• Home
  • Riau
  • Hepatitis Misterius, Dinkes Belum Temukan Kasus di Riau

Hepatitis Misterius, Dinkes Belum Temukan Kasus di Riau

Selasa, 24 Mei 2022 | 11:26
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Zainal Arifin,

PEKANBARU,RIAUGREEN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Kesehatan Riau hingga saat ini belum menemukan kasus hepatitis akut misterius ditemukan di Provinsi Riau. 

"Di Riau belum ada kita temukan kasus hepatitis misterius," kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Zainal Arifin, Selasa (24/5/2022) di RSUD Arifin Achmad Riau. 

Zainal mengatakan, sebelumnya pihaknya sempat mencurigai ada beberapa kasus hepatitis akut misterius di Riau. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata hanya hepatitis biasa. 

"Kalau hepatitis biasa ini kan dari dulu memang sudah ada. Artinya terdeteksi bahwa kasus yang kita temukan itu buka hepatitis misterius yang kita risaukan," terangnya. 

Lebih lanjut Zainal menyampaikan, kasus yang sebelumnya dicurigai hepatitis misterius itu ditemukan di Pekanbaru dan beberapa kabupaten lainnya. 

"Tapi kita tetap memantau untuk mengantisipasi perkembangan kasus ini. Karena ketika ditemukan satu kasus yang dicurigai, tim rumah sakit akan melakukan uji laboratorium. Alhamdulillah sampai hari ini belum ditemukan hepatitis misterius di Riau," jelasnya.

Zainal menambahkan, untuk pengujian sampel kasus yang dicurigai hepatitis misterius, pihaknya cukup melakukan di laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau. 

"Sebab untuk pemeriksaan hepatitis masih bisa dilakukan di RSUD Arifin Achmad Riau," tukasnya.(mcr)


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top