• Home
  • Siak
  • Ketua Tim Penggerak Penggerak PKK Apresiasi Kelompok Wanita Tani Kabupaten Siak

Ketua Tim Penggerak Penggerak PKK Apresiasi Kelompok Wanita Tani Kabupaten Siak

Jumat, 14 Januari 2022 | 14:52
dsk
SIAK, RIAUGREEN.COM  - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak, Rasidah Alfedri memberi apresiasi dan dukungan terhadap aktifnya Kelompok Wanita Tani (KWT) yang berperan serta dalam menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Siak.

Hal itu disampaikannya disela-sela kunjungan ke lahan demplot milik Kelompok Wanita Tani (KWT) Putri Sakai Mandiri Kelurahan Simpang Belutu kecamatan Kandis, Selasa 11 Januari 2022.

Istri orang nomor satu di Kabupaten Siak,  tersebut merasa sangat bangga atas aktifnya beberapa Kelompok Wanita Tani di Kabupaten Siak,  yang bersinergi dengan Kader PKK di wilayahnya dalam menata lahan pekarangan dirumah.

Dikatakan Rasidah, dengan pemanfaatan pekarangan, tidak hanya menjadi sumber pangan keluarga namun juga menghemat pengeluaran belanja pangan apalagi dimasa pandemi seperti ini.

“Pemanfaatan pekarangan dapat menjadi sumber pangan keluarga apalagi dimasa pandemi ini. Kita tinggal petik tanaman sayuran tanpa harus membeli,” kata Ida.

Selain itu lanjutnya, dengan pemanfaatan pekarangan dan menanam sayuran secara berkelompok seperti ini, berpotensi menambah nilai ekonomi yang berorientasi pada bisnis. Karena jika dikembangkan dengan benar hasilnya bisa dijual.

Disamping itu, menurut Puan, program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) juga merupakan bentuk dukungan dan peran serta ibu-ibu rumah tangga atau Kader PKK dalam pembangunan dibidang ketahanan pangan, apalagi pula program ini sangat selaras dengan Program Hatinya PKK yakni Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman.

“Selain memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan sayur mayur pekarangan rumah kita menjadi halaman yang asri, teratur, indah dan nyaman sepeti Hatinya PKK,” imbuhnya.

Saat itu Rasidah ditemani oleh Kadis Ketahanan Pangan Kab. Siak Syahrial, Camat Kandis Said Irwan. Turut hadir pengurus PKK Kecamatan dan ibu-ibu kelompok Tani, Penyuluh Pertanian, dan pihak perusahaan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab Siak Syahrial menuturkan, ini merupakan kegiatan dari dana ousat (APBN) dengan program kegiatan Perkarangan Pangan Lestari (P2L).

Kegiatan tersebut berupa bantuan rumah bibit dan sarana dan prasarana produksi. Bantuan ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan rumah tangga petani dan masyarakat dilingkungan KWT dalam pemenuhan kebutuhan khususnya sayuran dalam rangka menekan tingkat stunting yang ada di beberapa kampung/desa.

Dijelaskannya, penerima bantuan program P2L ini terdiri dari 13 KWT yang berada di beberapa kecamatan antara lain : Kecamatan Mempura, Kecamatan, Sei.mandau, kecamatan Minas, kecamatan Lubuk Dalam, Kecamatan Sungai Apit dan Kecamatan Kandis.

Untuk meningkatkan semangat KwT dalam mengelola bantuan tersebut pihaknya berinisiatif mengadakan Lomba Penilaian KWT terbaik.

Meski kegiatan lomba tersebut tidak memiliki anggaran khusus, namun Dinas Ketahanan Pangan melalui tim pengelola kegiatan ini merangkul beberapa stakeholder sebagai sponsor acara puncak dan melibatkan juga Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) Kandis melalui Kordinator Penyuluh Pertanian Lapangan kecamatan Kandis.

Usai melakukan peninjauan dan panen sayur selada, tomat dan jagung, dilakukan penyerahan predikat KWT terbaik Program Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Tahun 2021.

Rincian Kegiatan P2L Tahun 2021 dengan 2 kelas Ketegori A. Kelas Penumbuhan (stunting & aspirasi) Predikat terbaik, sebagai berikut:
Juara I.  KWT Putri Sakai Mandiri (kelurahan simpang belutu, Kecamatan Kandis), juara II. KWT Sada Nioga (Kelurahan Kandis Kota kecamatan Kandis) dan juara III. KWT Matahari (kampung Sialang Baru Kecamatan Lubuk dalam)

Kategori  B. Kelas Pengembangan, juara I.  KWT Lili (Kampung Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Sungai Apit) dan juara II. KWT Lestari (Kecamatan Minas Jaya).(info)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top