• Home
  • Dumai
  • Sosialisasi Penyelenggaraan Pemanfaatan Sertifikat Online

Sosialisasi Penyelenggaraan Pemanfaatan Sertifikat Online

Kamis, 11 Juli 2019 | 12:12
DUMAI, RIAUGREEN.COM– Asisten III Setdako Dumai H. Khairil Adli yang didampingi oleh Kadis Kominfo Dumai Muhammad Fauzan membuka secara langsung Sosialisasi Penyelenggaraan Pemanfaatan Sertifikat Online di gedung Sri Bunga Tanjung Pendopo Dumai. Rabu (10/07/2019).

Sosialisasi tersebut dilaksanakan seiring dengan disahkan Peraturan Menteri Kominfo No.11/2018 tentang penyelenggaraan sertifikat elektronik. Otentik BPPT telah memperoleh pengakuan sebagai Penyelenggara Sistem Teknologi Eletronik (PSTE) dengan status tedaftar untuk lingkungan instansi pemerintah.

Pada kata sambutan Walikota Dumai dalam hal ini yang disampaikan oleh Asisten III Setdako Dumai H. Khairil Adli mengatakan, "Sertifikat elektronik merupakan salah satu cara memberikan jaminan keamanan transaksi elektronik dalam mendukung tata pemerintah yang dilaksanakan secara elektronik. Sertifikat elektronik sangat praktis karena kita tidak perlu membawa cukup banyak materiil untuk melakukan tanda tangan digital ataupun menambahkan sertifikat digital pada suatu dokumen." Ujarnya.

"Sertifikat elektronik memberikan jaminan otentikasi data karena dapat menunjukkan langsung pemilik dari sertifikat di dalam suatu dokumen, kemudian integritas karena pada sertifikat elektronik menjamin keutuhan data dengan melihat apakah ada suatu perubahan di dalam dokumen yang telah ditandatangani, dan anti penyangkalan karena dapat langsung dibuktikan waktu penandatangan serta dapat menyangkal pemalsuan dari suatu  keutuhan data.

Selanjutnya Asisten III Setdako Dumai H. Khairil Adli menambahkan, "Saya mengharapkan kepada narasumber agar memberikan pemahaman yang baik dan benar kepada seluruh pelaku peserta sosialisasi, saya berharap kedepannya kita bisa menjalin kerjasama yang lebih erat antara Pemerintah Kota Dumai dan Balai Sertifikat Elektronik untuk menjembatani dan memberikan saran dan solusi kepada kami terkait sertifikat elektronik." Ungkapnya Adli diakhir penutup sambutannya.

Sambutan Plt. Kadis Kominfo Drs. Muhammad Fauzan menyebutkan, "PT. Indonesia Digital Kreasitama (ID kreasi) sebagai salah satu Penyelenggara Sistem Elektronik saat ini telah dipercaya sebagai partner Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi melalui Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi dalam Pemanfaatan Sertifikat dan Tanda Tangan Elektronik di Lingkungan Pemerintah melalui produk iOtentik yang dikembangkan oleh BJIK (Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi)." Ujarnya.

Selanjutnya Muhammad Fauzan menambahkan, "Semoga nanti sertifikat elektronik ini bisa dimanfaatkan oleh lembaga pemerintah yang lain yang memerlukan adanya pengamanan dokumen digital, "pungkasnya Kadiskominfo dipenutup pidatonya.

Narasumber Zainal Suhardono dari Balai Sertifikat Elektronik (BSrE) Jakarta menjelaskan, "Seperti yang sudah kita ketahui, Sertifikat elektronik telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11  Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Sertifikat Elektronik saat ini dapat memberikan jaminan otentikasi data, integritas, anti penyangkalan, dan kerahasiaan. Pemanfaatan Sertifikat Elektronik yang telah dicantumkan dalam Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tersebut bahwa setiap Penyelenggara Transaksi Elektronik dalam lingkup publik atau privat yang menggunakan sistem elektronik untuk kepentingan pelayanan publik wajib menggunakan sertifikat kendalan dan/atau sertifikat elektronik. Layanan sertifikat elektronik ini membuktikan bahwa peranan persandian tidak lagi hanya sebatas pada pengamanan informasi berklarifikasi / rahasia namun juga pemenuhan pada kebutuhan pengamanan pada informasi publik untuk memberikan jaminan otentikasi data, integritas, anti penyangkalan, dan kerahasiaan.

Sebagai informasi, tim Otentik BPPT juga telah mendemokan pemanfaatan sertifikat elektronik dengan melakukan tanda tangan dokumen elektronik ini secara online.

Tanda tangan elektronik beserta timestamp dapat dilekatkan pada dokumen maupun transaksi elektronik yang didukung oleh keotentikan data pribadi yang telah diregistrasi dan diverifikasi.(dsk)

Loading...
BERITA LAINNYA
Dua lokasi di Dumai Kembali Digeledah KPK
Selasa, 13 Agustus 2019 | 15:09
MTQ XVI Kota Dumai akan Diikuti 187 Peserta
Rabu, 31 Juli 2019 | 18:51
“Gelorakan Semangat Mencintai Keluarga”
Selasa, 30 Juli 2019 | 08:52
BERIKAN KOMENTAR
Top