• Home
  • Foto
  • Bupati Inhil Targetkan Pemerataan Pembangunan di Seluruh Desa

Bupati Inhil Targetkan Pemerataan Pembangunan di Seluruh Desa

INHIL, RIAUGREEN.COM - Pemkab Inhil terus melanjutkan program pemerataan pembangunan infrastruktur. Salah satunya, program Infrastruktur Kota Kecamatan (IKK) untuk Kecamatan Sungai Batang. Tak hanya itu, kecamatan lainnya di Inhil juga akan memperolah program serupa tahun ini dengan kucuran dana bantuan senilai Rp1 miliar.

Demikian disampaikan Bupati HM Wardan kala meresmikan pelaksanaan program IKK di Kelurahan Benteng, Kecamatan Sungai Batang, Selasa (21/3/2017). "Insha Allah, tahun ini kembali akan dianggaran dana sebesar Rp1 miliar untuk IKK di Sungai Batang," katanya.

 Pada kesempatan itu, bupati meresmikan berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Desa melalui program Desa Maju inhil Jaya (DMIJ). DMIJ merupakan upaya Pemkab Inhil untuk mencapai pemerataan pembangunan. "Perpaduan IKK dan DMIJ merupakan upaya untuk mengatasi berbagai masalah pembangunan yang dirasakan masyarakat selama ini. Inilah program prioritas kita," tegas Wardan.

Dengan IKK, diharapkan seluruh ibukota Kecamatan di Inhil dapat maju sejajar dalam infrastrukturnya, khususnya jalan. "Ditunjang DMIJ yang dapat pula membangun jalan-jalan desa, jembatan serta banyak lainnya. Tentu ini akan dapat saling bersinergi dalam pembangunan," urai Wardan.

 Melalui Program DMIJ diharapkan jalan-jalan yang dibangun bisa menghubungkan antar desa sampai kecamatan. Dengan begitu, tentulah nantinya tidak akan ada lagi desa yang tidak bisa diakses melalui jalur darat.

"Seperti yang pernah saya kunjungi di Pelangiran beberapa waktu lalu, saya sendiri sempat sangsi dapat mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah disiapkan. Masalahnya, ada 8 desa yang harus saya singgahi untuk memenuhinya dan ini sampai ke kecamatan tetangganya yaitu Teluk Belengkong. Alhamdulillah, melalui pembangunan yang telah dilakukan dengan DMIJ, dalam satu hari bisa tembus acara dilakukan di 8 desa. Seperti yang diungkapkan warga pada saya waktu itu, hal ini sudah bertahun-tahun tak pernah bisa," tukasnya.
 

Selain meresmikan dua program prioritas tersebut, Bupati Wardan juga menyerahkan bantuan 1 eskavator kepada Camat Sungai Batang Hardiansyah, termasuk bantuan 5 pompa pemadam kebakaran. "Minggu depan, eskavator ini sudah bisa dijemput ke Tembilahan. Dengan bantuan ini saya berharap, program penyelamatan kebun kelapa masyarakat kita dapat berjalan lebih maksimal," ujarnya.

Resmikan Pos Terpadu di Desa Teluk Kiambang

Bupati HM Wardan didampingi Bunda PAUD Hj Zulaikha, Rabu (22/3/2017) meresmikan Pos Terpadu di Desa Teluk Kiambang, Kecamatan Tempuling. Selain meresmikan Pos Terpadu, bupati juga menyerahkan bantuan peralatan untuk kelancaran pelayanan bagi masyarakat.

Peresmian Pos Terpadu itu adalah wujud Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) 2015-2016. Selain peresmian Pos Terpadu juga dilakukan peresmian Posko kebakaran hutan dan lahan (karhutla), penyerahan empat unit pompa air, penyerahan satu unit sepeda motor Bhabinkamtibmas, peresmian Pos Babinsa dan peresmian Pos Bhabinkamtibmas.

Selain meresmikan dan menyerahkan peralatan penunjang kerja Pos Terpadu, bupati juga mengukuhkan Pengurus Kerja Sama Lurah dan Kepala Desa Kecamatan Tempuling, Pemuda BMM dan relawan karhutla.

Hadir pada kesempatan itu, Kapolsek Tempuling, Danramil, rombongan bupati, sekretaris LAM Inhil dan undangan lainnya.

Camat Tempuling Riduan mengatakan, masyarakat merasa beruntung dengan program DMIJ. Program tersebut sangat menyentuh hati nurani masyarakat, sehingga besar harapan program tersebut terus berlanjut di tahun berikut.

Sementara itu, HM Wardan usai menyerahkan escavator kepada Camat Tempuling, Riduan. Kemudian menyerahkan pompa air dan satu unit sepeda motor. Semua bantuan ini diserahkan secara simbolis mengaku bahagia dengan sambutan masyarakat yang cukup luar biasa.

 Program DMIJ, menurut Wardan adalah program unggulan Inhil yang tidak ada di daerah lain di Indonesia ini. "Program ini banyak sisi positifnya, dan tidak menutup kemungkinan diasopsi Pemerintah Pusat," harap Wardan.

Berkat program DMIJ, Inhil banyak mendapat penghargaan. Selasa (21/3/2017) lalu, dalam Musrenbang Riau Pemkab Inhil mendapat penghargaan kinerja terbaik kedua. Sebelumnya, mendapat pin emas dari Kapolri lantaran melalui program DMIJ ini berhasil membangun Pos Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam satu atap.

Wardan sempat menceritakan, pernah dia dihubungi Pandam yang meminta izin "menjual" program DMIJ ke daerah lainnya. "Tentunya saya memperbolehkannya karena program unggulan ini langsung menyentuh masyarakat dan mengetas terisolirnya desa," ungkap Wardan.

Usai menyampaikan kata sambutan, HM Warda membuka selubung papan nama Pos Terpadu dan memotong pita di pintu masuk Pos Babinsa dan Pos Bhabinkamtibmas. (sandi)
Bupati HM Wardan meresmikan program DMIJ.
Author: Diskominfo

  • Bupati HM Wardan meresmikan program DMIJ.


  • Bupati HM Wardan memberikan sambutan


  • Bupati HM Wardan menyerahkan secara simbolis bantuan escavator.


  • upati HM Wardan foto bersama usai memberikan bantuan.


  • Bupati HM Wardan melantik relawan.


  • Bupati HM Wardan menggunting pita peresmian pos terpadu


  • Bupati HM Wardan membuka selubung pos terpadu

  • Top