• Home
  • Olahraga
  • Anak Seorang Legenda, Prestasi Pebulutangkis Bilqis Prasista Jadi Perbincangan

Anak Seorang Legenda, Prestasi Pebulutangkis Bilqis Prasista Jadi Perbincangan

Kamis, 12 Mei 2022 | 11:12
Pebulutangkis Bilqis Prasista@Bola.com

RIAUGREEN.com - Tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista memberikan kejutan di laga Grup A Piala Uber 2022. Usai meraih kemenangan dua gim, menghadapi tunggal putri nomor satu dunia, Akane Yamaguchi di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5). Bilqis menang straigt games 21-19, 21-19.

Kemenangan Bilqis Prasista memang di luar dugaan. Jika melihat catatan, Bilqis kalah akan banyak hal dari Akane Yamaguchi. Tapi gadis yang menempati peringkat 333 dunia ini tak gentar meladeni Yamaguchi.

Posisi bak bumi dengan langit, karena Yamaguchi menempati ranking 1 dunia. "Saya tidak menyangka bisa menang atas Akane. Karena dia itu pemain nomor satu dunia dan memiliki prestasi banyak," ungkap Bilqis selepas bertanding, dirilis dari PBSI.

Rupanya, Bilqis sendiri merupakan putri kembar dari pasangan pebulutangkis legenda tanah air. Darah atlet kental mengalir dalam tubuhnya. Ayah dan ibunya sama-sama pernah menorehkan prestasi di kancah dunia, serta mengharumkan nama Indonesia.

Simak ulasan selengkapnya berikut ini, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (12/5).

Ayahnya Seorang Atlet Kejuaraan Dunia

Bilqis Prasista tengah menjadi sorotan dunia. Usai pemain berusia 19 tahun ini kalahkan unggulan tunggal putri nomer satu, Akane Yamaguchi.

Tak kalah mengejutkan, rupanya Bilqis merupakan putri dari mantan atlet bulu tangkis Indonesia Joko Suprianto. Saat ini Joko berprofesi sebagai pelatih timnas bulu tangkis.

Kariernya sebagai atlet telah dimulai sejak 1985. Tapi mulai merambah dunia pertandingan bulu tangkis profesional dari tahun 1990 sampai 2002. Ia termasuk atlet muda regenerasi Eddy Kurniawan yang telah pensiun lebih dulu.

Joko bahkan tercatat kerap ditunjuk untuk membela tim Piala Thomas Indonesia dan menang. Hanya beberapa kali kalah dari sejumlah atlet tunggal putra Malaysia.

Hebatnya lagi, Joko pernah memenangkan Kejuaraan Dunia IBF 1993. Saat di final ia harus melawan rekan negaranya sendiri, Hermawan Susanto. Atlet kelahiran Solo 6 Oktober 1966 ini memang dikenal sebagai pemain rekor Tunggal Putra.

Berikut ini daftar prestasi yang pernah diraih oleh ayah dari Bilqis Prasista, Joko Suprianto:

  • Juara Kejuaraan Dunia IBF 1993
  • Tim Piala Thomas Indonesia 1986-2000 dan memenangkan Piala Thomas 1994, 1996, 1998 dan 2000
  • Urutan 5 tunggal putra Olimpiade Atlanta 1996.( Baim )


Sumber : Merdeka


BERITA LAINNYA
Kaesang Pangarep Resmi Cabut dari Persis Solo
Minggu, 01 Mei 2022 | 20:07
BERIKAN KOMENTAR
Top