• Home
  • Meranti
  • Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul Terima Penghargaan Kapolres Terbaik 2023 di Riau

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul Terima Penghargaan Kapolres Terbaik 2023 di Riau

Rabu, 20 Desember 2023 | 18:12
Humas Polres Meranti
Meranti, Riaugreen.com - Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul Lapawesean Tenri Guling, SIk MH meraih anugerah atas prestasi kinerja Kapolres terbaik Satwil jajaran Polda Riau tahun 2023.

Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal di Halaman Mapolda Riau Jalan Pattimura, Kota Pekanbaru, Selasa (19/12/2023) pagi. 

AKBP Andi Yul terpilih sebagai Kapolres terbaik tahun ini dari 12 Kapolres dan Kapolresta jajaran di Polda Riau. Ia dinilai sangat berdedikasi dan penuh kepedulian terhadap tugas dan tanggungjawab diwilayah tugasnya. 

Sejak menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Meranti pada 8 Agustus 2021 silam, AKBP Andi Yul sangat banyak meluncurkan berbagai program inovasi terbaiknya yang dapat mempermudah masyarakat dalam menerima pelayanan. 

Adapun penghargaan kategori Kapolres terbaik lebih spesifik yang diterima AKBP Andi Yul diantaranya pengelolaan Kamtibmas terbaik, penyerapan anggaran terbaik, dan capaian program quick win presisi triwulan Ill terbaik. 

Selanjutnya AKBP Andi Yul juga dinilai berhasil menjalin kerjasama dan kemitraan dengan Forkopimda, tokoh masyarakat dan wartawan (pengelolaan media terbaik), menjalin kemitraan dengan tokoh masyarakat, tokoh adat dan berhasil meminimalisir konflik sosial seperti sengketa lahan dan lainnya. 

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal dalam sambutannya menilai AKBP Andi Yul mampu mengelola situasi dan kondisi Kamtibmas dengan baik dan maksimal. 

"Kapolres terbaik, contoh Kepulauan Meranti. Meranti tidak pernah terjadi hal bergejolak di situ. Dapat mengelola dan mampu menampilkan inovasi-inovasi terbaru. Pengelolaan di sana semua bagus," ujar Irjen Iqbal. 

Menurut Irjen Iqbal, AKBP Andi Yul sebagai Kapolres Kepulauan Meranti telah mampu membangun serta membina tim lebih baik dari 12 Polres lainnya.

"Saya sudah 3 kali ke sana, bantuannya kepada masyarakat bagus, pengungkapan kasus juga bagus, sehingga tim menilai Kapolres Kepulauan Meranti melebihi Kapolres lainnya," tegas Iqbal.

Sebelumnya Mantan Kadiv Humas Polri ini juga memuji kepiawaian Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul yang membuat beberapa terobosan pembangunan dan pembenahan internal. 

"Satu kata untuk Andi Yul, top banget,  istimewa. Bahwa pak Andi Yul bisa mengatakan di Kepulauan Meranti saja saya sudah bisa berbuat seperti ini, apalagi di tempat lain," ucap Kapolda. 

Orang nomor satu di Korps Bhayangkara Riau itu menyebutkan, sosok AKBP Andi Yul  adalah calon pemimpin Polri masa depan yang nantinya diharapkan bisa melakukan kinerja baik dalam mengayomi masyarakat. 

"Saya sebagai pemimpin, ini adalah pelajaran bagi generasi muda Polri. Pak Andi Yul ini adalah kapolres muda, calon pemimpin Polri masa depan, berbuat lah yang terbaik dimana pun bahkan di tempat terujung mana pun, tunjukkan bahwa kita bisa berprestasi apalagi kita ditengah kan. Ini momen dan panggung untuk pak Andi Yul untuk menunjukkan orkestra yang baik dalam mengayomi dan melayani masyarakat membangun institusi ini," tuturnya. 

Dikatakan lagi, pandangan yang diberikan kepada Kapolres Kepulauan Meranti itu bersifat objektif, dimana pria lulusan Akpol 2003 itu mampu berpikir visioner dan mampu membuktikan kiprah terbaiknya di wilayah hukum Polres. 

"Saya mau ngomong dan ini objektif, saya melihat bersama istri dan kakak-kakaknya kapolres, kita ini seniornya dan pembina fungsi, kita melihat seorang kapolres harusnya begini, dia mampu dan menampilkan leadership yang konferensif dan kolaborarif dan tidak hanya tugas semata yang diurus, Bhayangkari diurus, seluruh elemen masyarakat disapa dan kawan-kawan media diajak. Bahwa ini menunjukkan helicopter view nya pak kapolres main dan dia sudah berpikir visioner," ungkap Kapolda yang mendapatkan gelar kehormatan adat sebagai Datuk Wira Lela Setia Negeri itu. 

Irjen M. Iqbal mengatakan penghargaan tersebut merupakan inisiasinya bersama Wakapolda Riau Brigjen Pol K. Rahmadi
untuk memberikan apresiasi kepada Forkopimda Provinsi Riau, tokoh dan elemen masyarakat yang telah bekerjasama dan mendukung penuh kinerja dan tugas-tugas Pokok seluruh jajaran Polda Riau selama tahun 2023 ini.  

Selain itu penghargaan juga diberikan kepada dan pejabat di jajaran Polda, Polres hingga TNI yang telah memberikan dedikasi dan pengabdian yang luar biasa kepada masyarakat, dimana salah satunya kategori Kapolres terbaik tahun ini jatuh kepada Kapolres Kepulauan Meranti. 

"Kami ingin memberikan penghargaan kepada simbol-simbol, tokoh-tokoh tersebut. Penghargaan tadi sudah kami sampaikan kepada Forkopimda, tokoh-tokoh, elemen masyarakat dan lain-lain, bahwa itulah ucapan terimakasih yang datang dari lubuk hati kami yang paling dalam. Kami bisa begini karena bapak ibu sekalian. Terimakasih banyak," tuturnya.  

“Kami juga memberikan anugerah kepada sosok penjaga, pelayan dan pengayom masyarakat yang kita sebut pejabat utama, bupati, dandim, Kapolres, kapolsek, Danramil, babinsa, bhabinkamtibmas terbaik,” lanjut Iqbal.

Dikatakan Iqbal pemberian penghargaan tersebut dilakukan secara objektif dan melalui sejumlah parameter yang terukur.  

"Ini ada beberapa parameter, bukan ada nepotisme, bukan. Jauh dari itu ada parameter yang dilakukan, penilaian secara independen oleh tim," terang Iqbal.

Penghargaan tersebut merupakan program tahunan yang sudah dilaksanakan dua kali oleh Kapolda Riau Irjen M. Iqbal. Dirinya berharap melalui pemberian penghargaan tersebut menjadi motivasi dan pendorong stakeholder dan seluruh jajaran Polda Riau dalam memberikan yang terbaik bagi pelayanan kepada masyarakat dan pelaksanaan tugas-tugas pokok kepolisian.

"Alhamdulilah hari ini kami dengan segala kehormatan memberikan anugerah ini. Inilah program yang harus kita pertahankan, kita saling memahami, saling mengayomi, kita saling membangun saling asih, asa dan asuh," tuturnya.

Sementara itu Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul Lapawesean Tenri Guling mengaku bangga dan bersyukur atas penghargaan yang telah diterimanya. Dirinya mempersembahkan penghargaan tersebut kepada seluruh personel dan jajaran Polsek di Polres Kepulauan Meranti. 

"Ini saya persembahkan kepada seluruh personil Polres kepulauan meranti dan Polsek jajaran atas kinerja dan dedikasi selama ini. Soliditas dan sinergitas kita menjadi hal penting dalam pelaksanaan tugas kita khusuhya kepada masyarakat," ungkap Andi Yul.

Tidak lupa AKBP Andi juga menyampaikan terimkasih dan apresiasi kepada seluruh stakholder dan elemen masyarakat yang telah mendukung penuh kinerja Polres Kepulauan Meranti dan polsek jajaran. 

"Terimakasih atas seluruh dukungan Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat yang ada selama kami bertugas di Kepulauan Meranti," pungkasnya. (Her)

BERITA LAINNYA
Plt Bupati Asmar Lantik 8 Pejabat Eselon II
Senin, 08 Januari 2024 | 13:51
APBD Meranti 2024 Disahkan Rp 1,3 Triliun
Rabu, 29 November 2023 | 18:49
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top