• Home
  • Dumai
  • dr. Syaipul: Satu Pasien PDP di Dumai Positif Corona

dr. Syaipul: Satu Pasien PDP di Dumai Positif Corona

Kamis, 02 April 2020 | 14:31
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Hasil rapid test atau tes cepat virus corona di Kota Dumai menemukan 1 pasien dalam pengawasan (PDP) positif terinfeksi virus corona atau COVID-19.

Juru bicara gugus tugas COVID-19 Kota Dumai dr. Syaipul yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Dumai membenarkan ada 1 PDP Positif Corona hasil Rapid Test.

"Sebanyak 11 orang PDP COVID-19 di Kota Dumai sudah kita periksa menggunakan rapid test, hasil pemeriksaan menggunakan Rapid Test 1 PDP positif Corona," kata dr. Syaipul, dikutip dari halloriau.com, Kamis (2/4/2020).

Lanjutnya, orang yang diketahui positif corona melalui pemeriksaan rapid test akan dilakukan tes lanjutan dalam bentuk test swab.

"Setelah dilakukan tes swab dan PCR baru bisa dilihat hasil akhirnya," tambahnya.

Bagi 1 PDP yang dinyatakan positif, lanjut dia, akan dilakukan pelacakan riwayat kontak oleh tim Gugus Tugas bersama Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Dumai.

Tim akan mencari riwayat kontak PDP secara berjenjang dari lingkungan yang paling dekat yaitu keluarga dan kemudian lingkungan yang terhubung dengan mereka yang dinyatakan PDP.

Terkait hasil pemeriksaan Swab dan PCR terhadap 1 PDP tersebut, Syaipul menjelaskan bahwa pihaknya masih menunggu dari Dinas Kesehatan Provinsi.

Syaipul mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus melakukan upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Dumai salah satunya dengan rapid test.

"Gugus Tugas COVID-19 Kota Dumai mendapat bantuan 600 alat Rapid Test dari Pemerintah Provinsi. Alat tersebut kita prioritaskan untuk memeriksa PDP Virus Corona di kota Dumai guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Dumai," sebutnya.

Terakhir Syaipul menghimbau agar masyarakat tidak panik namun tetap waspada.

"Masyarakat agar jangan panik, namun tetap waspada. Patuhi himbauan yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk mencegah penyebaran dan penularan virus Corona atau COVID-19," pungkasnya. (Ms)

Loading...
BERITA LAINNYA
Hampir 2 Bulan Dirawat Pasien 01 Pulamg
Senin, 18 Mei 2020 | 11:35
BERIKAN KOMENTAR
Top