BANGKOK, THAILAND – Newsaktuell – Peningkatan daur ulang baja nirkarat dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya mitigasi perubahan iklim di Thailand dan global. Ini adalah hasil dari penelitian bersama baru-baru ini oleh sejumlah ilmuwan Thailand dan Jerman yang bergengsi, atas nama Oryx Stainless (Thailand) Co, Ltd, yang melihat manfaat kesejahteraan sosial dari daur ulang baja nirkarat di Thailand.

Fraunhofer Center for International Management and Knowledge Economy IMW dari Leipzig, Jerman, merencanakan dan mengoordinasikan studi ini dengan dukungan dari Kedutaan Besar Jerman. Untuk setiap ton skrap baja nirkarat yang digunakan untuk memproduksi baja nirkarat baru, 6,71 ton CO2 dapat dihemat dibandingkan dengan penggunaan bahan baku primer.

Ini adalah hasil dari analisis ilmiah yang dilakukan oleh Fraunhofer UMSICHT dengan menggunakan contoh proses daur ulang di Oryx Stainless di Thailand. Oryx Stainless adalah salah satu pemasok baja nirkarat daur ulang terkemuka di dunia dengan lima lokasi di Asia dan Eropa. Berdasarkan skrap baja tahan karat yang ditangani oleh Oryx Stainless di Thailand pada tahun referensi penelitian (2021), para ilmuwan menghitung penghematan CO2 sebesar 556.000 ton.

Hal ini kira-kira sesuai dengan jejak CO2 tahunan penduduk distrik Muang Chachoengsao yang dekat dengan lokasi Oryx Stainless di Thailand atau 1,45 persen dari total emisi gas rumah kaca dari semua proses industri di negara tersebut. Potensi Thailand dan iklim menjadi jelas ketika kita melihat bahwa hampir 3,6 juta ton CO2 berhasil dihemat di seluruh Oryx Stainless Group pada tahun referensi.

Perjuangan melawan perubahan iklim sangat penting bagi Thailand, karena negara ini sudah sangat menderita akibat dampak pemanasan global. Thailand berada di peringkat ke-9 dalam indeks risiko perubahan iklim jangka panjang global, yang mencakup tahun 2000 hingga 2019. Thailand sangat terpapar bahaya alam seperti gelombang panas, kekeringan, banjir, angin topan, dan badai. Banjir merupakan ancaman terbesar bagi Thailand dalam hal frekuensi dan kerusakan. Negara ini sudah menjadi salah satu dari sepuluh negara yang paling sering dilanda banjir di dunia.

Dalam hal biaya ekonomi yang disebabkan oleh perubahan iklim, volume skrap baja tahan karat yang dimasukkan kembali ke dalam siklus produksi oleh Oryx Stainless Thailand Co, Ltd menghemat sekitar 1,9 miliar baht Thailand yang setara dengan lebih dari 50 juta dolar AS, menurut perhitungan oleh para ilmuwan Thailand dan Jerman. Ini setara dengan pendapatan tahunan rata-rata nasional gabungan dari sekitar 7.000 orang Thailand.

Perhitungan didasarkan pada indikator “Scrap Bonus” yang dikembangkan oleh Fraunhofer Center for International Management and Knowledge Economy IMW, yang secara individual disesuaikan dengan kondisi Thailand oleh tim peneliti internasional untuk penelitian ini. Indikator ini dihitung dalam dua langkah. Pada langkah pertama, dampak lingkungan yang dihindari dengan menggunakan satu ton skrap baja nirkarat dalam produksi baja dikuantifikasi. Pada langkah kedua, berbagai estimasi ekonomi dan referensi harga dari sistem perdagangan emisi digunakan untuk mengkonversi dampak lingkungan yang dihindari ke dalam baht Thailand. Dengan kata lain, harga ditetapkan untuk polusi (yang dihindari).

“Studi ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan baku daur ulang yang cerdas seperti skrap baja tahan karat dan penggunaannya dalam produksi produk baru dapat memberikan kontribusi nyata dalam memerangi perubahan iklim. Scrap baja tahan karat adalah bahan baku sekunder yang sangat berharga karena kemampuan daur ulangnya yang sangat tinggi. Baja tahan karat dapat didaur ulang tanpa kehilangan kualitasnya. Di seluruh dunia, 95% baja tahan karat didaur ulang pada akhir masa pakainya. 70% didaur ulang sebagai baja tahan karat. Scrap saat ini menyumbang sekitar 48% bahan baku untuk produksi baja tahan karat di seluruh dunia. Di Eropa, produsen baja nirkarat terkemuka mencapai batas yang secara teknis dapat dilakukan dan menggunakan hingga 95% campuran bahan baku sekunder untuk produksi baja nirkarat baru,” kata Sirichai Tempoomsuk / CFO, Oryx Stainless (Thailand), Co, Ltd.

Produsen baja tahan karat Asia Tenggara: pasar yang terus bertumbuh

Dengan produksi baja nirkarat sebesar 7,79 juta ton pada tahun 2023, Asia (tidak termasuk China dan Korea Selatan) sudah menjadi pemain utama. Industri baja Asia Tenggara, termasuk sektor baja nirkarat, diperkirakan akan meningkatkan kapasitas produksinya secara signifikan di tahun-tahun mendatang, dengan negara-negara seperti Malaysia dan Indonesia membangun jutaan ton kapasitas baru. Thailand memproduksi sekitar 366.000 ton baja nirkarat pada tahun 2022 dan secara bersamaan menjadi konsumen baja nirkarat terbesar kedua di Asia Tenggara.

Menciptakan kondisi kerangka kerja yang baik untuk daur ulang dan dengan demikian perlindungan iklim

“Perspektif pertumbuhan di Asia Tenggara dan juga di Thailand menggarisbawahi perlunya penggunaan sumber daya secara cerdas mengingat perubahan iklim yang sedang berlangsung yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca. Di sinilah politik dibutuhkan, juga di Thailand. Daur ulang yang cerdas menciptakan manfaat ekonomi dan lingkungan bagi masyarakat Thailand. Untuk mengambil keuntungan penuh dari manfaat ini, pembuat kebijakan harus memastikan tingkat persaingan yang setara untuk bahan baku dan menyediakan kondisi operasi yang menguntungkan bagi industri daur ulang,” komentar Christian Klöppelt, Research Fellow, Fraunhofer IMW sebagai juru bicara konsorsium penelitian.

Secara konkret, para peneliti internasional mengusulkan untuk mempertimbangkan penetapan harga emisi CO2 di Thailand. Selain itu, ada saran untuk memperluas Model Ekonomi Bio-Circular-Green (BCG) Thailand dengan menyertakan skrap logam. Selain itu, menciptakan kondisi operasi yang kondusif untuk industri daur ulang juga direkomendasikan. Terakhir, himbauan yang rendah hati disampaikan kepada pemerintah untuk memberikan dukungan terhadap inisiatif penelitian, pengembangan, dan pendidikan di bidang ini. Studi ini dipresentasikan kepada publik profesional pada hari Rabu, 27 Maret 2024, di Hyatt Regency Bangkok Sukhumvit, Thailand.

Tentang Oryx Stainless Group dengan perusahaan induknya Oryx Stainless Holding B. V. adalah grup bisnis internasional terkemuka untuk perdagangan dan pengolahan besi tua sebagai bahan baku produksi baja tahan karat. Pelanggannya meliputi produsen baja tahan karat panjang dan datar di seluruh dunia. Di sisi pemasok, Oryx Stainless memiliki basis pengadaan internasional yang luas dan terus berkembang. Sebagai grup bisnis yang beroperasi di seluruh dunia, memberikan layanan yang baik dan infrastruktur transportasi yang bekerja dengan lancar sangat penting bagi kami. Perusahaan menjamin keduanya dengan lokasi mereka di Eropa dan Asia Tenggara. Sejak tahun 2012, Oryx Stainless hadir di Thailand melalui Oryx Stainless (Thailand) Co, Ltd. Perusahaan ini juga hadir di Asia Tenggara dengan anak perusahaan di Malaysia.

Asian Institute of Technology (AIT) didirikan pada tahun 1959, merupakan institusi internasional terkemuka untuk studi pascasarjana, dengan penekanan pada bidang teknik, ilmu lingkungan, dan manajemen. Program akademik AIT yang komprehensif, upaya penelitian, dan inisiatif keterlibatan praktis membekali para lulusannya untuk menjadi profesional yang unggul dan memiliki peran kepemimpinan, baik di Asia maupun dalam skala global. Terletak di tengah-tengah tanaman hijau yang rimbun di sebelah utara Bangkok, Thailand, AIT menyediakan lingkungan kampus yang tenang dan indah yang kondusif untuk menumbuhkan suasana belajar yang beragam dan kosmopolitan.

Dedikasi AIT terhadap pembangunan berkelanjutan dan kemajuan masyarakat telah mendapatkan pengakuan di tingkat global. Dalam Peringkat Dampak 2023, yang mengevaluasi universitas berdasarkan keselarasannya dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), AIT meraih peringkat terpuji dalam kisaran 201-300 dari 1.591 universitas yang mewakili 112 negara dan wilayah. Pencapaian ini menggarisbawahi komitmen teguh AIT untuk mendorong perubahan sosial yang positif dan mempromosikan praktik-praktik berkelanjutan dalam upaya akademik dan operasionalnya.