• Home
  • Pekanbaru
  • Seminar dan Pelantikan DPW IFPI Riau Dibuka Plt Asisten II Setdaprov

Seminar dan Pelantikan DPW IFPI Riau Dibuka Plt Asisten II Setdaprov

Jumat, 28 Januari 2022 | 14:22
mcr
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Plt Asisten II Setdaprov Riau Aryadi, membuka secara resmi seminar dan pelantikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ikatan Fungsional Pengadaan Indonesia (IFPI), yang berlangsung di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Jumat (28/01/2022).

Dalam sambutannya, Aryadi menyampaikan bahwasanya proses pengadaan barang dan jasa pemerintah itu tidaklah terlepas dari permasalahan hukum. 

"Untuk itulah para pelaku pengadaan barang dan jasa harus memahami aturan dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah," ujarnya. 

Sebagai informasi, IFPI Riau merupakan organisasi profesi untuk Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Indonesia.

Aryadi juga menyebutkan, segala aktifitas pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah berawal dari pengadaan barang dan jasa. "Tanpa adanya pengadaan barang dan jasa, maka tidak akan ada perencanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat," sebut Aryadi. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelantikan DPW IFPI Riau, Andesmar, mengatakan, dalam rangka memperkuat peran serta peningkatan kompetensi pejabat fungsional pengelola pengadaan barang dan jasa maka diperlukan organisasi yang menaungi para pejabat fungsional.

"Organisasi fungsional pengadaan ini merupakan organisasi profesi untuk jabatan fungsional pengelola barang dan jasa di Indonesia. Anggotanya adalah ASN, pengelola pengadaan barang dan jasa pemerintah," katanya. 

Andesmar menuturkan, salah satu tujuan yang diemban oleh IFPI sebagai organisasi profesi adalah, mencetak dan membentuk kader- kader fungsional.

"Membentuk kader fungsional ebagai lokomotif pengadaan barang dan jasa di indonesia menuju pengadaan barang dan jasa yang profesional, berintegritas dan transparan," tuturnya. 

Pihaknya juga menyatakan tujuan dari pelaksanaan ini untuk meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa juga terlaksananya pelantikan serta pengukuhan dewan pengurus wilayah ikatan fungsional pengadaan barang dan jasa Indonesia Provinsi Riau. 

Lebih lanjut, Andesmar mengungkapkan, kaderisasi dan penyamaan persepsi diantara fungsional barang dan jasa menjadi suatu yang sangat urgent dalam menunjang cita cita pengadaan barang dan jasa pemerintah di Indonesia. 

"Provinsi Riau saat ini telah memiliki jumlah japung PBJ sebanyak 90 orang yang tersebar di seluruh kabupaten kota di Provinsi Riau," ujar Andesmar.(mcr)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top