• Home
  • Ekonomi
  • Wapres JK Sebut Para Pengusaha Sawit Harus Bisa Buktikan Bahwa Mereka Bisa Menjaga Lingkungan

Wapres JK Sebut Para Pengusaha Sawit Harus Bisa Buktikan Bahwa Mereka Bisa Menjaga Lingkungan

Kamis, 26 November 2015 | 13:59
Wapres RI, Jusuf Kalla. (foto internet)
NUSA DUA, RIAUGREEN.COM - Perusahaaan-perusahaan kelapa sawit sering jadi sasaran tuduhan biang keladi kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Namun Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku tak yakin atas tudingan tersebut.

"Saya yakin seyakin-yakinnya bahwa perkebunan sawit, perusahaan, dan masyakarat, tidak dengan sengaja ingin membakar lahannya," ujar JK saat membuka acara Konferensi Minyak Sawit Indonesia 2015 di Nusa Dua, Bali, Kamis (26/11/2015).

Meski begitu, JK menegaskan bahwa perusahaan sawit juga memiliki tanggung jawab moral. Pasalnya banyak lahan di sekitar perkebunan sawit ikut rusak akibat kebakaran yang terjadi.

Pemerintah, tutur Wapres, sangat ingin melihat industri kelapa sawit nasional tumbuh pesat. Tapi di sisi lain, pemerintah juga ingin melihat lingkungan tetap terjaga.

Oleh karena itu, pengusaha-pengusaha sawit diminta membuktikan bahwa perkebunan sawit dan kelestarian lingkungan bisa seimbang. Caranya, perusahaan sawit harus juga membantu rehabilitasi lahan yang rusak akibat kebakaran lahan.

Sebelumnya, pemerintah sedang berupaya melakukan rehabilitasi atau restorasi lahan-lahan gambut yang rusak. Setidaknya, dalam lima tahun ke depan, butuh Rp 50 triliun untuk merestorasi 2 juta hektar lahan gambut yang rusak.




editor  : Hafiz
source : kompas.com

BERITA LAINNYA
Neraca Perdagangan Riau Surplus US$ 1,31 Miliar
Kamis, 15 Februari 2024 | 20:06
Harga Pinang Kering di Riau Tetap Rp5.600 per Kg
Kamis, 21 September 2023 | 12:01
Riau Penopang Ekonomi Nasional di Wilayah Sumatera
Kamis, 14 September 2023 | 22:03
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top