Tim KLHK Tinjau Kebun Binatang Selatbaru Bengkalis

Sabtu, 19 Juni 2021 | 12:55
hlc
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM – Tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) serta Ditjen Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) meninjau Kebun Binatang Selatbaru, Kabupaten Bengkalis. Mereka ingin memastikan keberadaan fisik satwa serta lokasi Kebun binatang tersebut.

Mengawali kunjungannya, Tim Kementerian LHK dan BB KSDA Riau didampingi Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, melihat dari dekat kondisi bekas kandang binatang yang dulunya digunakan di kebun binatang berdekatan dengan Pantai Selatbaru. Hasil survei meninjau kebun binatang, masih dihuni dua ekor buaya dan seekor kura-kura yang sehat. Selain itu, turut terlihat gerombolan monyet-monyet liar yang mencari makan di sekitaran bekas taman wisata ini.

Pengendali Ekosistem Hutan Ditjen KSDAE Herdiana mengatakan, kebun binatang yang sudah terbentuk ini memerlukan sentuhan perbaikan, karena di dalam kandang tidak memiliki unsur dekoratif yang membantu memberikan kesan alami bagi kebutuhan biologis dan psikologis hewan. Selain kandang, Herdiana menyarankan perlu ditambahkan paket hiburan lainnya. "Sebaiknya dibarengi dengan pengelolaan merchandise, restoran atau resort, agar tidak hanya mengandalkan tiket saja," ungkapnya.

Kementerian LHK turut menyarankan untuk dikelola oleh pihak ketiga yang mana diharapkan akan lebih maju dan berkembang. "Kenapa kami tidak menyarankan taman satwa dikelola oleh dinas, karena ketika dinas, maka otomatis pangannya akan diambil oleh APBD. Permasalahannya dana tidak akan keluar jika sisa bayar tidak menjadi aset. Nah di situ, tidak bisa satwa yang dilindungi menjadi aset Pemerintah Daerah," jelas Herdiana saat kunjungannya, Kamis (17/6/2021)

Sementara itu, Wabup Bagus Santoso mengatakan akan mendorong perbaikan secara menyeluruh di kebun binatang milik Bengkalis ini.

"Ini merupakan penghormatan dan penghargaan besar bagi kami pasangan Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) atas sinergitas Pemerintah Provinsi serta pemerintah pusat yang matching in line untuk kembali menghidupkan fungsi dari wisata Selatbaru ini," ungkap Bagus Santoso.

Bagus berharap sinergitas tersebut akan terjalin baik sehingga terwujudnya keinginan bersama berfungsinya kembali kebun binatang Selatbaru.

Selain Pengendali Ekosistem Hutan Ditjen KSDAE Herdiana, ikut bersama saat meninjau Kebun Binatang Selatbaru Staf Ditjen Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) Leny Hapsari Dewi serta Kepala seksi Pemanfaatan Dan Pelayanan BB KSDA Riau Arry Purnama Setiawan.(hlc)

BERITA LAINNYA
Sekda Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Disiplin Kerja
Senin, 19 Februari 2018 | 10:54
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top