• Home
  • Pekanbaru
  • LPPM Unilak Gelar Seminar Nasional Bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa Pemrov Riau

LPPM Unilak Gelar Seminar Nasional Bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa Pemrov Riau

Kamis, 29 Juli 2021 | 13:55
mcr
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lancang Kuning (LPPM Unilak) menggelar Seminar Nasional Karya Ilmiah Multi Disiplin bagi mahasiswa penerima beasiswa Pemprov Riau yang digelar secara daring, Rabu, 28/07/2021.

Seminar Nasional ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Irwan Effendi guru besar Unri yang juga ketua yayasan Pendidikan Raja Ali Haji, dan Dr. Indra kepala P2K2 Unilak. 

Ketua panitia seminar Dr. David Setiawan dalam sambutannya mengatakan, seminar ini terselenggara karena kebutuhan luaran pelatihan dan pendamping yang dilakukan LPPM Unilak kepada mahasiswa penerima beasiswa Pemrov Riau. 

"Ini adalah tuntutan, kami berharap ini dapat berlanjut setiap tahunnya, artikel mahasiswa yang di seminarkan sebanyak 75 artikel yang dibagi dalam 6 kelas," katanya. 

Dijelaskan Dr.David, tema seminar yaitu peningkatan kualitas penulisan karya ilmiah mahasiswa. "Kami mengucapkan terimakasih kasih kepada Unilak terkhusus kepada pak Rektor, karena mendukung penuh pelaksanaan seminar," ujarnya. 

Sementara itu Plt Kepala LPPM Unilak Dr. Jeni Wardi mengatakan animo acara seminar ini sangat bagus peserta berjumlah lebih dari 143 mahasiswa, kami menargetkan 100 mahasiswa, ternyata lebih, kami bangga seminar bagi mahasiswa ini pertama kali dilakukan yang pada akhirnya luarannya adalah prosiding, dan ini sesuai dengan aturan baru didalam program kampus merdeka.

Dalam program merdeka belajar kampus merdeka mahasiswa diberikan kesempatan untuk menentukan tugas akhir, dan termasuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa kreatifitas perkuliahan

"Karya ilmiah ini juga membantu dosen dalam penelitian termasuk dalam program hibah. Kita rencanakan ini dilakukan setiap tahun dan ini ajang prestisius antar mahasiswa. Bisa sharing Ilmu pengetahuan dan penelitian dan membantu kinerja institusi bagi Unilak. Semoga menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk berkarya dan publikasi di jurnal-jurnal," tukas Jeni

Sementara itu, Rektor Unilak Dr. Junaidi yang membuka seminar nasional memberikan apresiasi kepada LPPM Unilak. "Terima kasih kepada Prof.Dr.Irwan Effendi dan Dr. Indra yang berkenan menjadi narasumber," ucapnya. 

Disebutkan Rektor, kegiatan ini penting dan menjadi kebanggaan bagi mahasiswa. Artinya mahasiswa Unilak telah mampu untuk membuat karya ilmiah telah mampu membuat artikel dan ini memudahkan dalam menyelesaikan tugas akhirnya. 

"Pengalaman ini sangat berharga, ketika mampu mempresentasikan hasil penelitian ke publik karena memiliki kemampuan akademik mahasiswa itu memiliki kemampuan dan keunggulan yang positif," sebut Dr. Junaidi. 

Dr. Junaidi berujar, sebagai penerima beasiswa dari Pemprov Riau, mahasiswa berhasil menghasilkan karya ilmiah, ini suatu prestasi dan bukti mahasiswa Unilak berpikir sesuai prosedur karya ilmiah. 

"Hasil dari seminar ini akan dibuat dalam bentuk prosiding, saya sarankan prosiding online dan print prosiding," bebernya. 

Rektor menegaskan ketika artikel mahasiswa menjadi e-prosiding karya mahasiswa bisa diakses dunia, dan jejak digital mahasiswa ini adalah nilai plus, ada hal yang positif dari mahasiswa itu sendiri. Artinya pada hari ini harus membangun brand personel sehingga dikenal orang dengan karya-karya. 

Dalam pelaksanaan seminar nasional ini dari 75 artikel dibagi dalam 6 kelas (room) setiap rom akan didampingi oleh moderator dari dosen Unilak dengan rincian yaitu room satu ada 13 artikel oleh Dr. Anto Ariyanto. M. Si, room 2 oleh Alexander Yandra S. IP., M. Si, (12 artikel), room 3 Dr. Erva Yendri, M. Si,(13 artikel), room 4 Lisnawita. S. Kom. M. Kom (12 artikel), room 5 Dr. Hamzah. MT(13 artikel), room 6 oleh Olivia Anggie Johar SH. MH (12 artikel), dan sebagai manager host yaitu Guntoro. ST. M. Kom dan Ir. Latifa Siswati, MP.(mcr)

loading...
BERITA LAINNYA
Dua Unit RLH Dibangun di Kelurahan Kulim
Senin, 25 Oktober 2021 | 14:38
Separuh Kapasitas Pasar di Pekanbaru Masih Kosong
Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:04
BERIKAN KOMENTAR
Top