• Home
  • GreenStyle
  • Mengenal Wahana Bermain Anak Berdasarkan Kategori Usia

Mengenal Wahana Bermain Anak Berdasarkan Kategori Usia

Kamis, 07 Desember 2023 | 22:18
net
RIAUGREEN.COM - Playground memang memiliki banyak manfaat bagi anak-anak, mulai dari membantu perkembangan emosi, sistem motorik kasar dan halus, fisik, mental, sosial, kepercayaan diri, emosional dan etika, hingga menawarkan proses aktif bermain yang menyenangkan.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam hal memilih wanana permainan. Pasalnya, setiap usia anak ternyata memiliki kebutuhan wahana permainan yang berbeda.

Montessori & Certified Positive Discipline Parents & Classroom Educator, Damar Wijayanti mengatakan bahwa kebutuhan bermain anak-anak pada dasarnya memiliki banyak aspek.

“Kalau kita ngomongin bermain, sama kayak kaitannya dengan kebutuhan tumbuh kembang, itu sebenarnya ada berbagai macam aspek ya,” ujar Damar, saat jumpa pers di Buumi Playscape, Plaza Senayan.

“Jadi ada nanti kebutuhan kognitifnya, kebutuhan sosialnya, tapi di sini yang paling keliatan itu dari kebutuhan kognitifnya,” imbuhnya.

Damar menjelaskan, anak-anak di usia 0-2 tahun cenderung lebih membutuhkan wahana permainan yang melatih gerakan dan sensori mereka.

“Di usia 0-2 tahun itu yang dibutuhkan adalah mereka itu butuh untuk mengenal dunia lewat gerakan-gerakan dan sensasi indrawi. Anak-anak usia ini berkumpulnya di tempat yang ada sensori playnya,” paparnya.

“Atau mungkin yang dua tahunan kebutuhan geraknya tinggi, dia lari-lari. Semuanya dicobain. Di prosotan, manjat-manjat,” lanjutnya.

Sementara itu, anak-anak berusia 2-7 tahun menurutnya cenderung membutuhkan wanana bermain yang mulai melatihnya berimajinasi secara simbolik. “Sedangkan di usia 2 sampai 7 tahun, kebutuhan kognitifnya itu lebih ke dia sudah mulai bisa berpikir simbolik,” ungkapnya.

“Makanya dia biasanya ngeliat tongkat kayu bisa jadi apa, imajinasinya mulai. Jadi dia berusaha memahami dunia lewat pemahamannya dia di luar ada apa,” sambungnya.

Lalu, lanjut Damar, untuk anak-anak di usia 7 tahun ke atas umumnya lebih membutuhkan wahana bermain yang membuat mereka berlatih untuk berpikir logis dan mulai melibatkan otak.

“Nah 7 tahun ke atas itu lebih ke kebutuhan untuk berpikir logis. Makanya mereka akan lebih suka yang modelnya itu stand, jadi kayak percobaan-percobaan, di dunia teknologi,” pungkasnya.**

sumber: okezone.com

BERITA LAINNYA
Klarifikasi Terbaru Ratu Sofya, Yuk Simak!
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 13:21
Inilah Video Kasus yang Menjerat Siskaeee
Rabu, 23 Oktober 2024 | 13:03
Mengulas Lengkap Arti 'Jam Koma' yang Lagi Viral
Selasa, 22 Oktober 2024 | 11:22
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top