• Home
  • Meranti
  • Desa Sungai Cina Didatangi Tim Penilai Lomba PHBS Dari Provinsi Riau

Desa Sungai Cina Didatangi Tim Penilai Lomba PHBS Dari Provinsi Riau

Selasa, 17 September 2019 | 16:40
MERANTI, RIAUGREEN.COM - Tim Penilai Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dari Provinsi Riau melakukan penilaian terhadap desa Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti. Selasa, (17/9/2019).

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kepulauan Meranti Drg Ruswita, melalui Sekretarisnya Asrul Meldi didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat Muhammad Hasrin SKM, mengungkapkan bahwa Tim Penilai Lomba PHBS dari provinsi Riau telah melakukan penilaian terhadap desa Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat pada Selasa, (17/09/2019). 

Asrul menjelaskan, PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan dapat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. 

"Desa Sungai Cina merupakan desa perwakilan kabupaten Kepulauan Meranti dalam lomba PHBS tingkat Provinsi Riau dan ini langsung dinilai dari Tim Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan Provinsi dan Tim Penggerak PKK Provinsi, " ungkapnya. 

Asrul juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. Jadi kebersihan tidak hanya saat mengikuti lomba saja saja akan tetapi diterapkan setiap saat.

"Mari sama-sama kita melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat," harapnya.

Dibeberkan Asrul, dalam lomba itu ada 10 kategori yang menjadi penilaian, diantaranya, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang bayi dan balita, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah.

"Dari beberapa kategori yang dinilai tersebut, desa Sungai Cina sudah memenuhinya. Jadi kita tunggu hasilnya, Mudah-mudahan mendapatkan hasil yang terbaik nantinya," harapnya. (usu)

BERITA LAINNYA
Penindakan 19.800 Kg Mangga Ilegal
Kamis, 14 Maret 2024 | 11:19
Plt Bupati Asmar Lantik 8 Pejabat Eselon II
Senin, 08 Januari 2024 | 13:51
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top