• Home
  • Dumai
  • PT Inti Benua Perkasa Diberi Sanksi, Namun DLH Dumai Belum Uji Sample

PT Inti Benua Perkasa Diberi Sanksi, Namun DLH Dumai Belum Uji Sample

Selasa, 13 Agustus 2019 | 15:12
Tampak tumpukan limbah B3 sisa pembakaran Batu Bara milik PT. IBP

DUMAI, RIAUGREEN.COM  - PT. Inti Benua Perkasatama Dumai dijatuhi sanksi administrasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai dan diwajibkan membersihkan lingkungan yang terdampak akibat pembuangan dan penimbunan limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya) di lokasi poll milik perusahaan tersebut.

"Kita sudah berikan teguran, sanksi administrasi dan PT. IBP wajib membersihkan lingkungan yang terdampak akibat penimbunan limbah B3 tersebut," kata Kepala DLH Kota Dumai, Satrio Wibowo, AP, M.Si, saat dikonfirmasi wartawan melalui telpon sellulernya.

Disoal, bagaimana memastikan bahwa PT. IBP benar-benar melaksanakan sebagaimana diperintahkan sesuai dengan sanksi yang diberi, Bowo-panggilan akrabnya- menjelaskan, pihaknya akan melakukan chrosschek ke lapangan.

Namun, saat disoal lanjutan bagaimana memastikan bahwa lingkungan, baik tanah maupun air yang terdampak benar-benar clear, Bowo dengan agak gagap mengatakan pihaknya belum mengambil sample, apalagi sampai uji laboratorium.

Bowo menjelaskan bahwa instansi yang dipimpinnya memiliki keterbatasan tenaga skill (sumber daya manusia) dan juga keterbatasan anggaran.

"Untuk pengambilan sample harus orang yang memiliki sertifikasi, kita belum memiliki sumber dayanya. Jika diserahkan kepada pihak ketiga untuk melaksanakannya, kita tidak memiliki anggaran untuk membayarnya," kata Bowo

Sementara, Humas PT. IBP, Sarmin saat dikonfirmasi baik melalui telpon sellulernya atau via chatting whatstapp tidak mengindahkan. Bahkan ketika dihubungi berulangkali, tetap memilih tidak mengangkat, meskipun telpon sellulernya aktif. (rul)


Loading...
BERITA LAINNYA
Dua lokasi di Dumai Kembali Digeledah KPK
Selasa, 13 Agustus 2019 | 15:09
MTQ XVI Kota Dumai akan Diikuti 187 Peserta
Rabu, 31 Juli 2019 | 18:51
“Gelorakan Semangat Mencintai Keluarga”
Selasa, 30 Juli 2019 | 08:52
BERIKAN KOMENTAR
Top