• Home
  • GreenStyle
  • Pentingnya Camilan Sehat untuk Balita yang Perlu Ibu Tahu!

Pentingnya Camilan Sehat untuk Balita yang Perlu Ibu Tahu!

Kamis, 30 November 2023 | 19:46
net
RIAUGREEN.COM - Camilan sehat untuk balita merupakan asupan yang tak kalah penting dari makanan utama, dan harus diberikan secara teratur.

Usia balita merupakan masa si kecil belajar mengenal dan mencoba berbagai jenis makanan baru. Sebagai orangtua, kita punya peran penting untuk memilah makanan terbaik demi mendukung tumbuh kembangnya.

Selain makanan utama, bunda juga perlu memerhatikan camilan sehat untuk balita. Lantas, mengapa camilan juga penting untuk diberikan kepada si kecil'

1. Memberi Energi

Camilan sehat membantu menyediakan energi dan zat gizi yang diperlukan tubuh untuk tumbuh dan berkembang, serta untuk membantu menjaga kesehatan si kecil.

Camilan membantu balita memenuhi kebutuhannya karena balita biasanya tidak bisa makan banyak, apalagi jika makan sambil duduk, balita pada umumnya tidak betah jika harus duduk terlalu lama.

2. Menjaga Si Kecil agar Tidak Terlalu Lapar

Camilan berfungsi untuk menjaga agar anak tidak terlalu lapar di antara waktu makan, sehingga anak tidak makan berlebihan pada waktu makan utama.

Hal ini dapat membantu anak mengukur porsi makannya dan mencegah anak makan berlebih karena faktor emosional. Snack juga dapat mencegah kebosanan si kecil terhadap makanan.

3. Ukuran Lambung yang Masih Kecil

Lambung anak masih kecil, tidak seperti lambung orang dewasa yang sudah bisa menampung banyak makanan dalam sekali makan. Karenanya, anak disarankan untuk makan dalam porsi kecil tetapi sering.

Jika anak hanya makan 3 kali per hari seperti orang dewasa, maka kebutuhan nutrisi anak tidak dapat dipenuhi.

4. Menjadi Opsi saat Anak GTM

Anak suka melakukan GTM atau gerakan tutup mulut secara tiba-tiba. Hal ini bisa terjadi jika mereka bosan dengan makanan yang biasa Anda suguhkan, atau memiliki trauma saat menyantap makanan tersebut.
 
Anda bisa memberikan camilan sebagai solusi tercepat agar anak tetap mengonsumsi sesuatu guna mencegah lapar dan juga menjaga mereka untuk tetap mendapatkan nutrisi.

5. Membantu Memberi Nutrisi Tambahan

Camilan atau snack akan membantu memberikan asupan nutrisi tambahan ketika makanan utama kurang mampu memenuhi kebutuhan zat gizi harian balita.

Di sisi lain, camilan sehat untuk balita juga bisa berguna sebagai pengganjal perut sebelum waktu makan utamanya tiba. Meski namanya camilan, tapi penting untuk tetap mempertimbangkan kandungan gizinya sebelum menyajikan untuk si kecil.

Untuk itu, jangan sembarangan memberikan camilan pada balita. Apalagi kalau kandungan nutrisinya tidak jelas. Pilih Vegipuff, camilan sehat organik untuk balita dengan variasi rasa yang lezat dan beragam!

sumber: okezone.com

BERITA LAINNYA
Apa Saja 7 Jajanan Murah dan Paling Disukai'
Jumat, 01 Maret 2024 | 21:43
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top