• Home
  • Dumai
  • BPS Kota Dumai Rilis Inflasi Bulan Agustus Tahun 2024

BPS Kota Dumai Rilis Inflasi Bulan Agustus Tahun 2024

Selasa, 03 September 2024 | 13:35
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai H. Indra Gunawan, S. IP., M.Si. menghadiri sekaligus membuka Rilis Inflasi Kota Dumai Bulan Agustus Tahun 2024 dan Rapat Koordinasi TPID Kota Dumai yang bertempat di Ruang Command Center Diskomimfotiksan, pada hari Senin (02/09/2024).

Rilis Inflasi Kota Dumai Bulan Agustus Tahun 2024 dan Rapat Koordinasi TPID Kota Dumai tersebut merupakan agenda rutin yang akan dikeluarkan setiap awal bulan yang dilaksanakan secara daring.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Dumai bahwa pada bulan Agustus 2024, terjadi deflasi dari bulan ke bulan sebesar 0,08%, inflasi dari tahun ke tahun sebesar 2,45,% dan inflasi dari tahun hingga saat ini sebesar 1,42%.

Dalam sambutannya, H. Indra Gunawan, S. IP., M.Si menyampaikan bahwa saat ini kota Dumai sedang melakukan pengendalian dan penanggulangan inflasi melalui tim pengendali inflasi.

"Dumai sedang melakukan pengendalian dan penanggulangan inflasi melalui tim pengendali inflasi secara kolaboratif, diharapkan dengan adanya tim pengendali inflasi ini bisa memberikan kontribusi dalam penurunan inflasi di Kota Dumai dan kita jaga stabilitas ekonomi", ujarnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Dumai Drs. Morhan Tambunan, M.Si dalam paparannya menyrbutkan rilis statistik inflasi yang akan dijelaskan tersebut untuk bulan Agustus.

"Penyumbang utama inflasi bulan Agustus 2024 secara tahun ke tahun adalah dari kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau dengan andil 1,09%, Kelompok Transportasi dengan andil 0,61% dan Kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya dengan andil 0,40%.

Selain itu, Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan, Informasi, Teknologi, Ekonomi dan Keuangan, Drs. H. Syawir Kasim, MSi juga turut memberikan tanggapan dan solusi mengenai adanya inflasi maupun deflasi yang ada di Kota Dumai.

"Pengendalian inflasi maupum deflasi di Kota Dumai tentu perlu mendapatkan perhatian khusus daripada Kota Dumai dan pihak pengendalian terkait lainnya di Kota Dumai. Selain itu kita juga perlu membeli hasil pertanian lokal yang ada di Dumai", pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai, Perwakilan Bulog Kota Dumai, Kepala Dinas Perdagangan dan tamu undangan lainnya.

(Dsk)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top