• Home
  • Bisnis
  • Program Kewirausahaan Angkatan ke-10 Tony Elumelu Foundation, Menjangkau 20.000 Wirausahawan di Seluruh Afrika

Program Kewirausahaan Angkatan ke-10 Tony Elumelu Foundation, Menjangkau 20.000 Wirausahawan di Seluruh Afrika

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:47

LAGOS, NIGERIA – EQS Newswire – Tony Elumelu Foundation (TEF), lembaga amal terdepan yang menumbuh kembangkan wirausahawan muda dari 54 negara di Afrika, telah mengumumkan para wirausahawan yang berhasil dalam seleksi kesepuluh untuk Program Kewirausahaan TEF. Kelompok baru ini menjadikan jumlah wirausahawan muda Afrika terbesar menjadi 20.000 orang, yang telah menerima pendanaan, pendampingan, dan dukungan pengembangan kapasitas dari Yayasan, jumlah ini dua kali lipat dari komitmen awal.

Sejauh ini, Tony Elumelu Foundation telah menyalurkan dana sebesar US$100.000.000 secara langsung kepada para wirausahawan muda Afrika, yang telah menciptakan lebih dari 400.000 lapangan kerja langsung dan tidak langsung, yang berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Afrika. Sebanyak 45% dari penerima manfaat ini adalah perempuan, yang menegaskan kembali komitmen Yayasan terhadap inklusi dan kesetaraan gender.

Wirausahawan muda sebelumnya yang terpilih di seluruh Afrika antara lain:

  • - Stella Sigana, pendiri Alternative Waste Technologies dari Kenya, memproduksi briket bahan bakar dengan mengubah sampah organik dan arang dari pemukiman kumuh, dan mendedikasikan sebagian pendapatannya untuk menyediakan pendidikan, pelatihan keterampilan, dan penempatan kerja bagi para remaja putri dan wanita muda berusia 18-24 tahun. Sejak terpilih, Stella telah menciptakan 12 lapangan kerja, menghasilkan pendapatan lebih dari $79.000, dan mendaur ulang lebih dari 500 ton sampah menjadi briket bahan bakar untuk memasak. Model bisnisnya juga telah memberdayakan ratusan wirausaha perempuan di pemukiman kumuh di Kenya, memungkinkan mereka membangun bisnis dengan menjual produknya langsung ke komunitas mereka, sehingga secara signifikan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rumah tangga.
  • - Vital Sounouvou dari Benin adalah pendiri Exportunity, sebuah platform e-commerce yang mempromosikan peluang ekspor bagi orang Afrika dengan menghubungkan produsen dengan pedagang. Melalui Exportunity, Sounouvou telah bekerja sama dengan lebih dari 750 klien, dan membangun basis data 85.000 perusahaan yang berdagang dengan Afrika. Dia telah mempekerjakan 32 orang.
  • - Nora Chaynane, seorang wirausahawan Maroko, dan pendiri Shine Space, sebuah inisiatif sosial-pendidikan yang bertujuan menjembatani kesenjangan pengetahuan dan membimbing para siswa menuju jalur karier yang tepat, membantu kaum muda Maroko mengembangkan keterampilan teknis dan interpersonal di luar persyaratan kurikulum sekolah. Melalui Shine Space, Nora telah meningkatkan keterampilan dan kapasitas lebih dari 2.500 anak muda Maroko.

Sejak didirikan pada tahun 2010, Tony Elumelu Foundation telah memelopori pendekatan inovatif untuk pembibitan, pengembangan kapasitas, dan membangun jaringan wirausahawan muda di seluruh Afrika. Terinspirasi langsung dari perjalanan wirausaha Pendiri Tony Elumelu, Yayasan ini mendemokratisasi keberuntungan, menyebarkan peluang, dengan pendekatan agnostik sektoral, dan telah mengembangkan infrastruktur khusus yang menjangkau setiap negara di Afrika. Yayasan ini didorong oleh filosofi Africapitalism dari Pendiri kami, yang menganjurkan bahwa sektor swasta, terutama pengusaha, harus memainkan peran penting dalam pembangunan Afrika.

Kemampuan Yayasan yang kuat untuk menjangkau para wirausahawan di berbagai wilayah dan sektor telah memungkinkannya untuk melakukan kemitraan inovatif dengan Uni Eropa (UE), Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP), Komite Palang Merah Internasional (ICRC), Pemerintah Amerika Serikat melalui United States African Development Foundation (USADF), Organisasi Negara-Negara Afrika, Karibia, dan Pasi'k (OACPS), Lembaga Pembangunan Prancis (AFD), Lembaga Keuangan Pembangunan Jerman (DEG), Lembaga Kerjasama Internasional Jerman (GIZ), Bank Pembangunan Afrika (AfDB), Badan Pembangunan Kota Sèmè, dan Google, dengan program-program yang dirancang khusus, termasuk menyasar pemberdayaan perempuan dan pertumbuhan di negara-negara yang rapuh. Membangun kemitraan yang sudah terjalin dengan Sèmè City Development Agency, Tony Elumelu Foundation akan mendanai 100 wirausahawan muda dari Republik Benin pada tahun 2024.

Tony O. Elumelu mengatakan: “Saat kami menandai satu dekade dampaknya, saya sangat bangga dengan perjalanan luar biasa yang telah kami lakukan. Para wirausahawan kami mewakili kekuatan pendorong di balik transformasi ekonomi Afrika, dan ketangguhan, tekad, serta inovasi mereka terus menginspirasi kita semua. Masa depan benua kita menjadi lebih cerah karena upaya mereka.”

Sebagai bagian dari komitmen Tony Elumelu Foundation untuk mendukung para pemuda Afrika, saat ini sedang dibuka kesempatan bagi para wirausahawan muda di seluruh Afrika untuk mendaftar di TEFConnect (https://TEFConnect.com/):

  • - Women Entrepreneurship For Africa (WE4A), sebuah kemitraan antara Uni Eropa, GIZ dan TEF
  • - Program Kewirausahaan Aguka, sebuah kemitraan antara UNDP dan TEF di Rwanda

Para pengusaha Afrika didorong untuk mendaftar ke inisiatif ini untuk mendapatkan pelatihan, bimbingan, akses ke jaringan, dan pendanaan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Program Kewirausahaan Tony Elumelu Foundation “Decade of Impact”, silakan lihat di sini (https://apo-opa.co/3IULYeS). Kisah sukses para penerima manfaat ini dapat dilihat di sini (https://apo-opa.co/3VzIx4X), dan rincian lengkap penerima manfaat Yayasan di hampir seluruh Afrika dapat dilihat di sini (https://apo-opa.co/3TOQCkS). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang inisiatif-inisiatif kami yang berdampak, pencapaian, dan kisah-kisah transformatif para wirausahawan di seluruh Afrika, silakan baca laporan tahunan kami di sini (https://apo-opa.co/43xk2r6).

Unduh gambar: https://apo-opa.co/4awNH5N (Tony Elumelu Mengumumkan Program Kewirausahaan Angkatan ke-10 – 20.000 Wirausahawan Didanai di Seluruh Afrika)


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top