• Home
  • Pelalawan
  • Kunjungi Desa Serapung, Adi Sukemi Ajak Pemuda Lestarikan Permainan Air Jong Katel

Kunjungi Desa Serapung, Adi Sukemi Ajak Pemuda Lestarikan Permainan Air Jong Katel

Senin, 20 Februari 2017 | 11:59
foto : angga
Ketua KNPI Pelalawan, Adi Sukemi, saat menghadiri pertandingan Jong Katel di Desa Serapung, Kuala Kampar
PELALAWAN,RIAUGREEN.COM -Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pelalawan, Adi Sukemi dalam kunjungan ke Desa Serapung Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan, mengajak pemuda Desa Serapung untuk melestarikan permainan tradisional Jong Katel, hal itu disampaikan Adi Sukemi saat membuka acara perlombaan Jong Katel, Sabtu (18/2/2017).


Jong Katel adalah salah satu Pemainan Tradisional Masyarakat pesisir dan kepulauan khas melayu, permainan Jong Katel ini merupakan permainan dengan menggunakan replika perahu layar, berukuran 1,5 meter.

salah seorang warga yang membuat Jong Katel, Zul Efendi mengatakan tidak semua warga Desa Serapung bisa membuat Jong Katel, "Jong Katel ini memiliki arti perahu kemudi bang, Jong berarti perahu,dan Katel merupakan perahu kecil yang menjadi penyeimbang dan kemudi,  tidak semua warga bisa membuat Jong Katel ini bang, karena proses pembuatannya yang butuh keseriusan dan keahlian, "tukasnya.


Sementara itu, kepada RiauGreen.com, Ketua KNPI Pelalawan, Adi Sukemi, menyebutkan bahwa permainan tradisional Jong Katel sudah dipertandingkan di Kepulauan Riau, "untuk pertandingan hari ini saja pesertanya berjumlah hampir dua ratus orang dari berbagai desa pesisir sungai, nah dalam waktu dekat Desa Serapung ini akan mewakili Kabupaten Pelalawan untuk mengikuti pertandingan Jong Katel di Kepri nanti, "Ujar Adi Sukemi. (Angga)




BERITA LAINNYA
Diskominfo Pelalawan 'Gandeng' PWI
Jumat, 08 Desember 2023 | 10:56
Kadis PUPR: Jalan Kota Masih Kewenangan Pusat
Kamis, 30 Juni 2022 | 15:25
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top