BJ Habibie Tegaskan Bumi Itu Bulat, Bukan Datar

Selasa, 09 Januari 2018 | 10:00
Presiden ke-3 Indonesia, Baharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie)
RIAUGREEN.COM - Presiden ke-3 Indonesia, Baharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie), menyatakan teori bumi datar itu salah. Dia menekankan bahwa bumi itu bulat. Hal itu ia sampaikan saat wawancara dengan Najwa Shihab di akun channel YouTube Najwa.

Video yang berjudul "Eyang Habibie Menjawab Soal Pesawat, Bumi Datar, dan Alien" itu diunggah pada 22 Desember 2017. Hingga berita ini diturunkan, video ini telah ditonton lebih dari 298 ribu kali.

Dalam video tersebut, Najwa membacakan dua pertanyaan yang diajukan netizen melalui media sosial Instagram. Pertanyaan pertama mengenai alien.

"Saya ingin bertanya, apakah eyang percaya kehidupan di luar bumi selain manusia (alien)? Terima kasih. Salam cinta dan hormat untuk eyang Habibie dan Mbak Najwa," kata Najwa, membacakan pertanyaan dari akun @Pransienda.

"Eyang percaya sama alien?" Najwa mengulang pertanyaan. Pria kelahiran Pare-Pare, 25 Juni 1936, itu langsung menyambut pertanyaan itu dengan lugas, "Sampai sekarang tidak ada bukti dari sudut ilmu pengetahuan, bahwa planet di sekitar kita ada kehidupan. Kondisi juga tidak memungkinkan. Entah itu suhu terlalu tinggi, tidak ada cairan, atau terlalu dingin. Paling menguntungkan itu di bumi."

Habibie menjelaskan, bumi itu nyaman. Planet ini, dia menjelaskan, terlindungi medan magnet yang bisa menolak radiasi kosmos dan sinar ultraviolet yang membahayakan manusia.

"Jadi, karena tidak ada bukti, eyang tidak percaya?" Najwa kembali bertanya.

"Tidak percaya," jawab sang profesor.

Najwa kemudian membacakan pertanyaan kedua. Kali ini mengenai teori bumi datar. "Assalamualaikum eyang, mau nanya. Eyang percaya sama teori bumi datar, enggak?" kata Najwa, mengutip pertanyaan dari akun Instagram @Rezhara.

Mendengar itu, Habibie tergelak, "Apa maksudnya?"

"Bumi datar, Eyang. Flat earth," ucap Najwa.

"Tidak. Kita kan tahu persis bumi itu bulat," ujar Habibie.

source:tempo.co

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top