• Home
  • Seni & Budaya
  • Dinamakan Gua Tujoh, Diyakini Gua di Aceh Ini bisa Tembus Sampai ke Arab

Dinamakan Gua Tujoh, Diyakini Gua di Aceh Ini bisa Tembus Sampai ke Arab

Rabu, 13 Juli 2016 | 23:06
Guha Tujoh, atau Gua Tujuh, atau masyarakat di sana juga menyebutnya Gua Tujuh Laweung Aceh
RiauGreen.com - Aceh sepertinya memang sesuai dijuluki negeri Serambi Mekah karena kota ini memiliki salah satu peninggalan unik yang diyakini tembus hingga ke Arab. Sebuah gua yang dijadikan tempat bertapa para aulia atau ulama tersebut diyakini memiliki nilai spiritual yang tinggi yang konon tak bisa dicerna dengan akal sehat. 

Namanya Guha Tujoh, atau Gua Tujuh, atau masyarakat di sana juga menyebutnya Gua Tujuh Laweung Aceh, karena terletak di daerah Laweung, Aceh. Gua ini tepatnya terletak di Jl Banda Aceh KM 100, Desa Laweung, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie Aceh.

Seperti yang dilansir brilio.net dari tanyoe.com, Minggu (10/7), gua ini berada di gunung bebatuan Laweung, yakni gunung tak berhutan di Laweung, Aceh. Awalnya, gua ini terdiri dari 28 gua yang mempunyai 7 pintu utama. Tetapi pintu gua itu kini tinggal 4 saja, karena pintu lainnya tak bisa dimasuki lagi.

Konon, banyak pengunjung yang mencoba mengukur seberapa panjang gua ini namun tetap saja gagal, karena gua ini tak diketahui sampai dimana ujungnya, dan diyakini sampai ke Arab.

Gua Tujuh ini sering dijadikan tempat pertapaan baik oleh orang-orang yang berasal dari Aceh, maupun dari luar Aceh. Para warga di daerah Laweung ini pun percaya, kalau gua ini merupakaan media perjalanan para ulama untuk melakukan ibadah haji ke Mekah.

Warga sekitar juga meyakini bahwa di dalam gua yang tak berujung tersebut tersimpan harta kekayaan berupa emas dari zaman kerajaan dahulu kala. Selain hal itu, para warga juga meyakini bahwa ukiran ayat Alquran yang tertulis jelas di atap bebatuan gua itu bukanlah ukiran manusia, melainkan sudah ada dari bebatuan di atas atap gua.
Bila kamu mengunjungi gua ini sata ke Aceh nanti, kamu akan menemukan tulisan 'Bismillah' di atas atap gua. ***

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top