• Home
  • Pekanbaru
  • Status Darurat Hidrometeorologi Pekanbaru Berakhir 29 Februari 2024

Status Darurat Hidrometeorologi Pekanbaru Berakhir 29 Februari 2024

Kamis, 29 Februari 2024 | 21:06
pekanbaru.go.id
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Status Siaga Darurat Hidrometeorologi Kota Pekanbaru berakhir hari ini, Kamis, 29 Februari 2024. Saat ini, cuaca hujan sudah mulai berkurang.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Chandra mengatakan, saat ini cuaca hujan sudah mulai berkurang. Namun, belum ada koordinasi dari BMKG Kota Pekanbaru terkait apakah Kota Pekanbaru sudah memasuki musim kemarau.

"Hari ini, tanggal 29 Februari, status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi di Kota Pekanbaru sudah selesai. Sampai saat ini kita belum mendapatkan arahan lebih lanjut apakah status diperpanjang atau tidak. Tetapi, kita lihat hari ini cuaca hujan juga sudah mulai berkurang," ujarnya.

Menurutnya, status Siaga Darurat Hidrometeorologi di Kota Pekanbaru sudah diperpanjang dua kali sepanjang Januari hingga Februari 2024. Pasalnya, beberapa bulan belakangan, kondisi Pekanbaru dan daerah Riau lainnya rawan terjadi banjir dan longsor akibat curah hujan tinggi.

Perpanjangan status tersebut juga seiring dengan kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang juga telah memutuskan memperpanjang siaga darurat bencana hidrometeorologi hingga 29 Februari di Riau.

"Jadi sesuai arahan pimpinan, kita samakan perpanjangannya dengan provinsi. Provinsi memperpanjang sampai 29 Februari," jelasnya.

Sementara itu, meskipun belum ada arahan lebih lanjut, Zarman mengimbau agar masyarakat berjaga-jaga dan tetap waspada kebakaran lahan. Mengingat saat ini, cuaca mulai panas dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

"Kita mengimbau warga waspada kebakaran lahan. Karena cuaca sekarang mulai panas. Jangan membuka lahan dengan membakar dan membuang puntung rokok sembarangan," pungkasnya. (pgi)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top