KUALA LUMPUR, MALAYSIA, RIAUGREEN.COM – Media OutReach – Secara global, kanker payudara adalah jenis kanker non-melanoma kedua yang paling umum, setelah kanker paru-paru, dan penyebab kematian akibat kanker kelima yang paling umum.

Di Malaysia, ini juga merupakan kanker paling umum secara nasional. Bertepatan dengan tema Bulan Peduli Kanker Payudara tahun ini, Living Beyond Breast Cancer, Malaysia bersiap untuk memperkuat kehebatannya sebagai Pusat Perawatan Kanker Terbaik di kawasan ini.

Sejak pusat perawatan kanker pertama dibuka pada tahun 1981, Malaysia telah memperoleh pengakuan internasional atas kualitas perawatannya. Baru-baru ini, negara ini dinobatkan sebagai negara kedua dalam perawatan dan pemberian pengobatan kanker di Asia Pasifik dan negara ketiga yang paling siap secara keseluruhan oleh Economist Intelligence Unit.

Waktu sangat penting dalam hal perawatan kanker. Ini adalah pertimbangan yang sangat penting bagi wisatawan medis. Kabar baiknya adalah bahwa fasilitas kesehatan di Malaysia berkomitmen untuk menyediakan perawatan onkologi yang lancar dan efisien.

“Pusat Perawatan Payudara kami, yang merupakan pusat terpadu untuk skrining, diagnosis dan pengobatan, mampu memberikan diagnosis dalam waktu 48 jam. Faktanya, di sini, Anda bisa mendapatkan semua yang Anda butuhkan di bawah satu atap, mulai dari pencitraan dan mammogram hingga perawatan, dalam rentang waktu yang sangat singkat,” kata Dr. Patricia Alison Gomez, Konsultan Bedah Payudara di Pantai Hospital Kuala Lumpur, sebelum menyebutkan terapi radiasi intraoperatif (IORT) sebagai perkembangan yang relatif baru yang dapat mempersingkat waktu perawatan secara signifikan.

Ini akan lebih memudahkan pasien kanker, karena daripada harus menunggu selama satu bulan atau mungkin lebih lama, mereka dapat menyelesaikan pengobatan mereka hanya dalam 10 sampai 14 hari.

“IORT adalah sistem radioterapi revolusioner yang digunakan untuk pengobatan kanker payudara stadium awal untuk kasus tertentu. Seperti namanya, ini sebenarnya adalah terapi radiasi yang diberikan secara bersamaan selama operasi pengangkatan tumor. Manfaat IORT adalah hanya diperlukan satu dosis terapi, sedangkan metode radioterapi sinar eksternal konvensional membutuhkan tiga hingga lima minggu,” tambah Dr. Teoh Mei Shi, Ahli Bedah Payudara, Endokrin dan Umum di Pusat Spesialis Loh Guan Lye.

Bagian integral dalam memastikan perawatan onkologi yang lancar adalah sinergi tim multidisiplin yang memprioritaskan kesejahteraan pasien.

“Di Subang Jaya Medical Centre, kami memiliki tim spesialis, mulai dari ahli bedah payudara dan ahli onkologi hingga ahli radiologi dan patologi, di samping modalitas pengobatan dan alat investigasi untuk mengobati kanker payudara di setiap tahap. Kami bahkan memiliki perawat khusus perawatan payudara untuk membantu pasien memahami fase perawatan, pemulihan, dan rehabilitasi mereka. Pertemuan dewan tumor diadakan secara teratur untuk membahas kasus dan mencapai keputusan kolektif tentang manajemen pasien,” kata Dr. Daphne Anthonysamy, Konsultan Ahli Bedah Payudara dan Endokrin di sana.

Dengan kemajuan dalam perawatan onkologi, efek sampingnya telah berkurang secara signifikan. “Ambil kemoterapi, misalnya. Saat ini, kami dapat menawarkan berbagai perawatan untuk membatasi efek samping. Faktanya, sebagian besar pasien mengalami mual atau muntah minimal saat ini. Selain itu, ada juga perawatan pendinginan kulit kepala untuk mencegah rambut rontok dan perawatan dingin tertentu yang dapat melindungi saraf dari kerusakan akibat kemoterapi. Oleh karena itu, sebagian besar pasien dapat menyelesaikan kemoterapi dan kembali menjalani kehidupan yang utuh,” jelas Dr. Kiley Loh, Konsultan Onkologi Medis di Penang Adventist Hospital.

Dengan berbagai layanan onkologi yang mencakup teknologi pencitraan dan deteksi kanker inovatif yang ditawarkan, Malaysia Healthcare terus bergerak maju sebagai Pusat Keunggulan Perawatan Kanker. Hal ini semakin diperkuat oleh sistem perawatan kesehatan yang sangat baik di negara ini, yang memudahkan para wisatawan medis untuk memperoleh perawatan kanker yang komprehensif dengan segera di tempat tujuan yang aman dan terpercaya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Malaysia Healthcare dan layanannya, silakan kunjungi https://malaysiahealthcare.org/ atau kunjungi feed sosial kami di: www.facebook.com/MHTCMalaysia atau di LinkedIn (Malaysia Healthcare Travel Council).