• Home
  • MediaOutReach
  • SJIS Sukses Terapkan Model Pembelajaran Online selama Pandemi COVID-19

SJIS Sukses Terapkan Model Pembelajaran Online selama Pandemi COVID-19

Selasa, 26 Mei 2020 | 11:40

KUALA LUMPUR, MALAYSIA, RIAUGREEN.COM Media OutReach – Meskipun sekolah-sekolah di Malaysia masih ditutup secara fisik. Namun banyak upaya dilakukan untuk menjaga momentum akademik siswa selama masa-masa sulit tahun ajaran ini. Seperti Sekolah Dasar dan Menengah Internasional St. John (SJIS) Malaysia, selalu berusaha untuk mempertahankan motivasi belajar siswa, melalui pembelajaran online. SJIS telah membawa seluruh pengalaman pembelajaran online, dengan kurikulum virtual yang terstruktur sepenuhnya untuk siswa sekolah dasar dan menengah. Bahkan, solusi pembelajaran online ini sangat efektif sehingga sekolah telah menerapkan "online Open Days'" untuk memungkinkan calon wali murid berkesempatan mendapat promosi layanan SJIS secara Virtual.

SJIS memiliki reputasi yang sangat baik untuk tradisi pendidikannya, sehingga menjaga kualitas pendidikan dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan bagi para siswanya. Suresh Dass, COO & Kepala Eksekutif SJIS mengatakan, semua dokumen dikelola untuk penggunaan offline, buku kerja saat ini dikonversi ke dalam Formulir Google untuk pengiriman dan umpan balik. Selain itu SJIS juga merencanakan tes cepat ketika sekolah kembali beraktifitas secara normal

Inisiatif ini digabungkan dan diprogram dengan cepat untuk meminimalkan gangguan, sehingga menuai pujian dari wali murid. Meskipun kesulitan dalam menciptakan lingkungan kelas seperti biasa, kemampuan untuk mengajar teknologi sudah cukup untuk memastikan partisipasi yang efektif di antara siswa. Tingkat partisipasi siswa online rata-rata lebih dari 90%, dengan banyak mata pelajaran memiliki tingkat partisipasi 100%.

Ritika Chopra, Wali Murid dari Siswa Kelas 8, memuji inisiatif SJIS dalam Menyediakan cara mengajar yang benar dan tepat untuk anak-anak melalui pembelajaran virtual, sementara Abu Mohammed, wali Murid dari siswa sekolah dasar juga senang dengan upaya para guru untuk memberikan perhatian individu kepada setiap siswa. Membuat kelas se-interaktif mungkin, bahkan melibatkan siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.

Selain pelajaran seperti biasanya, SJIS juga menggunakan peluang online untuk menawarkan kelas dan kursus di web seperti "Menulis Kreatif 101" serta sesi seni interaktif.
Dengan keberhasilan mengubah sekolah reguler menjadi pengalaman online yang disinkronkan bagi siswa, SJIS telah menciptakan promosi virtual bagi calon wali Murid dalam bentuk "Open Date Online". Sesi 15 menit ini dilakukan melalui platform Zoom, dengan informasi tentang visi dan misi sekolah, program akademik dan kegiatan ekstrakurikuler, serta struktur biaya.

Promosi virtual dapat dilakukan sepanjang minggu, dengan peserta didorong untuk merencanakan kunjungan sacara fisik pada hari Sabtu. Testimoni siswa dan tur video juga tersedia berdasarkan permintaan.

Inisiatif yang tepat dari sekolah dan respons positif dari siswa dan Wali Murid, serta kemampuannya untuk merespons secara proaktif terhadap situasi yang menantang, SJIS benar-benar menghadapi masa depan yang cerah. Masalah abad ke-21 membutuhkan solusi teknologi tepat waktu, terutama menghadapi perkembangan pandemi saat ini yang melanda dunia.

SJIS adalah sekolah afiliasi La Salle yang bekerja sama dengan De La Salle Brothers, Malaysia. SJIS menghadirkan lingkungan baru bagi siswa dari berbagai budaya dan latar belakang untuk dibina dalam pendidikan, olahraga, dan keunggulan kegiatan ekstrakurikuler. Guru dan staf SJIS dipilih dengan cermat, wawasan berdasarkan pendidikan dan kompetensi pedagogis. Mereka dipilih karena minat mereka dalam mendidik siswa, dapat memberikan pengetahuan dan metode pendidikan berkualitas tinggi melalui penggunaan peralatan dan teknologi terbaru untuk mempersiapkan siswa menyonsong abad ke-21.


Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top