ekuitas senilai sekitar 600 juta USD hanya dalam waktu 18 bulan dari tahap investasi.